Berapa Biaya ke Derawan? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Funtrips Tour > Blog > Berapa Biaya ke Derawan? Cari Tahu Jawabannya di Sini
Berapa Biaya ke Derawan Cari Tahu Jawabannya di Sini.

Pulau Derawan memang menjadi destinasi yang belakangan ini banyak diserbu wisatawan. Alasannya tentu saja karena pesonanya yang luas biasa. Namun banyak yang menyebutkan jika biaya ke wisata satu ini cukup mahal, terutama bagi wisatawan luar pulau. Sebenarnya Berapa biaya ke Derawan? Untuk tahu jawabannya, anda bisa menyimak rangkuman berikut.

Tips Hemat Biaya Ke Derawan Untuk Backpacker

  1. Pilih Saat Low Season

Tak sedikit yang menjadikan Derawan sebagai wishlist untuk tujuan liburan. Karena memang pesona yang dimiliki pulau dengan julukan The Divers Heaven ini tiada duanya. Bagi anda yang ingin singgah di pulau ujung Kalimantan Timur ini, anda tak harus menggunakan jasa travel. Mengingat solo travel ataupun backpacker an juga bukanlah ide yang buruk.

Jika anda bersama dengan teman teman, maka anda bisa memilih share budget. Agar anda bisa lebih menghemat pengeluaran, ada baiknya datang saat low season.  Umumnya ketika high season harga akan naik beberapa persen dari harga normal. Belum lagi anda juga tidak akan bebas untuk menjelajah setiap tempat. Terutama di destinasi populer Derawan yang pasti akan ramai.

BACA JUGA : Menelisik Seluk Beluk dan Biaya ke Labuan Cermin

Anda juga sebaiknya menghindari weekend karena pasti akan ramai. Ajukan dulu cuti jika memang memiliki cuti yang belum diambil. Dengan begitu anda akan memiliki gambaran kira kira berapa biaya ke Derawan? Karena pasti akan lebih terjangkau. Jika dengan teman teman maka akan bisa dengan menyamakan jadwal cuti.

  1. Pilih Transportasi Yang Paling Terjangkau

Perlu anda ketahui untuk sampai di Derawan, anda harus menggunakan pesawat terbang menuju Balikpapan. Setelah itu anda bisa memilih ingin melalui Tarakan atau Berau. Untuk Solo travel atau budget, ada baiknya memilih Berau. Karena nantinya anda bisa menggunakan transportasi umum tanpa harus menyewa speedboat.

Cek Lainnya :  Kegiatan Wisata Cerdas Ala Backpacker ke Pahawang

Dari bandara jika melalui Berau, anda bisa menggunakan travel untuk sampai di Dermaga Tanjung Batu. Harga travel ini kisaran dari Rp 75 ribu untuk setiap orang. Selanjutnya anda akan naik speed boat umum dengan harga berkisar Rp 100 ribu. Memang untuk pesawat akan lebih terjangkau dari Balikpapan menuju Tarakan dibandingkan ke Berau.

Sementara untuk wisatawan Kalimantan, anda bisa menggunakan jalur darat. Naik saja bus dari Banjarmasin menuju Samarinda. Dilanjutkan menuju Tanjung Kedep, dan barulah ke Derawan. Perkiraan biaya via darat sekitar Rp 600 hingga Rp 700 ribu. Biaya ke Derawan tersebut tentu saja bisa berubah kapan saja, tergantung harga tiket transportasinya.

  1. Berburu Penginapan Murah

Datang ke Derawan tentu tidak akan puas jika hanya sehari. Maka dari itu, anda tentu akan membutuhkan penginapan untuk tempat singgah. Tenang saja, tidak sulit mencari penginapan dengan harga ramah kantong. Umumnya berupa homestay dengan kisaran Rp 250 ribu setiap malam. Untuk penginapan yang lebih murah mulai dari Rp 100 ribu.

  1. Siapkan Perbekalan

Hal yang tak bisa diabaikan jika ingin lebih ramah dengan dompet, maka siapkan perbekalan dengan baik. Apabila anda berencana untuk snorkeling? Jika iya maka sebaiknya anda membawa peralatan dari rumah. Karena sekalipun nantinya ada penyewaan, tapi akan lebih baik membawa sendiri untuk menghemat cuan. Namun pastikan tak terlalu banyak barang agar tak merepotkan.

  1. Tentukan Destinasi Wisata yang Tepat

Pulau Derawan tidak hanya menawarkan satu tempat saja. Derawan memang menjadi base karena penginapan kebanyakan berada di Derawan. Tetapi bukan berarti anda harus stay satu pulau saja, karena sebenarnya ada banyak pulau cantik lainnya. Jika anda sedang backpacker, maka anda harus memilih destinasi yang memang anda inginkan.

Cek Lainnya :  Jasa Paket Wisata Dieng bagi Para Pekerja yang Sibuk

Hal ini nantinya akan berkaitan dengan biaya ke Derawan, semakin banyak tujuan semakin banyak biaya yang anda butuhkan. Terutama jika harus menggunakan transportasi sewa yang bila sendirian akan lebih mahal. Anda bisa melakukan riset kecil kecilan untuk menentukan destinasi yang paling ingin dikunjungi.

Untuk Pulau Derawan memiliki perairan yang sangat jernih. Di pulau ini anda juga bisa bertemu dengan penyu yang berenang dengan santainya di bawah jembatan dermaga. Tentu saja anda tetap bisa snorkeling di sini dan bahkan bisa melihat penyu yang bertelur di malam hari. Apabila air sedang surut, anda bisa menjadikan Gusung Pasir Sanggalau tujuan.

Ada juga beberapa destinasi Pulau yang tidak berpenghuni seperti Pulau Sangalaki ataupun Pulau Kakaban. Keduanya memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan. Di Pulau Kakaban anda bisa berenang dengan ubur ubur. Sementara Pulau Sangalaki menjadi habitat penyu hijau juga penyu sisik. 

Tidak ketinggalan Pulau Maratua yang juga tak kalah terkenal. Di pulau ini anda bisa menemukan Gua Halo Tabung atau Gua Haji Mangku. Anda juga bisa berenang bersama penyu di Turtle Traffic. Dan masih banyak wisata di Derawan yang nantinya akan sangat berkaitan dengan biaya ke Derawan.

Sebenarnya menuju Derawan memang membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk transportasi. Terutama bagi anda yang melakukan perjalanan dari luar pulau. Namun bukan berarti tidak bisa mendapatkan biaya yang murah. Karena semua tergantung pemilihan transportasi. Apabila anda memang tak ingin pergi backpacker, gunakan jasa travel agent.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !