Berniat Backpacker Ke Pahawang? Yuk Intip Daya Tarik Pulau Pahawang Di Sini

Funtrips Tour > Blog > Berniat Backpacker Ke Pahawang? Yuk Intip Daya Tarik Pulau Pahawang Di Sini
Berniat Backpacker Ke Pahawang Yuk Intip Daya Tarik Pulau Pahawang Di Sini

Lampung menjadi kota yang juga sering dijadikan sebagai tujuan liburan. Ada banyak pantai pantai indah yang menjadi jujugan, Pulau Pahawang misalnya. Destinasi wisata satu ini banyak dijadikan tujuan untuk yang suka dengan wisata bahari. Anda yang berniat untuk backpacker ke Pahawang anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu pesonanya.

Sekilas Tentang Pahawang

Nama Pahawang didapatkan dari desa atau pulau yang lokasinya berada di Lepas Teluk Punduh. Dimana pulau yang menjadi bagian dari Lampung ini, menawarkan air jernih dengan pemandangan yang luar biasa. Hamparan pasir putih luas dengan hutan mangrove yang panjang akan siap untuk memanjakan dan liburan makin terasa istimewa.

Tak heran jika pulau Pahawang mendapatkan julukan sebagai surga wisata yang masih tersembunyi. Memiliki luas sekitar 1000 ha, pulau ini termasuk pulau yang berpenghuni, setidaknya dihuni oleh sekitar 900 kepala keluarga. Sebenarnya pulau ini dibagi menjadi dua yakni Pahawang besar dan Pahawang Kecil.

BACA JUGA : Berikut Tips Backpacker Ke Pulau Pahawang Lampung

Untuk Pahawang kecil ukurannya tentu lebih kecil, sekitar 13 ha dan banyak dijumpai cottage atau villa milik pribadi. Nama Pahawang sendiri mulai banyak disebut di kalangan traveler. Sehingga wajar jika banyak yang ingin backpacker ke Pahawang karena rasa penasaran yang tinggi. Hal ini semua tidak lepas dari promosinya yang makin gencar.

Daya Tarik Dari Pulau Pahawang

  1. Pantai Dengan Pasir Putih

Daya tarik utama wisata ini adalah pantainya yang memiliki pasir putih lembut. Di Pulau Pahawang besar, anda akan menemukan pasir timbul yang akan muncul saat air laut sedang surut. Tentu saja wisatawan bisa menyeberangi laut timbul tersebut. Jangan lupakan pesona matahari terbit juga terbenam yang sangat pas jika disandingkan dengan pemandangan pantai.

  1. Bawah Laut Yang Terjaga
Cek Lainnya :  Liburan Makin Seru, Yuk Intip Wisata Terbaik di Belitung Island

Selain memiliki permukaan pantainya yang luar biasa, pengunjung juga akan dimanjakan dengan bawah laut dari Pantai Pulau Pahawang. Airnya yang jernih tidak akan menghalangi anda mengintip biota lautnya. Biota laut dan terumbu karangnya terus dibudidayakan agar tidak sampai rusak. Dan dikelola secara langsung oleh Dinas Kelautan bersama nelayan setempat.

Di sekeliling pulau wisata ini, anda akan menemukan terumbu karang yang dibudidayakan. Atau anda juga bisa mampir ke taman Nemo yang menjadi spot unggulan di sini. Wisatawan bisa berinteraksi dengan ikan badut atau yang akrab dikenal dengan nemo di habitat aslinya. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

  1. Pemandangan Sekitar yang Indah

Alasan orang ingin backpacker ke Pahawang juga bisa dikarenakan panorama alam sekitar yang memukau. Anda tidak hanya bisa menikmati pantai indah, tetapi juga hutan mangrove yang luas. Di sekitar hutan mangrove anda tentu bisa menemukan fauna dan flora khasnya. Hal inilah yang menjadi daya tarik mengapa saat ini nama Pahawang makin naik daun.

Alamat dan Cara Backpacker ke Pahawang

Pulau yang eksotis ini berada di Lampung Selatan, tepatnya di Lepas Teluk Punduh, Kec. Marga Punduh Pidada, Kab, Pesawaran. Untuk menuju lokasi, anda bisa menggunakan transportasi laut atau udara. Bagi anda yang menggunakan jalur udara, anda bisa mengambil penerbangan dengan tujuan akhir Bandaran Radin Inten II.

Sementara jika anda menggunakan jalur laut, maka perjalanan menuju lokasi terbilang cukup panjang. Untuk anda yang memulai perjalanan dari Jakarta, anda harus melakukan dua kali penyeberangan. Cara ini cocok untuk anda yang ingin backpacker ke Pahawang  atau yang liburan ke Pahawang tanpa adanya agen travel.

Cek Lainnya :  Layanan Shuttle DAMRI dari Batu ke Bromo

Pertama anda akan menyeberang di Bakauheni dari Jakarta, kemudian dari Lampung menuju Pulau Pahawang. Sehingga pertama tama anda harus menggunakan bus dari terminal Kalideres menuju Pelabuhan Merak. Biayanya sekitar Rp 23 ribu dan untuk menyeberang membutuhkan budget sekitar Rp 15 ribu setiap orang. 

Dari pelabuhan Merak, anda akan berhenti di Bakauheni dan melanjutkan dengan bus ke Terminal Rajabasa. Tarif bus biasanya dibanderol Rp 30 ribu, perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dari Bandar Lampung anda bisa mencari transportasi untuk menuju Dermaga Ketapang. Dermaga inilah yang akan membawa anda menuju ke Pulau Pahawang.

Transportasi dari Rajabasa ke Dermaga Ketapang memang susah susah gampang. Jika beruntung bisa menggunakan travel dengan biaya kisaran Rp 50 ribu. Atau anda bisa menggunakan angkutan dari Teluk Betung ke Dermaga Ketapang. Perjalanan dilanjutkan dengan perahu, tarifnya mulai dari Rp 80 ribu pada musim liburan.

Jika hari biasa, anda bisa memanfaatkan kapal untuk backpacker ke Pahawang.  Harga kapal ini kisaran Rp 400 ribu tetapi bisa dibagi dengan 10 orang. Sehingga ada baiknya jika perjalanan ini dilakukan dengan teman teman anda. karena akan lebih terjangkau jika sharing cost.

Bagi anda yang ingin singgah di Pahawang, perjalanan memang terbilang panjang. Terutama untuk anda yang berangkat dari luar kota. Tetapi semuanya akan terbayar dengan berbagai keindahan yang disuguhkan. Momen liburan anda dijamin tidak akan terlupakan begitu saja. Apalagi jika dengan orang orang tersayang, pasti makin berkesan.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !