Pilihan Transportasi Para Wisatawan Backpacker ke Bromo dari Jogja

Funtrips Tour > Blog > Pilihan Transportasi Para Wisatawan Backpacker ke Bromo dari Jogja
Pilihan Transportasi Para Wisatawan Backpacker ke Bromo dari Jogja

Jawa Timur terkenal dengan wisata Bromo dengan pemandangan gunung berpasirnya yang indah. Berlokasi di kawasan pegunungan Tengger, Bromo selalu ramai dipadati wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan alam Bromo berhasil menarik minat para wisatawan dengan Bukit Teletubbies berupa panorama savanna hijau, area spot pasir berbisik yang luas, kegiatan berkuda di lautan pasir dan lain-lain. Ada tips hemat untuk para backpacker ke Bromo dari Jogja.

Pilihan Transportasi Kendaraan Pribadi untuk Para Wisatawan Backpacker ke Bromo dari Jogja

Sebelum berangkat menuju Bromo, lebih baik para wisatawan mempersiapkan rincian budget dengan mempertimbangkan pilihan transportasi yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan transportasi seperti kendaraan pribadi dan transportasi umum seperti bus dan kereta api. Jika memilih menggunakan kendaraan pribadi (mobil), rute yang bisa ditempuh adalah melalui tol menuju Probolinggo yang akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Sementara jika menggunakan kendaraan pribadi (motor), perjalanannya akan lebih banyak memakan waktu sekitar 9 jam dengan rute dari Jogja menuju ke Probolinggo. Pilihan transportasi menggunakan kendaraan pribadi dirasa lebih leluasa karena bisa mampir kemana saja sesuka hati. Namun, para wisatawan backpacker harus membawa budget yang sudah diperkirakan sebelumnya. Karena pasti membutuhkan pengisian bensin beberapa kali. Untuk mobil juga harus membayar biaya masuk tol.

Untuk kendaraan sepeda motor, sebaiknya hindari sepeda motor tipe matic supaya keamanan selalu terjaga. Perjalanan ke Bromo akan disuguhkan dengan jalanan yang berpasir dan menanjak. Hal ini akan membuat ban motor matic menjadi selip dan resikonya dapat membuat para wisatawan jatuh tergelincir. Selain itu, para wisatawan disarankan untuk menggunakan pakaian hangat karena suhu udara di Bromo begitu dingin mencapai 3-10℃ saat malam hari.

Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika akan berwisata ke Bromo adalah pakaian hangat berupa jaket tebal, kaos kaki, masker, sarung tangan, selimut, dan syal. Selain pakaian, fisik juga harus dipersiapkan dengan matang. Pastikan fisik dalam keadaan fit dan tidak ada penyakit bawaan seperti asma, jantung, dan penyakit lainnya yang berbahaya. Karena berwisata ke Bromo membutuhkan fisik yang kuat dan bugar, mengingat para wisatawan harus berjalan kaki cukup jauh dan menaiki banyak anak tangga.

Pilihan Transportasi Umum untuk Para Backpacker yang Ingin Berwisata ke Bromo

Selain menggunakan kendaraan pribadi, para wisatawan yang berasal dari Jogja juga bisa menuju ke Bromo dengan menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api. Kedua transportasi tersebut merupakan transportasi terbaik yang bisa dipilih oleh para wisatawan backpacker ke Bromo dari Jogja. Untuk transportasi bus, wisatawan dapat membeli tiket dengan keberangkatan dari Jogja dan tujuan Probolinggo.

Sementara itu untuk transportasi kereta api, wisatawan bisa memilih menggunakan jalur Malang atau Probolinggo. Harga tiket kereta dari Jogja ke Probolinggo lebih terjangkau dibandingkan dari Jogja ke Malang. Sehingga para wisatawan dapat menyesuaikan budget, akan memilih kereta api jalur Malang atau Probolinggo. Kereta api dari arah menuju ke Probolinggo salah satunya adalah kereta Pasundan. Keberangkatan kereta bisa dimulai dari Stasiun Lempuyangan.

Perjalanan menggunakan kereta akan memakan waktu sekitar 7 jam dari Jogja menuju ke Stasiun Gubeng, Surabaya. Setelah itu para wisatawan dapat transit dengan kereta Probowangi yang akan membawa penumpang ke Stasiun Probolinggo. Perjalanan yang ditempuh dari Stasiun Gubeng menuju Stasiun Probolinggo adalah sekitar 2 jam. Sesampainya di Stasiun Probolinggo, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Bromo dengan charter menggunakan transportasi bus.

Para wisatawan backpacker ke Bromo dari Jogja harus menyiapkan budget cukup banyak karena harus charter transportasi. Dari Stasiun Probolinggo, para wisatawan harus menaiki angkot berwarna kuning dengan tujuan terminal yang akan memakan waktu sekitar 15 menit. Setelah sampai di terminal, ada beberapa transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke Bromo, yakni ojek atau taksi Bison. Taksi Bison tidak seperti taksi biasanya karena di dalamnya bisa memuat hingga 12 orang penumpang.

BACA JUGA : Layanan Shuttle DAMRI dari Batu ke Bromo

Akan tetapi taksi Bison akan mulai jalan jika penumpang sudah penuh. Jika ingin cepat sampai ke Bromo, para wisatawan bisa menggunakan ojek namun biayanya lebih mahal daripada taksi Bison. Untuk backpacker, biasanya lebih memilih taksi Bison untuk menuju ke Bromo. Namun tergantung kenyamanan dan budget masing-masing wisatawan, akan memilih transportasi yang mana.

Itulah beberapa transportasi yang bisa dipilih oleh para wisatawan backpacker ke Bromo dari Jogja. Pilihan transportasi bisa disesuaikan dengan budget. Jika ingin lebih hemat, kendaraan pribadi lebih disarankan. Selain lebih hemat, berwisata menjadi lebih leluasa karena tidak perlu mengikuti jadwal keberangkatan transportasi seperti bus dan kereta api. Untuk homestay, para wisatawan backpacker bisa memilih homestay dengan harga terjangkau supaya bisa menekan budget.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !