DCF Dieng yang Menarik Wisatawan hingga Mancanegara

Funtrips Tour > Blog > DCF Dieng yang Menarik Wisatawan hingga Mancanegara
DCF Dieng yang Menarik Wisatawan hingga Mancanegara

Dieng dikenal dengan sebuah tanah para Dewa. Dataran tinggi di Jawa Tengah ini dianugerahi alam yang indah dan tanah yang begitu subur. Selain menikmati alamnya yang mempesona, banyak wisatawan datang untuk bisa mengikuti festival budaya atau DCF Dieng yang menampilkan banyak atraksi menarik.

Rentetan Acara DCF Dieng

Ada begitu banyak acara yang disajikan panitia DCF Dieng. Beberapa acara yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung di saat festival ini yakni sebagai berikut.

Pertama, ada pertunjukan musik jazz. Pertunjukan musik jazz dari penyanyi papan atas merupakan salah satu bagian dari festival budaya di Dieng. Walaupun saat malam hari udaranya semakin dingin, tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk melihat pertunjukan musik ini. Saat malam hari, suasananya memang lebih asyik apalagi untuk wisatawan yang datang beramai-ramai dengan teman-teman dekat.

Jika merasa dingin, Dieng memiliki minuman khas yang menghangatkan yaitu purwaceng. Minuman tradisional yang dibuat dari bahan-bahan herbal tersebut merupakan salah satu yang wajib wisatawan coba saat berkunjung ke Dieng. Banyak penjual yang menawarkan purwaceng, baik yang diseduh di tempat atau dalam bentuk instan untuk dibawa pulang.

Acara yang tak kalah menarik selanjutnya yakni kesenian tradisional. Ada banyak kesenian yang dipertunjukan dalam festival ini seperti lengger, barongsai kali wetan, angklung dan masih banyak kesenian yang mencuri perhatian lainnya. Ada juga kesenian pementasan wayang kulit yang dilaksanakan semalam suntuk sehingga bagi yang suka begadang bisa menikmati kesenian ini.

Dan mungkin yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak pengunjung yakni kirab budaya khususnya acara pemotongan rambut bocah gimbal. Acara ini sangat khas dimana ada ritual pemotongan rambut bocah gimbal Dieng yang sakral.

Ketika malam menjelang, festival pun masih berlanjut dengan penerbangan lampu lampion di langit Dieng. Tidak hanya itu, ada juga pesta kembang api yang semakin membuat meriah acara DCF dieng. Pesta kembang api biasanya dilakukan saat acara penutupan festival.

Objek Wisata Apa Saja yang Bisa Dinikmati Saat DFC

Jika Anda sudah membeli tiket untuk acara festival budaya Dieng, buat jadwal untuk melihat telaga warna yang mempesona. Keindahan danau sulfur yang memiliki air berwarna unik merupakan salah satu daya tarik wisata Dieng. Jika dilihat dari kejauhan, air di danaunya kadang terlihat hijau, kadang biru, kuning, dan lainnya. Saat matahari cerah, pemandangan air danau atau telaga ini akan terlihat semakin indah.

Keindahan dari telaga warna Dieng akan semakin sempurna saat wisatawan melihatnya dari bukit. Perbukitan di sekeliling danau akan terlihat jelas dan semakin memperindah pemandangan yang ada. Udaranya pun sangat sejuk, walaupun tetap dengan bau sulfur atau belerang. Wisatawan dapat menggunakan masker agar bau belerang tidak terlalu menusuk ke hidung.

BACA JUGA : Rangkaian Acara Menarik Selama Dieng Cultur Festival

Selain pesona keindahan telaga warna, wisatawan yang datang untuk festival budaya Dieng sebaiknya juga mampir ke kompleks candi arjuna sebelum proses ritual pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Tempat ini sangat indah dengan beberapa candi yang berjajar rapi.

Pemandangan pagi hari di kompleks candi begitu indah. Ornamen indah di dinding candi dengan arsitektur bangunan yang khas Jawa kuno menghiasi candi-candi di kompleks ini. Di sekelilingnya banyak ditumbuhi pepohonan cemara yang hijau dan tinggi. Udaranya sangat sejuk dan bersih. Jadi wisatawan bisa menikmati suasana yang lebih tenang saat pagi hari di kawasan candi Dieng ini.

Sedangkan pada malam hari, khususnya saat perayaan festival, kawasan ini menjadi lebih indah dengan beberapa lampu. Namun perlu diingat, udaranya akan semakin dingin sehingga wisatawan sebaiknya sudah siap dengan jaket tebal dan sarung tangan.

Bagi para kaum muda yang datang ke festival Dieng, sempatkan juga untuk berpetualang ke bukit setinggi 2100 mdpl. Tebing batu ini terbentuk dari aktivitas vulkanik Dieng yang kini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Tersedia anak-anak tangga untuk wisatawan mendaki ke atas puncak bukti. Walaupun menguras tenaga, Anda tidak perlu khawatir karena saat sampai di puncak semuanya akan terbayar lunas.

Pemandangan Dieng yang begitu luas dengan warna-warna hijau menyegarkan mata. Lokasi ini juga menjadi spot favorit bagi para wisatawan untuk menikmati pemandangan telaga warna dari ketinggian. Traveler yang berhasil mencapai puncak bukit dapat berfoto-foto dengan latar pemandangan yang indah dari telaga warna. Ada juga jembatan merah di sekitar kawasan ini yang bisa menjadi spot foto liburan Anda.

Bagi Anda yang tidak ingin kelewatan acara DCF Dieng ini, Anda bisa segera bergabung dengan open trip yang biasa diadakan di kota Anda. Anda tidak perlu repot memesan tiketnya langsung ke pihak pengelola DCF karena sudah diurus semua sama pihak agen open trip yang diikuti.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !