Dieng Festival: Acara Tahunan di Negeri Atas Awan

Funtrips Tour > Blog > Dieng Festival: Acara Tahunan di Negeri Atas Awan
Dieng Festival

Dieng merupakan dataran tinggi yang terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Setiap tahunnya, Dieng Festival atau kerap dikenal dengan sebutan Dieng Culture Festival atau DCF selalu diselenggarakan sebagai bentuk pelestarian kebudayaan setempat. 

Di Tahun 2022 sendiri DCF digelar untuk masyarakat umum pada hari Jumat sampai Minggu yakni tanggal 2 hingga 4 September 2022. 

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, di mana DCF diselenggarakan secara tertutup karena pandemi Covid-19. Selain itu, festival juga hanya dapat dinikmati secara virtual. Karena baru dibuka setelah dua tahun, tentunya banyak wisatawan yang antusias untuk menyaksikan acara tahunan ini.

Nah, jika kamu salah satunya dan berencana untuk menikmati keseruan festival di negeri di atas awan ini, ada beberapa tips yang perlu kamu persiapkan sebelumnya.

Tips Sebelum Datang ke Dieng Festival 

Selalu Pastikan Badan Dalam Kondisi Fit 

Sebelum datang ke acara DC, pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan fit. Mengingat Dieng merupakan daerah dengan suhu yang cukup ekstrim. Bahkan, setiap bulan Agustus, suhu di Dieng bisa mencapai -1 derajat celcius.

Suhu udara yang sangat dingin ini tentu tidak boleh diremehkan, Terlebih bagi kamu yang terbiasa hidup di daerah panas. 

Selain itu, banyaknya wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang berkunjung sering kali membuat jalanan menjadi macet total. Oleh sebab itu sangat penting bagi kamu untuk bersiap menempuh perjalanan yang panjang serta melelahkan.

Cek Lainnya :  Tips Backpacker Ke Pulau Komodo Dari Jakarta Dan Kisaran Budgetnya

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Banyaknya masyarakat yang ingin menyaksikan keseruan Dieng Festival membuat tiket DCF bisa ludes dalam waktu yang cukup singkat.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemesanan tiket DCF jauh-jauh hari sebelum penyelenggaraan. Kamu bisa memesannya secara online melalui pihak resmi atau ikut paket tour untuk pemesanan yang lebih mudah.

Lakukan Pengecekan Kendaraan Sebelum ke Kawasan Dieng

Sebagai dataran tinggi jalan menuju Dieng berupa tanjakan. Bahkan kadang ada juga beberapa jalan yang terjal dan berkelok. Oleh sebab itu lakukan pengecekan kendaraan sebelum berangkat ke sana agar perjalanan bisa berjalan lancar. 

Selain kondisi bahan, rem dan mesin juga harus dalam kondisi prima. Sebelum keberangkatan, kamu juga bisa membiasakan diri terlebih dahulu dengan medan-medan menanjak.

Booking Penginapan

Selain transportasi kamu juga perlu menyiapkan akomodasi untuk bermalam. Ada banyak penginapan mulai dari villa, hotel, homestay, kost dan lainnya. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu. Usahakan memilih penginapan yang tidak jauh dari venue atau tempat acara. Sehingga kamu tidak akan terlalu jauh berjalan kaki. 

Bukan hanya itu saja, jika kamu membawa kendaraan pribadi ke Dataran Tinggi Dieng. Maka wajib memilih penginapan yang menyediakan fasilitas berupa lahan parkir. Dengan begitu kamu bisa memarkirkan kendaraan di sana, sehingga tak perlu lagi mencari lahan parkir lainnya. 

Nah, untuk mendapatkan penginapan yang nyaman dan strategis, kamu bisa reservasi jauh-jauh hari sebelum acara Dieng Festival berlangsung.

Gunakan Baju Hangat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kawasan yang juga dikenal dengan sebutan negeri para Dewa ini memiliki suhu yang cukup dingin. Meski kondisi tubuh dalam keadaan prima, sebaiknya tetap gunakan pakaian atau baju hangat untuk menjaga suhu tubuh. 

Untuk siang hari, biasanya dataran tinggi Dieng akan berada di suhu 19 derajat celcius. Sementara saat pagi hari suhu di Dieng bisa berada di bawah 10 derajat celcius. Kamu bisa membayangkan bukan bagaimana dinginnya pada suhu tersebut? Jadi persiapkan pakaian hangat kamu dan jika perlu bawa jaket tambahan. 

Cek Lainnya :  Rincian Estimasi Biaya Wisata ke Bromo

Jangan Pakai Kendaraan Saat Hendak ke Venue atau Tempat Acara

Sebagai salah satu acara tahunan wajib, banyak pihak yang antusias datang memeriahkan Dieng Festival. Kamu bisa membayangkan akan ada banyak orang yang berada di venue atau tempat acara. Bahkan jalan menuju venue juga akan padat. Oleh sebab itu sebaiknya jangan pakai kendaraan ketika kamu dan rombongan akan ke venue. 

Salah satu solusi yang bisa dilakukan ada dengan memarkirkan kendaraan pada hotel maupun homestay tempat kamu menginap. Dengan begitu kamu akan terhindar dari macet dan bisa langsung beristirahat. 

Datang Lebih Awal

Kondisi jalanan yang macet total ketika acara Dieng Festival dimulai sepertinya memaksa kamu untuk datang lebih awal.

Salah satu tujuannya adalah agar kamu bisa memperoleh spot ideal untuk menikmati pagelaran Dieng Culture festival di tahun 2023 nanti. Tak hanya itu saja, ketika datang lebih awal kamu juga bisa terhindar dari kemacetan pada detik-detik atau waktu terakhir penyelenggaraan acara. 

Kamu bisa datang h-1 sebelum DCF dimulai dan bermalam di penginapan yang berjarak dekat dengan lokasi acara. Dengan begitu, saat hari H kamu sudah berada dekat dengan lokasi acara.

Jangan Minum Terlalu Banyak 

Perlu kamu sadari, dalam kondisi suhu yang dingin, badan akan cukup sulit untuk mengeluarkan keringat. Artinya, kemungkinan besar badan akan mengeluarkan cairan lewat air kecil. Nah, untuk mengantisipasi kamu bolak-balik ke kamar mandi dan dapat menikmati acara Dieng festival hingga selesai sebaiknya jangan terlalu banyak minum.

Meskipun memang akan tersedia toilet di tempat acara atau venue, namun ketika sering buang air kecil maka kamu perlu menerobos kerumunan penonton lainnya. Hal ini akan sangat merepotkan dan membuang banyak waktu. Bahkan akan cukup sulit bagi kamu untuk kembali ke spot nyaman sebelumnya. 

Cek Lainnya :  Penginapan Murah Di Dieng Homestay Puspa Indah

Pantau Jadwal Transportasi untuk Pulang

Selain menggunakan akomodasi pribadi, kadang beberapa orang justru lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum, seperti halnya bus maupun travel. 

Jika kamu juga termasuk pengunjung yang menggunakan transportasi umum saat ke Dieng Festival sebaiknya selalu perhatikan jadwal keberangkatan transportasi umum untuk kembali pulang ke rumah.

Apalagi jika sudah ada jadwal lagi setibanya di rumah. Jangan sampai kamu ketinggalan kendaraan untuk pulang dan akhirnya harus membuat ulang jadwal aktivitas. Pada acara Dieng Culture Festival sebelumnya, kebanyakan para pengunjung akan mulai pulang sebelum siang di hari terakhir. Sesuaikan saja dengan agenda kamu.

Simpan Barang Berharga dengan Aman

Tips lainnya saat kamu ingin berkunjung ke Dieng Culture Festival adalah sampan barang berharga dengan aman. Tujuannya adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

Di tempat ramai akan jadi celah bagi beberapa pencopet. Jadi sebaiknya simpan barang kamu dengan benar atau lebih baik tinggalkan beberapa barang berharga di penginapan.

Selama acara diselenggarakan 3 hari 2 malam, ada banyak rangkaian acara yang bisa kamu dan rombongan nikmati. Nah, agar kamu bisa menikmati acara dengan maksimal, sebaiknya lakukan persiapan dari jauh hari ya. Sehingga hal yang tidak diinginkan bisa terminimalisir.

Selain itu perhatikan pula beberapa tips yang ada di atas. Bagi kamu yang tidak ingin repot mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, kamu bisa langsung daftar trip dieng ke Fun Trips Tour. 

Semua kebutuhan kamu mulai dari transportasi, penginapan hingga tiket DCF akan disiapkan.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !