Wisata Bromo Malam Hari, Keindahan Milky Way Tiada Duanya

Funtrips Tour > Blog > Wisata Bromo Malam Hari, Keindahan Milky Way Tiada Duanya
Bromo malam hari

Berlibur, melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Salah satu destinasi yang bisa untuk kamu kunjungi adalah Kawasan Bromo. 

Selain menawarkan kemegahan alam yang begitu mempesona, Bromo juga menyuguhkan wisata malam yang sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja wisata Bromo malam hari. Hmmm, mari kita bahas serba serbinya di bawah ini. 

Alasan Wisata ke Bromo Malam Malam

Nah sebelum tahu kegiatan seru apa yang bisa kamu lakukan pada malam hari di Bromo, kamu bisa baca terlebih dahulu apa saja alasan yang mendasari mengapa kamu harus berwisata Bromo pada malam hari. 

Cantiknya Pemkamungan Bromo Malam Malam

Memang, jika malam hari semuanya gelap dan penglihatan terbatas. Namun, pemkamungan malam hari Gunung Bromo termasuk ke dalam pemkamungan yang tiada duanya. Kamu bisa melihat taburan bintang di langit Bromo yang sungguh anggun. 

Panas Gunung Bromo

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, udara siang hari jauh lebih panas dari pada udara di malam hari, betul? Bagi sebagian orang, berwisata pada siang hari bukannya senang namun justru merusak mood karena terik matahari yang begitu mengganggu. 

Tingkat Kemiringan Gunung Bromo

Di balik keindahan yang disuguhkan, Gunung Bromo memiliki tingkat kemiringan yang cukup tinggi sehingga untuk mendaki pada siang hari, waktu dakinya jadi jauh lebih lama akibat sering berhenti. Berbeda dengan siang hari yang panas, di malam hari udaranya cukup dingin sehingga kamu harus membawa barang – barang seperti : 

Cek Lainnya :  Panduan Paket Wisata Dieng bagi Pemula

Jaket dan Pakaian Tebal

Mengingat suhunya yang lumayan dingin, maka jika kamu ingin wisata Bromo malam hari, kamu harus siap siap membawa dan memakai pakaian yang hangat. Jaket dan pakaian tebal lainnya menjadi salah satu barang yang wajib untuk kamu pakai. 

Syal dan Sarung Tangan

Selain jaket dan juga pakaian tebal, kamu juga bisa memakai syal hangat agar lehermu tidak kedinginan dan juga sarung tangan. Memang di sekitaran banyak yang menjual kedua barang ini, namun ada baiknya untuk membawa atau membelinya sendiri dari rumah.

Bromo Milky Way, Kegiatan Seru di Bromo Malam Hari

Bromo malam hari

Mungkin kamu bertanya-tanya mengenai apa yang bisa dilakukan ketika menikmati gunung ini pada malam hari. Nah pada malam hari, kamu bisa melihat indahnya milky wayway pada puncak gunung ini. 

Milky way pada puncak Gunung Bromo hanya bisa dinikmati pada jam dan waktu-waktu tertentu saja. Ya, ternyata di tempat ini kamu bisa melihat indah dan cantiknya benda-benda astronomi lebih nyata. Jika kamu datang di waktu yang tepat keindahan yang ditawarkan pasti bisa membuat kamu ternganga. 

Nah karena tidak bisa sembarang waktu bisa dikunjungi, sebelum kamu melihat milky way di Gunung Bromo, ketahui hal hal berikut ini. 

Waktu Terbaik Melihat Milky Way

Waktu terbaik untuk melihat milky way tentu saja pada malam hari. Tapi tidak semua malam bisa jadi waktu terbaik untuk melihat milky way. Cuaca malam harus cerah alias tidak mendung, juga sinar bulan tidak menghalangi milky way untuk terlihat. Sangat tidak disarankan untuk datang pada saat bulan purnama. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Stelarium untuk melihat dari mana arah datangnya milky way. Waktu di bulan seperti Januari – September biasanya memiliki waktu melihat milky way yang tepat adalah pukul 01:00 WIB hingga 04.00 WIB sedangkan bulan setelahnya memiliki waktu terbaik melihat milky way antara pukul 19:00 WIB hingga 00.00 WIB. 

Cek Lainnya :  Destinasi Wisata Jogja dengan View yang Memanjakan Mata

Alat untuk Potret Milky Way 

Pemandangan milky way yang cantik rasanya akan sayang sekali jika tidak diabadikan melalui jepretan suatu lensa. Kamu bisa membawa kamera seperti DSLR, mirrorless, atau jenis kamera lain yang support untuk memotret di area minim cahaya.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membawa tripod agar saat mengambil foto, gambar milky way tidak goyang alias stabil. Kamu juga bisa membawa headlamp untuk mempermudah pada saat setting kamera. 

Lokasi Melihat Milky Way Gunung Bromo

Nah, bagian Gunung Bromo mana yang bisa dijadikan spot melihat milky way terbaik? Sebenarnya di mana saja bisa. Ya, semua kawasan Gunung Bromo bisa dijadikan tempat melihat milky way selama cuacanya oke. Umumnya orang datang melihat milky way adalah orang yang menggunakan paket wisata sehingga kamu tidak ribet urus ini itu. 

Melihat Sunrise di Gunung Bromo

Salah satu hal yang wajib banget kamu lakukan di Gunung Bromo adalah melihat sunrise. Mungkin ini bukan dilakukan pada malam hari, namun umumnya kamu harus mulai untuk berjalan pada malam menjelang pagi untuk mendapat view sunrise yang bagus. 

Ada beberapa spot melihat Sunrise populer di Bromo. Apa sajakah itu? 

View Point Pananjakan

Pananjakan point 2770 mdpl merupakan spot tertinggi di Bromo untuk melihat sunrise. Spot ini sering disebut sebagai penanjakan 1 untuk membedakan dengan Seruni Point yang sama-sama berasa di lereng Gunung Pananjakan. Nah, meskipun bukan wisata Bromo malam hari, namun kamu harus siap-siap sedari malam. 

Spot ini termasuk ke dalam spot paling populer, sebab view dari View Point Penanjakan begitu mempesona. Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Namun, kamu harus siap uang kecil untuk membayar parkir. Spot ini masuk ke dalam wilayah administrasi Wonokitri, Pasuruan. Fasilitas di sini pun lengkap ada mushola dan juga toilet. 

Cek Lainnya :  Menikmati Seluruh Tempat Wisata dengan Open Trip Labuan Bajo

Seruni Point

Seruni Point yang memiliki ketinggian sekitar 2400 mdpl juga termasuk ke dalam spot mencari Sunrise yang bagus. Letak view point yang satu ini ada di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. 

Pada titik view point ini, kamu bisa melihat hamparan pasir sekitaran Bromo dan sunrise yang memukau. Tidak ada pengenaan biaya yang harus kamu tanggung untuk menjelajah di view point ini, kecuali biaya parkir dan biaya menggunakan fasilitas. 

Bukit Kingkong

Bukan hanya bisa melihat Sunrise dari Pananjakan satu dan dua saja, kamu juga bisa melihat keelokan sunrise Bromo dari Bukit Kingkong. Mungkin bukit ini tidak dibangun semegah view point nomor satu dan dua, namun jangan salah, kamu tetap akan melihat cantiknya sunrise melalui tempat ini. 

Ketinggalan view point Bukit Kingkong berada di tengah kedua view point tadi. Bukit ini terletak di Cemoro, Lawang, Ngadisari, Sukapuro, Probolinggo. kamu juga tidak akan dikenakan biaya tambahan selain biaya parkir. 

Nah, itulah beberapa kegiatan dan aktivitas seru yang biasa kamu lakukan saat melakukan perjalanan wisata Bromo malam hari dan juga pagi hari. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk melepas penat di tempat ini? 

Untuk memudahkan kamu merencanakan perjalanan wisata yang lebih seru dan ekonomis, kamu bisa bergabung dengan open trip Bromo Midnight dari Fun Trips Tour. Cek informasi paket wisatanya di sini.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !