Bandara Ke Belitung dan Tempat Wisata Alam di Sekitarnya

Funtrips Tour > Blog > Bandara Ke Belitung dan Tempat Wisata Alam di Sekitarnya
Bandara Ke Belitung dan Tempat Wisata Alam di Sekitarnya

Bagi setiap orang yang hendak masuk atau keluar dari Kepulauan Bangka Belitung pasti pernah melewati Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin yang berlokasi di Tanjung Pandan. Selain berfungsi sebagai akses keluar masuk Bangka Belitung, Bandara Internasional ini juga memiliki beberapa bangunan yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto mulai dari bandara ke Belitung.

Bandara ke Belitung, ada Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin

Bandar ini awalnya dikenal dengan nama Bandar Udara Buluh Tumbang hingga tahun 2015. Kemudian pada tahun 2017 setelah selesai melakukan renovasi Bandara tersebut berubah nama dan menjadi Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin dan kemudian mulai melakukan penerbangan Internasionalnya hingga saat ini.

Bandara Internasional ini memiliki landasan pacu sepanjang 3.660 meter dengan ketinggian sekitar 164 kaki atau 50 meter diatas permukaan laut. Pesawat Boeing 737-800NG hingga Airbus A320 sudah bisa mendarat di Bandara yang ada di Belitung ini.

Beberapa pesawat akan melakukan transit di Bandara Internasional ini sebelum melanjutkan perjalanan menuju lokasi tujuan. Hal tersebut karena bandara ini memiliki lokasi yang strategis dan memiliki landasan pacu yang panjang. Selain itu Kepulauan Bangka Belitung yang terkenal dengan wisata alam yang indah membuat banyak penerbangan berhenti sebentar di Bandar Udara Internasional ini.

Pesawat seperti Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, AirAsia, Sriwijaya Air, Wing Air, dan Nam Air adalah beberapa pesawat yang memiliki rute penerbangan melalui Bandara Internasional ini. Untuk pengelola dari Bandara Internasional yang terletak di Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan Kepulauan Bangka Belitung ini adalah Angkasa Pura II.

Sedangkan untuk rute penerbangan dari H.A.S. Hanandjoeddin ada yang Domestik dan Internasional. Untuk penerbangan Domestik sendiri memiliki tujuan ke Jakarta, Pangkal Pinang, dan Bandung. Sedangkan untuk penerbangan Internasional memiliki tujuan ke Kuala Lumpur Malaysia.

BACA JUGA :Mengenal Bangka Belitung Tour Paket

Tempat Wisata Sekitar Bandara ke Belitung

Tidak jauh dari Bandar Udara Internasional H.A.S., terdapat banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Sebagai pulau yang eksotis, Belitung tentu banyak memiliki spot wisata pantai yang menarik. Khususnya wisata yang terletak tidak jauh dari lokasi bandar udara ini.

Lokasi wisata yang tidak jauh dari bandara yakni ada sebuah pantai yang bernama Pantai Tanjung Pendam. Pantai yang memiliki pasir putih dan air yang jernih ini akan membuat para pengunjungnya ingin segera bermain di air lautnya. Ketika duduk di pinggir pantai para pengunjung akan bisa melihat beberapa pulau dari kejauhan. Pulau-pulau tersebut akan membuat momen sunset lebih indah untuk disaksikan dari pinggir pantai.

Di Pantai Tanjung Pendam ini juga terdapat para pengrajin tangan, jadi bisa sekaligus membeli oleh-oleh ketika sudah sampai ke pantai ini. Untuk lama perjalanan dari Bandara ke Pantai Tanjung Pendam hanya memakan waktu 25 menit saja menggunakan kendaraan bermotor.

Selanjutnya dengan jarak sekitar 16 menit dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin para pengunjung bisa mendatangi Danau Kaolin Belitung. Danau ini memiliki air berwarna biru dan dikelilingi daratan berpasir putih.

Danau Kaolin Belitung merupakan bekas dari penambangan yang sudah ditinggalkan lama. Kemudian berkat alam sekitar daerah tambang tersebut berubah menjadi tempat wisata yang sangat indah. Uniknya danau yang satu ini tidak hanya memiliki 1 lokasi genangan air seperti danau pada umumnya, namun terdapat beberapa lokasi genangan air yang membuatnya lebih menarik.

Tidak jauh dari bandara, ada sebuah desa nelayan yang terkenal sebagai desa wisata. Desa tersebut memang bernama Desa Nelayan yang berlokasi di tanjung Binga. Jarak menuju lokasi wisata ini hanya sekitar 30 menit saja dari bandara Belitung.

Bagi yang penasaran dengan desa ini, disini Anda akan disajikan pemandangan khas desa nelayan dengan banyak ikan-ikan yang hasil tangkapan yang dijemur. Desa ini memang sangat terkenal akan hasil lautnya sehingga menjadi penghasil ikan asin terbesar di Belitung. Jadi, ketika berkunjung kesini, Anda bisa membawa oleh-oleh berupa ikan ikan asin untuk keluarga di rumah.

Dan destinasi lain yang ada di sekitar bandara yakni Batu Mentas. Waktu tempuh menuju lokasi wisata ini hanya sekitar 30 menit saja dari bandara. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau sewa ke lokasi ini. Batu mentas ini terletak di Belitung Baray, tepatnya di Desa Datuk, Badau.

Keindahan yang ditawarkan Batu Mentas yakni kejernihan air sungai dan batuan granit yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu, disini juga terdapat penangkaran hewan langka rusa Belitung dan pelilean.

Itulah sekilas tentang wisata serta bandara ke Belitung bagi Anda yang ingin berkunjung ke pulau eksotis ini. Keberadaan bandara ini tentu meningkatkan laju ekonomi dan pariwisata sekitar Belitung. Selain itu, ada banyak lokasi wisata yang ada di sekitar bandara internasional ini sehingga memudahkan para pelancong yang datang.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !