Cara Murah ke Pulau Peucang agar Liburan Makin Hemat

Funtrips Tour > Blog > Cara Murah ke Pulau Peucang agar Liburan Makin Hemat
Cara Murah ke Pulau Peucang agar Liburan Makin Hemat

Pulau Peucang adalah salah satu destinasi ternama di Kabupaten Pandeglang, Banten. Membentang di atas lahan seluas 450 hektare, banyak kegiatan seru yang dapat dijalani selama berlibur di sini. Menghadirkan beragam fasilitas dalam satu wilayah, mulai dari penginapan, dermaga, pusat informasi, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin menikmati eksotisme objek wisata bahari satu ini, simak cara murah ke Pulau Peucang berikut agar menghemat pengeluaran.

Cara Murah ke Pulau Peucang Saat Kunjungan Pertama

Pulau Peucang berada di Taman Nasional Ujung Kulon, salah satu situs warisan dunia yang berfungsi sebagai kawasan konservasi sekaligus destinasi alami. Jika Anda tertarik berkunjung ke sini, rute paling umum yang dapat dipilih bertolak dari Kabupaten Pandeglang, persisnya pelabuhan Sumur dengan estimasi biaya mencapai ratusan ribu.

Bagi wisatawan domisili Jakarta dan sekitarnya, bisa memanfaatkan jalur kereta tujuan Rangkasbitung dari Stasiun Tanah Abang. Setiba di Rangkasbitung, tersedia banyak angkutan umum atau mobil Elf untuk dijadikan tumpangan menuju Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Selanjutnya, perjalanan dapat diteruskan dari Pelabuhan Sumur menuju Taman Nasional Ujung Kulon menggunakan kapal. Namun, jika ingin langsung menyeberang ke Pulau Peucang, Anda bisa menyewa perahu. Kedua jenis kendaraan laut ini bisa ditemukan dengan mudah karena berlabuh di dermaga. Untuk kapal sendiri, wisatawan dimungkinkan memesan tipe rombongan atau umum.

Pada kapal tipe umum, biasanya penumpang harus menunggu kursi penuh, dan opsi ini kerap dipilih oleh solo traveller. Sementara jika Anda datang bersama rombongan, maka sebaiknya langsung menyewa tipe rombongan agar tidak perlu menunggu lama lagi, juga dalam rangka merealisasikan cara murah ke Pulau Peucang.

Pada prinsipnya, tarif kapal akan semakin murah seiring bertambahnya jumlah penumpang. Untuk itu, sebaiknya hindari bepergian sendiri terutama pada kunjungan pertama kali. Tidak hanya masalah kapal, tetapi juga akan meringankan sewa mobil Elf, sekaligus mempermudah proses perjalanan Anda.

Lebih jauh, datang beramai-ramai akan menambah keseruan perjalanan, di mana bisa membuat pengalaman Anda lebih berkesan. Di tempat yang baru pertama kali dikunjungi, ada baiknya jika mengenal orang lain agar tidak mati gaya sendirian.

Adapun estimasi biaya yang harus dikeluarkan dengan asumsi berangkat dari Stasiun Tanah Abang, yaitu setidaknya Rp900.000. Tiket kereta menuju Rangkasbitung per orang dibanderol senilai Rp8.000, sewa mobil Elf sebesar Rp300.000. Selanjutnya, sewa kapal dipatok sejumlah Rp600.000, serta tiket masuk ke Pulau Peucang kurang lebih Rp5.000-an.

Perlu diketahui, tarif tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak-pihak manajemen yang terkait. Maka dari itu, sebaiknya persiapkan budget lebih untuk berjaga-jaga, barangkali harga sewa setiap kendaraan maupun tiket masuk destinasinya mengalami perubahan.

Sekarang bayangkan, jika Anda bepergian sendiri, bukankah total biaya yang harus ditanggung terbilang cukup besar?

Mengenal Eksotisme Pulau Peucang

Di bagian timur Taman Nasional Ujung Kulon, Anda akan menemukan Pulau Peucang membentang gagah dengan segala eksotisme yang siap memanjakan mata. Sebutan Peucang disinyalir terinspirasi dari hewan semacam siput yang banyak hidup di kawasan ini. Namun, sebagian orang menganggap bahwa nama tersebut diadopsi dari bahasa Sunda untuk menggambarkan hewan serupa kancil.

Terlepas dari asal-usul penamaan, keindahan Pulau Peucang memang tidak bisa dielakkan. Menyajikan lanskap artistik dengan perpaduan hamparan pasir putih, air bergradasi biru kehijauan, hingga intensitas ombak yang relatif tenang. Selain itu, wisatawan dimungkinkan untuk menyaksikan aneka jenis hewan seperti monyet ekor panjang, rusa, dan bahkan babi hutan di sekitar penginapan.

Belum lagi, dengan adanya pepohonan hijau yang tumbuh subur di sepanjang pesisir pantai. Tak pelak, menciptakan kesan damai bersama embusan angin sepoi dan aroma khas air garam. Karena berada di kawasan taman konservasi, kebersihan lingkungan Pulau Peucang juga relatif lebih terjamin.

BACA JUGA : Menjelajahi Padang Rumput Cidaon Ujung Kulon

Selain destinasi berbasis alam, pengunjung pun dimungkinkan untuk melihat-lihat situs kuno peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda. Di tempat ini, tersisa jejak konstruksi dermaga di Cibom dan Tanjung Layar, di samping keberadaan menara mercusuar. Sederhananya, selain terdapat cara murah ke Pulau Peucang, Anda juga berpeluang merasakan pengalaman tak terlupakan.

Aktivitas Liburan di Pulau Peucang

Beberapa spot favorit di Pulau Peucang di antaranya Legin Coba, Ciapus, dan Citerjun. Ketiga lokasi ini mampu menghadirkan pengalaman snorkelling terbaik kepada para pengunjung. Betapa tidak, panorama bawah lautnya sangat indah di mana Anda akan menemukan beragam biota di antara keasrian terumbu karang warna-warni.

Tidak hanya berenang atau menyelam, pastikan pula Anda mengabadikan kegiatan selama liburan, termasuk ketika menjelajahi keindahan bawah laut. Namun demikian, jangan sampai merusak lingkungan yang sedemikian terjaga. Hindari memotong bagian terumbu karang demi mengumpulkan kenang-kenangan, atau menyentuh serta menginjak tanaman laut tersebut.

Lebih jauh, cara murah ke Pulau Peucang adalah dengan menginap selama beberapa hari. Ini memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman totalitas di mana dapat menyaksikan fenomena matahari terbit maupun tenggelam. Lalu ketika malam tiba, Anda akan ditemani kerlap-kerlip bintang di angkasa raya.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !