Liburan Eksotis dan Estimasi Biaya ke Labuan Cermin

Funtrips Tour > Blog > Liburan Eksotis dan Estimasi Biaya ke Labuan Cermin
Liburan Eksotis dan Estimasi Biaya ke Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin di Kalimantan ini mempunyai pemandangan alam yang mengagumkan. Danau eksotis satu ini juga disebut dengan danau dua rasa karena keunikannya. Danau terkenal yang menjadi daya tarik wisata ini akan diulas dalam informasi dibawah ini dan estimasi biaya ke Labuan Cermin sehingga anda bia menjadikannya sebagai rekomendasi tempat liburan.  

Sekilas Tentang Danau Labuan Cermin

Danau eksotis ini terletak di Kecamatan Biduk Biduk di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Danau terkenal ini juga seringkali disebut dengan danau dua rasa. Hal ini karena danau ini sangat unik yaitu perpaduan antara air asin pada bagian dalam sedangkan air tawar di bagian permukaan. 

Walau perjalanan yang ditempuh tidak bisa dilakukan dengan mudah dan biaya ke Labuan Cermin juga tidak murah, namun bila anda sudah sampai ke lokasi danau, lelah dan perjuangan anda akan terbayar dengan keindahan alamnya. Untuk menuju ke lokasi anda bisa terbang ke Bandara Kalimarau dan melanjutkan perjalanan darat 8 jam ke arah Biduk Biduk

Alasan Kenapa Harus Ke Danau Labuan Cermin 

  1. Danau Eksotis Alami yang Unik

Danau unik Labuan Cermin ini berbatasan wilayah perairan langsung dengan Sulawesi. Lokasi danau eksotis ini masih dikelilingi banyak hutan bakau dan juga bukit bukit tinggi. Bentang alam inilah yang menjadi salah satu sumber air tawar yang masuk ke danau. Air tawar ini akan terperangkap sebelum akhirnya akan mengalir ke laut. 

Hal inilah yang menjadikan danau Labuan Cermin mempunyai dua rasa air. Karena kedua jenis air ini bertemu dan terperangkap di dalam danau yang akan mengalir ke laut. Kedalaman danau Labuan Cermin sekitar 13 meter kurang lebih. Keindahan alam dan juga kejernihan airnya menjadi tempat hidup biota air yang juga tak kalah memukau. 

  1. Biota Bawah Danau dan Ekosistem Sekitar Danau
Cek Lainnya :  Yuk Simak Tips Backpacker ke Jogja dari Bandung

Dahulu danau Labuan Cermin adalah tempat menangkap ikan favorit para nelayan. Banyak terdapat jenis ikan disini karena air nya yang unik. Bbeerapa jenis ikan yang sering ditemukan antara lain seperti ikan kakap merah yang hidup di air asin, kemudian ada juga ikan jenis air tawar seperti ikan kampuleng atau sejenis ikan bandeng. 

  1. Kearifan Lokal Penduduk Setempat 

Sebagian besar penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan. Daerah Biduk Biduk mempunyai populasi sebesar kurang lebih 6 ribu orang yang tinggal di empat desa yang berbeda. Keempat desa tersebut adalah desa Pantai Harapan, Giring-Giring, Tanjung Perepat, dan Biduk Biduk.

walaupun kebanyakan profesi penduduk setempat sebagai nelayan, namun daerah ini juga dikenal sebagai penghasil kerajinan perahu yang terkenal. Anda bisa berkeliling dan mengunjungi lokasi kerajinan unik satu ini. Latar pemandangan alam yang indah diiringi dengan budaya penduduk setempat pasti akan membuat pengalaman liburan anda berkesan. 

Estimasi Biaya ke Labuan Cermin yang Dikeluarkan Bila Berkunjung 

  1. Biaya Menuju Lokasi Wisata

Salah satu cara menuju ke lokasi danau Labuan Cermin adalah dengan cara jalur udara. Estimasi Biaya ke Labuan Cermin yang dikeluarkan sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 900 ribu. Perjalanan bisa anda lakukan dari Jakarta ke Bandara Sepinggan, Balikpapan. Selanjutnya perjalanan bisa anda lanjutkan ke Bandara Kalimarau dengan estimasi Rp 1 jutaan. 

BACA JUGA : Yuk Intip Biaya Ke Pulau Maratua Berau

Setelah sampai di bandara, anda bisa menyewa travel agar lebih praktis dalam berwisata. Banyak agen travel yang akan menawarkan anda kemudahan transportasi mencapai lokasi wisata. Biaya yang ditawarkan cukup beragam dari mulai Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu per harinya, dan biaya ini belum termasuk bahan bakar. 

  1. Biaya Penginapan 
Cek Lainnya :  Berlibur Menggunakan Paket Tour Pulau Pari

Bila anda ingin staycation atau menginap dalam waktu lama, anda juga menyewa penginapan yang sudah tersedia di aera sekitar wisata danau. Penginapan yang disediakan terletak tak jauh dari lokasi danau yaitu di daerah Desa Labuan Kelambu. Harga penginapan berkisar di antara Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu saja per malam. 

  1. Biaya di Lokasi Wisata 

Biaya masuk atau tiket masuk ke lokasi wisata ini masih gratis. Tetapi bila anda ingin lebih menikmati kunjungan dengan menyewa perahu untuk berkeliling danau, maka anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 100 ribu. Biaya ke Labuan Cermin ini cenderung terjangkau karena masih tergolong wisata alami yang baru. 

Itulah ulasan singkat tentang Danau Labuan Cermian sebagai tujuan wisata selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Wisata alam memang menyenangkan dilakukan bersama keluarga dan kawan. Namun selalu ingat ya untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah selama berwisata. Selama berlibur!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !