Beberapa Hal Penting untuk Backpacker ke Belitung Dari Jakarta

Funtrips Tour > Blog > Beberapa Hal Penting untuk Backpacker ke Belitung Dari Jakarta
Beberapa Hal Penting untuk Backpacker ke Belitung Dari Jakarta

Sebelum berencana backpacker ke Belitung dari Jakarta, maka Anda harus memperhatikan dan mempersiapkan berbagai hal penting terlebih dahulu. Hal tersebut dimaksudkan agar perjalanan wisata nantinya bisa berjalan lancar dan menyenangkan. Oleh karena itu, dibawah ini beberapa hal penting yang bisa Anda ikuti.

Tips untuk Memperlancar Pemberangkatan Backpaker ke Belitung dari Jakarta

Jadwal paling tepat untuk backpacker ke Belitung yakni mulai April hingga Agustus, dimana itu adalah musim kemarau. Pasalnya, destinasi yang ada di sana sebagian besar merupakan tempat wisata bahari, sehingga kurang tepat apabila di musim hujan. Ombak yang ada di sana juga cukup tenang saat musim kemarau tiba. Anda pun dapat menghabiskan waktu hingga puas tanpa adanya gangguan air hujan.

Selain itu, jauh-jauh hari sebelum melakukan backpacker maka Anda wajib memesan tiket pesawat. Hal itu dikarenakan tiket pesawat menuju ke Belitung terbatas sekali serta harganya pun sangat fluktuatif dan cenderung mahal ketika akhir pekan atau musim liburan. Wajib diperhatikan bahwa backpacker yang datang ke sana bukan hanya sendirian, namun harus ada rombongan.

Oleh karena itu, sangat diwajibkan untuk memesan tiket pesawat terlebih dahulu dan bukan mepet dengan hari penerbangan. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh tiket pesawat yang tergolong murah serta untuk menghindari kehabisan kursi di pesawat. Terdapat alternatif transportasi lain untuk tiba di Belitung dari Jakarta, yakni kapal feri.

Memilih transportasi jalur laut sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki budget cukup terbatas. Ini bisa jadi backpacker ke Belitung dari Jakarta yang sangat menarik untuk dicoba. Meski membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dari transportasi udara, namun menggunakan kapal feri bisa menjadi pilihan menarik karena Anda bisa menikmati perjalanan sambil memandangi lautan lepas.

Kapal feri yang pengoperasiannya dilakukan oleh PELNI tersebut melayani rute dari Tanjung Priok menuju ke Tanjung Pandan. Nantinya Anda dapat mengecek harga dari penyebrangan menggunakan kapal feri dengan cara berkunjung ke website resmi PELNI serta bisa melihat jadwalnya pula. Pemesanan pun dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan menghubungi call centernya langsung.

BACA JUGA : Bandara Ke Belitung dan Tempat Wisata Alam di Sekitarnya

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Backpacker ke Belitung Dari Jakarta

Pemberhentian pertama yang bisa Anda pilih yaitu Danau Kaolin. Tempat tersebut bukan sebuah danau biasa melainkan kawasan pertambangan mineral berupa kaolin yang dipakai untuk bahan utama membuat keramik, kosmetik, dan cat. Tempatnya seolah memiliki salju karena terdapat perbukitan kaolin yang warnanya putih. Danaunya yang berwarna biru kehijauan juga sangat memukau.

Pantai Tanjung Tinggi juga sangat sayang jika dilewatkan oleh Anda. Pantai ini merupakan kawasan yang ada di film berjudul “Laskar Pelangi”. Pantai yang satu ini mempunyai pasir putih serta batu-batu granit yang ukurannya sangat besar dan megah. Jarak pantai dari Tanjung Pandan kurang lebih 37 km saja.

Selain Tanjung Tinggi, Belitung juga mempunyai pantai indah lain seperti pantai Tanjung Kelayang. Lokasi wisata ini sangat cocok bagi pecinta diving, mancing dan kegiatan air lainnya. Ciri khas utama pantai ini yakni adanya batu besar menumpuk diatasnya.

Apabila Anda suka dengan fotografi, maka bisa berkunjung ke Tanjung Binga yang merupakan sebuah desa nelayan. Di sana terdapat pondok dan jembatan unik yang dibangun oleh penduduk setempat. Kerap juga terlihat ibu-ibu yang sedang menyiapkan bekal sup ketan hitam untuk dibawa oleh pemuda dan bapak-bapak yang sedang bekerja sebagai nelayan.

Untuk bisa melihat sebuah mercusuar berwarna putih dan menjulang tinggi, maka jangan lupa untuk datang ke Pulau Lengkuas. Terdapat tangga yang memiliki 300 anak tangga yang harus Anda lalui supaya sampai ke lantai paling atas dari mercusuar tersebut. Mercusuar tersebut merupakan peninggalan Belanda di masa penjajahan dahulu. Dari atas sana akan tampak gugusan batu granit serta birunya air laut yang sangat indah.

Jika belum bosan dengan wisata pantai, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke pantai Penyambong. Destinasi wisata ini terletak di kecamatan Membalong. Yang membuat pantai ini semakin terlihat cantik yakni adanya bebatuan granit yang ada di sekitar pantai pasir putihnya. Memang mirip dengan pantai di Tanjung Tinggi.

Meski mirip, namun tentunya pantai disini memiliki ciri khasnya tersendiri. Pantai membalong memiliki ombak yang cukup tenang sehingga aman untuk dijadikan spot untuk bermain air. Tidak hanya itu, bebatuan granit di panti ini juga lebih memanjang dan menjorok ke arah laut.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal penting saat backpacker ke Belitung dari Jakarta yang perlu diperhatikan. Berwisata di luar pulau memang membutuhkan banyak pertimbangan matang. Apalagi bagi yang memiliki budget terbatas. Namun, budget terbatas bukanlah halangan untuk bisa menikmati keindahan alam Belitung.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !