Berkunjung ke Bandara Derawan, Ini Rekomendasi Wisatanya!

Funtrips Tour > Blog > Berkunjung ke Bandara Derawan, Ini Rekomendasi Wisatanya!
Berkunjung ke Bandara Derawan, Ini Rekomendasi Wisatanya

Anda tentu tidak asing dengan Kepulauan Derawan, pulau yang berada di Kalimantan Timur ini ternyata menyimpan banyak keindahan alam yang cocok sebagai tempat wisata. Terkenal dengan sebutan Bandara Derawan, berikut adalah informasi penting mengenai Derawan, dari cara menuju pulaunya, rekomendasi wisata dan tips ketika berkunjung kesana.

Cara Menuju Ke Bandara Derawan

Untuk menuju Derawan, kini Anda bisa menggunakan Bandara Internasional Juwata Tarakan yang dimiliki oleh Kalimantan Utara. Rute penerbangan dari Tarakan ke Bandara Maratua akan menjadi salah satu cara menuju Pulau Derawan yang paling ringkas dan cepat. Dibukanya rute penerbangan tersebut dikatakan juga akan menambah omzet wisata daerah.

Anda yang datang dari kota besar di Jawa bisa menggunakan pesawat terbang untuk ke Derawan dengan melakukan transit di Tarakan. Setelah sampai di Tarakan, Anda bisa menuju Bandara Maratua di kepulauan Derawan, yang merupakan lokasi dari Pulau Derawan. Jika Anda merupakan warga lokal, menggunakan kendaraan darat bisa menjadi pilihan yang tepat, yang kemudian disambung dengan menggunakan perahu untuk mencapai pulau.

BACA JUGA : Wisata dari Berau ke Derawan

Pilihan Wisata di Derawan

Pulau ini terkenal karena spot wisata lautnya yang indah, sehingga aktivitas air bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, Anda akan lebih puas menjelajahi seluruh pulau dalam waktu 2-3 hari. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh karena perjalanan yang Anda lakukan ke pulau tersebut cukup panjang.

Terkait dengan tempat wisata, Derawan memiliki banyak spot yang cantik. Misalnya di penginapan yang tersedia, Anda bisa menginap di rumah-rumah tradisional yang menjorok ke tengah laut. Dengan ini Anda bisa merasakan segarnya air laut dan memandang langsung matahari terbit dan terbenam langsung dari pantai.

Selain pantai dan penginapannya, Anda juga bisa berwisata ke Goa Haji Mangku. Goa tersebut unik karena memiliki warna hijau toska yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. untuk mencapai goa tersebut, butuh waktu 7 jam jika Anda menginap di Pulau Maratua. Goa ini hanya bisa dijangkau ketika air laut tengah surut, yang membuatnya lebih mudah dijelajahi.

Bagi pecinta diving, ada spot menarik yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Derawan. Ya, lokasi tersebut berada di pulau Sangalaki. Salah satu pulau terindah di Derawan ini memang wajib untuk Anda kunjungi ketika ingin snorkling ataupun diving. Disini, Anda bia melihat penyu sisik dan penyu hijau jika beruntung. Adapun pari manta yang kerap terlihat berada di bawah perairan pulau ini.

Selanjutnya, bagi yang ingin berjalan lebih jauh dari pusat Derawan, maka Danau Labuan Cermin bisa jadi rekomendasi tepat. Danau ini berjarak sekitar 7 jam dari pusat kota. Namun, ketika sampai di lokasi Anda tidak akan merasa menyesal karena keindahan yang dimiliki danau ini. Anda bisa berenang di segarnya air yang jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Terakhir, Anda bisa mengunjungi Pulau Kakaban, pulau ini memiliki danau air tawar meskipun lokasinya dekat dengan laut. Di dalamnya ada banyak flora serta fauna yang cantik, bahkan terdapat ubur ubur yang telah kehilangan racunnya, sehingga aman jika Anda berenang di sekitarnya. Di Kakaban, selain mengunjungi danau, Anda juga bisa menuju Kehe Daing, laguna dengan warna air biru yang cantik.

Tips Berkunjung ke Derawan

Untuk berkunjung ke Derawan, tentunya Anda harus menyiapkan fisik yang prima karena perjalanannya cukup jauh. Belum lagi ketika menuju spot wisata, perlu waktu yang cukup lama untuk mencapainya dengan menggunakan speedboat. Dengan cuaca laut yang terik, pastikan bahwa Anda tidak mengalami dehidrasi.

Persiapan yang matang tentu harus diimbangi dengan budget yang memadai. Mempersiapkan budget bisa dimulai dengan biaya transportasi, akomodasi penginapan, makan, bekal perjalanan, oleh-oleh, akomodasi tiket dan lain-lain. Semua itu harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum Anda berangkat ke lokasi.

Aktivitas air tentu membuat Anda membutuhkan pakaian ganti, pastikan bahwa Anda membawa baju ganti yang cukup ketika berkunjung ke Derawan. Lakukan pula semua instruksi yang diberikan pengarah wisata dengan benar, sehingga Anda tidak kesulitan untuk melakukan aktivitas menarik di tempat wisata.

Anda yang berkunjung ke Bandara Derawan jangan lupa mencicipi makanan lokal yang tersedia disana. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apa saja makanan khas masyarakat sekitar yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Semoga informasi mengenai Derawan tersebut bisa membantu Anda yang tertarik untuk berkunjung kesana.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui tentang wisata pulau Derawan. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, Anda bisa melakukan rute penerbangan menuju Bandara Derawan. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan laut menggunakan speedboat.

 

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !