Jadi Acara Yang Ditunggu, Yuk Intip Alasan Harus Datang ke Dieng Culture Festival

Funtrips Tour > Blog > Jadi Acara Yang Ditunggu, Yuk Intip Alasan Harus Datang ke Dieng Culture Festival
Jadi Acara Yang Ditunggu, Yuk Intip Alasan Harus Datang ke Dieng Culture Festival

Indonesia memang tidak hanya kondang dengan wisata alamnya yang luar biasa. Tetapi juga wisata budayanya yang tak kalah epic untuk dinikmati. Salah satunya yang kondang adalah Dieng Culture Festival. Event tahunan yang diselenggarakan di Dataran tinggi Dieng ini selalu menyita perhatian. Daripada penasaran, berikut alasan kenapa harus datang ke DCF.

Alasan Kenapa Harus datang Ke Dieng Culture Festival

  1. Menampilkan Banyak Pertunjukkan Seni

Di dataran Tinggi Dieng, anda memang akan disuguhkan suasana pegunungan yang asri. Tetapi ketika sedang diselenggarakan festival ini, maka anda bisa sekalian menikmati budayanya. Mengingat akan ada penampilan seni yang sangat beragam. Mulai dari sendratari, pagelaran wayang kulit, pemutaran film fan lain sebagainya.

Bahkan di tahun ini, pertunjukkan seni ada yang dipersembahkan oleh anak anak rambut gimbal. Mereka menari untuk menghibur semua yang datang di acara megah ini. Pertunjukkan seni sendiri umumnya tidak hanya dilakukan di satu titik. Melainkan di beberapa tempat seperti Candi Dieng, Kawah Sikidang, Telaga Warna dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Mari Simak Akomodasi Pulau Peucang Yang Bisa Ditemukan

  1. Merupakan Puncak Acara Ruwatan

Anda tentu tahu dengan informasi jika di Dieng ada anak anak yang memiliki rambut gimbal. Rambut gimbal ini muncul secara alami ditandai dengan demam sebelum rambut gimbalnya muncul. Untuk memotong rambut harus dilakukan ritual terlebih dahulu. Inilah yang juga menjadi alasan cikal bakal diadakan Dieng Culture Festival sejak tahun 2010 lalu.

Sebelum rambutnya dipotong, akan diadakan beberapa rangkaian acara. Mulai dari ritual permohonan doa, arak arak an, pemotongan rambut gimbal dan larung rambut yang telah dipotong. Anak anak yang memiliki rambut gimbal konon katanya adalah titisan para dewa. Inilah yang akhirnya membuat mereka akan diperlakukan secara istimewa.

Cek Lainnya :  Melihat Keindahan Sunrise Bromo di Hotel yang Menakjubkan

Dan anak anak ini akan memiliki permintaan sebelum rambutnya dipotong. Apabila permintaannya tidak dituruti maka rambutnya akan kembali tumbuh dan jatuh sakit. Pemotongan rambut gimbal akan dilakukan di komplek candi Arjuna. Merupakan prosesi yang sakral anda bisa melihat bagaimana ritual pemotongan rambut gimbal ini.

  1. Jazz di Atas Awan

Datang ke DCF, anda juga bisa menikmati sajian musik jazz yang berada di atas ketinggian. Inilah alasan mengapa dikenal dengan Jazz di atas awan dan berada di alam terbuka. Suasana ini tentu akan memberikan pengalaman nonton konser musik jazz yang berbeda. Tak heran jika event ini menjadi event yang paling ditunggu wisatawan.

Dalam perayaan Dieng Culture Festival, para penonton akan duduk di tangga tangga. Dilengkapi dengan anglo atau penghangat khas dari Dieng, anglo ini juga bisa digunakan untuk membakar kentang atau jagung. Setiap tahunnya, artis yang diundang tentu akan berbeda beda. Tentu yang diundang adalah artis papan atas bahkan sampai dari luar negeri.

Karena digelar pada malam hari, pastikan anda menggunakan pakaian yang hangat. Seperti yang kita tahu Dieng berada di ketinggian 2000 mdpl, sehingga cenderung dingin. Dengan suasana yang semarak, tetap memberikan suasana yang berbeda dari pagelaran jazz seperti biasanya.  Jangan heran jika nanti anda mungkin akan terjebak kemacetan.

  1. Mengunjungi Tempat Wisata

Selain bisa menikmati rentetan acaranya, pengunjung juga akan bisa sekalian mengunjungi wisata andalan Dieng. Karena ketika anda membeli tiket festival ini, biasanya akan langsung satu paket dengan tiket masuk wisata. Seperti menikmati pemandangan dari atas ketinggian di Batu Ratapan Angin. Atau bisa juga singgah di bukit Sikunir Dieng untuk menikmati golden sunrisenya.

Cek Lainnya :  Menikmati Paket Trip Wisata Dieng di Waktu yang Tepat

Dalam acara arak arakan Dieng Culture Festival, akan singgah di Candi Arjuna, Telaga Warna sampai dengan Kawah Sikidang. Dengan begitu anda bisa sekalian singgah di tempat wisata yang ada. Masing masing tempat wisata di Dieng akan menawarkan berbagai daya tarik yang menarik dikunjungi. Anda juga bisa sekalian menambah koleksi foto anda untuk diunggah di media sosial.

  1. Pesta Kembang Api dan Lampion

Salah satu yang ditunggu tunggu dalam rangkaian acara ini adalah pesta kembang api dan lampionnya. Nanti memang secara bersamaan semua pengunjung akan melepas lampion secara bersama sama. Lampion ini nantinya akan memenuhi langit Dieng dan menambah keindahannya. Tenang saja lampion lampion ini tentu saja sudah terjamin keamanannya.

  1. Memiliki Tema Yang Berbeda Setiap Tahun

Yang membuat anda juga harus datang ke Dieng Culture Festival adalah temanya yang setiap tahun berbeda. Sehingga rangkaian acaranya akan berbeda dan sesuai temanya. Di tahun sebelum akan ada jalan sehat sampai dengan festival dolanan anak. Tentu saja untuk tahun tahun kedepannya pasti akan banyak kejutan lainnya.

Tidak hanya mengunjungi wisata alamnya yang kondang, anda juga bisa berkunjung untuk lebih mengenal wisata budaya ini. Acara tahunan ini menjadi yang paling dinantikan setiap tahunnya. Sayangnya, untuk 2 tahun terakhir hanya bisa dinikmati secara online karena pandemi.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !