Berapa Suhu Gunung Prau Malam Hari? Cek Di Sini

Funtrips Tour > Blog > Berapa Suhu Gunung Prau Malam Hari? Cek Di Sini
Berapa Suhu Gunung Prau Malam Hari.

Ada banyak gunung menarik yang bisa anda jelajahi, terutama jika anda memang suka dengan kegiatan di luar ruangan. salah satunya yang banyak dikunjungi bahkan tidak pernah sepi adalah Gunung Prau. Ketinggiannya yang berkisar 2565 mdpl memang membuatnya cocok untuk pemula. Namun anda harus tahu kira kira berapa suhu Gunung Prau malam hari? simak di sini.

Pesona Yang Ditawarkan Gunung Prau

Sebelum anda mengetahui suhunya, anda harus tahu jika pemandangan yang disuguhkan di gunung Jawa Tengah ini luar biasa. Daya tarik utamanya adalah jalurnya yang terbilang ramah untuk amatir. Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tujuan pertama kali kegiatan mendaki. Kendati demikian, pesona puncaknya tidak akan membuat anda kecewa.

Anda akan disuguhkan hamparan bunga liar yang juga dikenal dengan Bukit Teletubbies sebelum anda tiba di puncak. Memang tidak hijau layaknya bukit di serial anak anak ini karena beberapa tanaman lain mempercantiknya. Bunga bunga dari tanaman liar ini mempercantik warnanya. Tak heran jika banyak yang mengabadikan momen di sini.

BACA JUGA : Bepergian Ke Gunung Prau Via Dieng?

Belum puas dengan bentang alamnya, ketika sampai di puncak anda juga akan disuguhkan sunset dan sunrise yang megah. Panorama inilah yang menjadi buruan para pendaki ketika sudah di puncak. Golden sunrise dan sunsetnya sangat cocok untuk anda yang doyan mengambil foto landscape. Maka dari itu jangan lupa membawa kamera terbaik anda.

Bukan hanya itu Gunung Prau malam hari juga terlihat menawan, terutama jika langit sedang cerah. Anda bisa melihat langit berbintang yang mengagumkan. Banyak pengunjung yang mengambil Milky Way saat berada di puncak. Langit bertabur bintang lengkap dengan camping ground, akan membuat anda semakin jatuh hati. 

Cek Lainnya :  Backpacker ke Belitung dengan Aman? Ini Caranya

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Gunung Prau masuk dalam jajaran dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Anda bisa memilih basecampnya di Temanggung, Wonosobo ataupun Banjarnegara. Memilih yang paling dekat dengan start point anda tentu hal yang paling efektif. Tenang saja, menuju basecamp anda masih bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa bus.

Keindahan Gunung Prau bisa dinikmati dengan mengambil beberapa rute yang efektif. Memang ada beberapa jalur yang akan memungkin anda untuk sampai di puncak. Jalur pertama adalah jalur Dieng, dimana jalur ini merupakan yang paling idola. Dari basecamp anda akan memulai perjalanan mendaki untuk sampai di pos 1 sampai pos 3.

Medan yang ditempuh kebanyakan berupa hutan, jalurnya memang menanjak. Tetapi hanya dibutuhkan sekitar 2 jam saja untuk anda menikmati Gunung Prau malam hari. Inilah mengapa jalur Dieng menjadi yang paling banyak dipilih. Anda juga bisa menggunakan jalur lainnya seperti Jalur Patak Banteng yang juga menjadi idola karena relatif cepat.

Ada juga Jalur Kalilembu, Dwarawati, Wates hingga jalur Igirmranak yang bisa anda jadikan pilihan. Dengan memilih jalur yang berbeda, anda tentu akan memulai start poin yang berbeda. Karena gunung Prau memang sebenarnya melewati 4 kabupaten sekitar. Jika anda ingin lebih cepat kedua jalur favorit pendaki bisa anda jadikan sebagai pilihan.

Suhu Gunung Prau Malam Hari dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

  1. Perhatikan Lokasi Gunung Prau

Walaupun termasuk aman untuk pemula, anda harus tahu jika medan dan lokasi dari gunung harus tetap dipelajari. Sebelum memulai pendakian tidak ada salahnya untuk mencari tahu melalui internet. Atau bisa juga dengan mengajak teman yang sudah pernah menaklukkan Gunung Prau.

  1. Waktu Terbaik
Cek Lainnya :  Menikmati Keindahan Bukit Teletubbies Gunung Prau Di Dieng

Sebelum menikmati Gunung Prau malam hari, anda harus tahu waktu terbaik untuk mendaki gunung cantik ini. Ada baiknya anda naik saat matahari masih terlihat, karena akan memudahkan anda dalam navigasi. Jika anda mendaki saat siang hari, maka anda akan sampai di puncak pada saat sore hari. Tapi juga bisa memulai perjalanan pagi hari jika ingin ngecamp.

  1. Olahraga Lebih Dahulu

Anda tidak bisa menganggap enteng perjalanan ke puncak gunung, karena membutuhkan tubuh dan stamina yang kuat. Maka dari itu sebelum memulai pendakian, sebaiknya anda berolahraga seperti jogging. Hal ini akan membantu anda untuk menjaga nafas selama proses mendaki. jangan lupa untuk seimbangkan waktu istirahat anda.

  1. Persiapan Logistik dengan Baik

Perlengkapan sebelum mendaki juga tidak boleh diabaikan begitu saja. anda harus menyiapkan dengan baik, terutama soal pakaian, tenda dan lainnya. Apalagi suhu Gunung Prau malam hari cenderung lebih dingin. Bisa sampai 4 derajat celcius, sehingga anda membutuhkan pakaian dingin yang memadai jika ingin ngecamp di Gunung Prau.

Gunung Prau menjadi destinasi favorit yang tidak pernah sepi, karena memang direkomendasikan untuk amatir. Hanya saja, anda harus tahu kondisi yang akan anda temui, mulai dari jalur pendakian, suhu, medan sampai dengan perizinan. Maka dari itu, pastikan anda merencanakan jauh jauh hari terutama jika anda berasal dari luar kota.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !