Bepergian Ke Gunung Prau Via Dieng? Simak Syaratnya Disini!

Funtrips Tour > Blog > Bepergian Ke Gunung Prau Via Dieng? Simak Syaratnya Disini!
Bepergian Ke Gunung Prau Via Dieng Simak Syaratnya Disini.

Bagi anda yang suka melakukan perjalanan naik gunung, maka gunung Prau menjadi salah satu destinasi yang banyak disukai oleh pendaki. Hal ini lantaran gunung satu ini memang tidak terlalu tinggi, namun memiliki panorama yang sangat indah. Bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke Gunung Prau via Dieng, berikut beberapa syarat yang perlu anda ketahui.

Syarat Perjalanan Ke Gunung Prau Via Dieng

Jalur pendakian menuju ke Gunung Prau melalui Dieng memang sudah resmi dibuka untuk umum sejak tahun 2020 silam. Sehingga dengan pembukaan ini pun cam Prau Via Dieng memah telah resmi untuk memasuki tahapan uji coba. Dimana awalnya memang telah dibuka sejak bulan Juli 2020.

Akan tetapi, pada awal pembukaan tersebut memang masih terbatas saja. Hanya warga yang berasal dari Jawa Tengah dan Jogja saja yang memang diperbolehkan menggunakan jalur satu ini. Namun, peraturan berubah sejak Agustus 2020, yang mana jalur ini telah resmi dibuka untuk umum dan untuk siapa saja yang memang ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau.

BACA JUGA : Berniat Backpacker Ke Pahawang?

Apabila anda ingin melakukan perjalanan ke Gunung Prau via Dieng, maka terdapat beberapa syarat perjalanan yang harus anda penuhi. Pertama adalah wajib untuk membawa surat keterangan sehat. Sehingga dapat dikatakan jika para pendaki dari Gunung Prau melalui jalur Dieng ini diwajibkan membawa dan menunjukkan surat keterangan sehat.

Surat tersebut nantinya akan diperiksa ketika registrasi pendakian. Hal ini tentu saja menjadi syarat yang mutlak ketika anda sedang ingin untuk melakukan pendakian ke puncak dari Gunung Prau. Sehingga pendaki yang datang pun telah dipastikan dalam keadaan yang sehat dan juga tidak memiliki kondisi buruk seperti gejala batuk, demam dan juga flu. 

Cek Lainnya :  Rekomendasi Cottage di Belitung Untuk Jadi Pilihan Liburan

Selain itu, para pendaki yang melakukan perjalanan kesini juga perlu untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku. Contohnya saja seperti menjaga jarak hingga memakai masker. Bahkan anda juga perlu membawa hand sanitizer dan mencuci tangan menggunakan air dan sabun yang mengalir.

Perlu anda tahu jika melakukan pendakian ke Gunung Prau Via Dieng, maka kuota pendakian juga masih dibatasi yakni hanya 50 persen dari kapasitas normal per harinya. Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi kepadatan dan juga kerumunan. Sehingga hanya dibatasi yakni sekitar 250 orang per harinya.

Bagi pendaki yang ingin melakukan perjalanan ini pun juga diwajibkan untuk membawa masker dan juga sarung tangan cadangan. Masker dan sarung tangan tersebut hanya bisa digunakan selama 4 jam saja. Setelah itu, pendaki wajib untuk mengganti dengan yang baru, dimana memiliki tujuan agar tetap nyaman dan bersih selama melakukan pendakian.

Destinasi Menarik yang Bisa Dikunjungi Pada Area Gunung Prau

  1. Telaga Warna

Ketika anda melakukan perjalanan ke Gunung Prau, maka baliknya anda pun bisa sekaligus mampir yakni ke Telaga Warna. Destinasi wisata satu ini memang berada diatas ketinggian yakni 2000 meter di atas permukaan laut. Memiliki nama Telaga Warna, hal ini dikarenakan adanya kandungan sulfur yang tinggi. 

Sehingga ketika terkena sinar matahari, maka danau ini pun akan bisa memantulkan warna yang bermacam macam. Ada yang kehijauan dan juga berwarna kebiruan. Bahkan warnanya pun terkadang layaknya warna Pelangi. Sehingga ketika anda menempuh jalur Gunung Prau via Dieng bisa menyempatkan perjalanan menuju ke tempat satu ini.

  1. Kawah Sikidang

Perjalanan berikutnya yang tidak bisa anda lewatkan ketika berada di sekitar sini adalah Kawah Sikidang. Wisata satu ini memang terletak di area dieng dan wajib untuk anda kunjungi. Berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kawah Sikidang ini berada sekitar 4 km dari Gunung Prau. 

Cek Lainnya :  Menikmati Dinginngya Dieng dengan Paket Wisata Dieng

Dimana destinasi ini masih memiliki atau menunjukkan aktivitas vulkanik pada kawahnya. Pemandangan tersebut pastinya akan menjadi daya ketertarikan tersendiri bagi pengunjung. Pasalnya keberadaan kawah yang berada di tanah datar ini akan memudahkan bagi anda untuk mengakses lokasi tersebut. Ada beberapa pemandangan unik yang sebaiknya anda lihat saat menghabiskan waktu disini.

Diantaranya adalah anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa lumpur panas yang meletup letup, yang tentu saja akan menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu, jika anda ingin mencoba untuk merasakan sensasi memasak telur secara langsung di kawah, bisa mencobanya saat melakukan perjalanan ke Gunung Prau via Dieng. Untuk jam bukanya sendiri yakni mulai jam 7 pagi hingga 4 sore.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau melalui jalur Dieng. Dengan bertambahnya jalur tersebut, maka sepulangnya anda dari gunung tersebut bisa langsung melakukan jelajah alam dengan mengunjungi berbagai destinasi menarik lainnya yang berada di sekitar Dieng. Pastinya liburan anda pun akan lebih berkesan. Bagi anda yang belum Lelah setelah turun, wajib berkunjung ke destinasi tersebut.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !