Backpacker ke Belitung dengan Aman? Ini Caranya

Funtrips Tour > Blog > Backpacker ke Belitung dengan Aman? Ini Caranya
Backpacker ke Belitung dengan Aman Ini Caranya.

Belitung ternyata menyimpan banyak pesona menarik untuk dijelajahi. Tidak heran, gaya liburan backpacker ke Pulau Belitung mulai ramai dilakukan.

Anda tentu tidak asing dengan aktivitas backpacker, terutama pergi backpacker ke tempat wisata yang eksotis. Selain minim budget, berwisata dengan cara ini juga sangat efisien, sehingga banyak diminati. Salah satu tujuan backpacker yang belakangan banyak diminati adalah backpacker ke Belitung. Pulau ini memang terkenal dengan alamnya yang indah dan berbagai spot wisata yang menarik.

Cara Mencapai Pulau Belitung dengan Backpacker

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah cara menuju Belitung, seperti yang diketahui, pulau ini terletak di dekat Pulau Sumatera dan hanya bisa diakses dengan pesawat jika Anda datang dari Pulau Jawa. Untuk pergi ke Belitung, Anda bisa menggunakan pesawat yang bisa dipilih sesuai dengan budget Anda.

Namanya juga backpacker, tentu Anda harus memilih transportasi udara yang semurah mungkin demi menjaga budget yang dimiliki. Tentu ada banyak pilihan pesawat dengan kelas ekonomi menuju Belitung.

Jika sudah sampai di Belitung, Anda bisa memulai aktivitas backpacker dengan menyewa kendaraan sendiri atau mulai mencari tumpangan. Ada dua pilihan yang bisa dilakukan, mencari tempat penginapan terlebih dahulu atau pergi ke tempat wisata Belitung. Namun perlu diingat, lokasi wisata antara satu tempat dengan tempat lain di Belitung cukup jauh.

Rekomendasi untuk Anda yang hendak backpacker ke Belitung adalah melakukan sewa mobil, ini cocok untuk Anda yang datang ramai-ramai bersama teman. Bisa juga menyewa motor, khususnya jika hanya datang sendiri atau bersama 1-2 teman untuk backpacker ke Belitung.

Tempat Wisata Menarik di Belitung

Tempat wisata di Pulau Belitung cukup banyak, meskipun ukuran pulaunya tidak terlalu besar. Seperti diketahui, nama Belitung semakin populer ketika menjadi salah satu setting film Laskar Pelangi. Semenjak saat itu, satu per satu spot wisata di pulau ini mulai dikenal dan berkembang seperti saat ini.

Di hari pertama, misalnya, Anda bisa mengunjungi replika SD Laskar Pelangi. Ini merupakan tempat wisata yang cukup populer di Pulau Belitung, lokasinya ada di Belitung Timur, Kecamatan Gantong. Saat berada di sini, Anda akan merasakan nuansa seperti apa yang ada di film besutan Andrea Hirata ini.

Untuk bisa ke lokasi, Anda harus paham rute yang harus dilalui. Jika Anda datang dari Tanjung Pandan, maka SD Laskar Pelangi bisa Anda tempuh hanya dalam kurun waktu satu jam dengan jarak 70 kilometer. Jika sudah puas mengunjungi replikasi SD Laskar Pelangi tersebut, Anda bisa melanjutkan ke Rumah Keong.

Selanjutnya, pantai Tanjung Tinggi. Spot wisata ini juga jadi latar film Laskar Pelangi. Keindahan pantai berpasir putih dengan batu-batuan yang besar ini memang mencuri perhatian banyak orang. Lokasinya sekitar 37km dari pusat kota Tanjung Pandan.

Rumah Keong merupakan tempat wisata baru, lokasinya ada di dekat SD Laskar Pelangi. Bangunan tersebut menyerupai keong dan terbuat dari rotan yang dianyam. Anda yang ingin melepas lelah  bisa duduk disana sejenak untuk menikmati pemandangan. Ada danau di dekat Rumah Keong yang juga bisa Anda jelajahi.

Tidak hanya wisatanya saja yang harus Anda kunjungi, kuliner yang ada di Belitung juga wajib dicoba. Jika ingin mencicipi kopi khas Belitung dan melihat keramahan mereka, jangan ragu pergi ke Manggar. Lokasinya berada di Belitung Timur, yang bisa diakses dengan kendaraan umum atau pribadi.

Lokasi ini dikenal sebagai tempat 1001 warung kopi, Anda bisa menikmati kopi khas Belitung yang sedap. Jadi, menikmati keindahan Belitung terasa lengkap sambil menikmati secangkir kopi khas daerah ini.

BACA JUGA : Beberapa Hal Penting untuk Backpacker ke Belitung Dari Jakarta

Tips Melakukan Backpacker ke Belitung

Anda yang hendak backpacker ke Pulau Belitung, sebaiknya mengetahui beberapa tips berikut ini sebelum berangkat. Misalnya, memesan penginapan yang murah di Belitung, ini akan membuat Anda menghemat budget untuk liburan. Penginapan memang banyak di Belitung, namun sebelum menginap perhatikan dengan baik harga yang ditawarkan dan fasilitas yang didapatkan.

Selanjutnya adalah mencicipi kuliner khas Belitung di warung makan lokal, alih-alih datang dan memilih makan restoran. Dengan mencicipi kuliner lokal, Anda bisa mengetahui apa makanan khas Belitung dan menghemat pengeluaran, sebab kuliner lokal cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau karena bahannya yang mudah didapatkan. Jadi, tidak hanya irit, tapi juga enak.

Tips terakhir, pastikan Anda menjaga dengan baik barang-barang yang Anda miliki. Jangan mudah tergiur dengan berbagai hal murah yang harganya tidak sesuai dengan harga pasar. Perhatikan pula kemana Anda pergi dan jangan terlalu memperlihatkan banyak barang mewah. Ini akan menghindarkan diri untuk menjadi korban perampokan atau begal ketika melakukan backpacker.

Itulah beberapa informasi tentang backpacker ke Belitung yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Meski masih terbilang masih baru, Belitung memiliki banyak spot wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Apalagi dengan budget yang minim, menggunakan cara backpacker adalah cara yang paling tepat.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !