Berlibur Dengan Mendaki Gunung Prau Via Dieng

Funtrips Tour > Blog > Berlibur Dengan Mendaki Gunung Prau Via Dieng
Berlibur Dengan Mendaki Gunung Prau Via Dieng

Melakukan liburan akan semakin menyenangkan ketika mendaki gunung. Anda dapat mencoba untuk mendaki Gunung Prau yang memiliki banyak keindahan alam. Terdapat tiga jalur untuk mendaki gunung yang satu ini. Jalur yang paling sering digunakan yakni mendaki Gunung Prau Via Dieng dengan pemandangan menarik di sekelilingnya. Dibawah ini akan dijelaskan panduan lengkap jika Anda ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau tersebut.

Rute Dalam Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng

Rute untuk mendaki Gunung Prau Via Dieng ini dapat dimulai dari Kecamatan Batur, sebuah daerah di Banjarnegara. Tempat ini juga cocok bagi Anda yang ingin menikmati berbagai wisata lainnya seperti Telaga Warna serta Candi Arjuna.

Jadi, Anda dapat menikmati banyak destinasi wisata dalam satu kali perjalanan saja. Hal tersebut juga lebih menghemat waktu Anda karena tidak perlu kembali lagi melakukan perjalanan wisata lainnya.

Dibandingkan dengan ketiga jalur yang tersedia, mendaki Gunung Prau dengan rute melalui Dieng ini terbilang cukup panjang. Namun, jalur ini juga banyak digunakan oleh kalangan pendaki karena pemandangan selama perjalanan sangat indah dan menarik. Anda akan mendaki melalui Pos 1 serta Pemancar dengan tujuan untuk segera sampai di Camp Area.

BACA JUGA : Tips Hemat Backpacker ke Lampung

Selain itu, jika Anda beserta rombongan menggunakan rute yang satu ini, harus membawa banyak perbekalan. Terlebih lagi Anda juga harus menyetok air minum yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan pada jalur ini tidak terdapat sumber mata air apapun di sekitarnya. Sehingga Anda harus membawa persediaan air minum untuk melindungi diri dari resiko dehidrasi saat melakukan pendakian.

Beberapa Peralatan yang Harus Dipersiapkan Saat Mendaki Gunung Prau Via Dieng

Ketika mendaki Gunung Prau Via Dieng ini tentu saja membutuhkan berbagai peralatan penting untuk berkemah. Hal tersebut mengingat cuaca yang akan semakin dingin ketika berada diatas gunung pada malam hari. Peralatan penting tersebut diantaranya yaitu Tenda Matras yang dapat dijadikan alas untuk tidur. Bahkan tenda tersebut juga dapat digunakan oleh dua orang sekaligus.

Di zaman yang modern ini, kebanyakan wisatawan menggunakan Kantung Tidur untuk bermalam di gunung. Kantung tidur sendiri jauh lebih hangat karena dapat menutupi seluruh badan saat tidur. Ketika mendaki ke Gunung Prau Via Dieng, Anda juga harus membawa barang penting seperti ini agar tidak mengalami kedinginan hingga sakit selama liburan. Kantung Tidur juga dapat melindungi Anda dari bahaya hewan-hewan kecil yang masuk ke dalam tenda.

Anda juga harus membawa peralatan masak sederhana yang dapat dilakukan di gunung tersebut. Bawalah peralatan masak sesuai dengan aturan yang telah di tentukan. Peralatan tersebut biasanya seperti termos untuk memasak mie, ataupun membuat teh. Anda tidak diperbolehkan untuk menyalakan api di gunung ini sehingga tidak semua alat masak dapat dibawa ke lokasi tersebut.

Sebaiknya Anda membawa persediaan makanan serta minuman yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan selama dua hari. Karena Anda hanya menginap di Gunung Prau dalam satu malam saja dan kembali turun keesokan siangnya. Dengan berkemah dalam waktu yang cukup singkat ini tentu saja membuat Anda tidak perlu membawa banyak barang serta perbekalan yang akan memberatkan tas bawaan.

Meskipun hanya melakukan pendakian kurang dari dua hari, Anda juga memerlukan baju ganti untuk aktivitas lainnya. Anda tidak mungkin tidur menggunakan baju pendakian pertama yang sudah kotor karena melewati berbagai jalur dengan jarak yang cukup jauh. Anda akan mengganti baju setidaknya tiga kali dalam pendakian tersebut. Terlebih lagi jika Anda mendaki saat musim hujan yang menyebabkan baju mudah basah.

Setiap pendaki yang datang ke Gunung Prau ini biasanya mengenakan kupluk dengan bahan yang sangat tebal. Kupluk tersebut berfungsi untuk menutup bagian kepala hingga kuping agar tidak mudah kedinginan saat menjelang malam. Selain kupluk, sebagian pendaki biasanya memakai topi tertentu dalam perjalanan menuju Puncak Gunung Prau.

Anda juga harus membawa jaket gunung yang memiliki bahan sangat tebal untuk menghangatkan tubuh. Anda biasanya akan disuruh untuk memakai jaket tersebut pada awal pendakian saja. Semakin mendaki lebih tinggi, suhu tubuh pun akan beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga tidak harus menggunakan jaket tersebut setiap saat. Anda juga harus membawa jaket gunung yang ampuh dalam melawan angin, air, serta udara dingin.

Meskipun terlihat sepele, kaos kaki merupakan barang yang sangat dibutuhkan ketika melakukan pendakian. Anda harus memakainya setiap saat karena kaki akan menjadi merah dan terasa sakit ketika menerima cuaca dingin yang berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa informasi dari alur pendakian Gunung Prau Via Dieng beserta peralatan lengkap yang wajib dibawa selama berwisata. Peralatan tersebut sangat penting dan pasti dibutuhkan ketika melakukan pendakian di Gunung Prau. Setelah mendapatkan panduan ini, tentunya Anda beserta rombongan akan lebih mudah saat mendaki salah satu gunung terindah di Pulau Jawa ini.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !