Rincian Estimasi Biaya ke Bromo dan Panduan Wisatanya

Funtrips Tour > Blog > Rincian Estimasi Biaya ke Bromo dan Panduan Wisatanya
Rincian Estimasi Biaya ke Bromo dan Panduan Wisatanya

Bromo merupakan salah satu kawasan wisata populer yang berada di Jawa Timur. Banyak sekali wisatawan dari luar kota dan luar jawa hingga wisatawan mancanegara yang tidak lupa untuk menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kawasan wisata ini ketika menginjakkan kaki di tanah Jawa Timur. Sebelum berwisata, ada rincian biaya ke Bromo yang harus dipersiapkan oleh para wisatawan dengan matang.

Spot Wisata Dan Biaya ke Bromo yang Menarik

Berwisata ke Bromo merupakan opsi yang sangat tepat. Kawasan wisata tersebut sudah popular sejak dahulu karena adanya panorama gunung berpasir yang eksotik dan instagramable. Pasir berbisiknya menjadi khas tersendiri dari kawasan wisata ini. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Bromo karena rasa penasarannya yang membuncah ketika melihat salah satu akun sosmed memposting panorama gunung Bromo. Bahkan ketika dikunjungi pun, wisata ini tidak mengecewakan wisatawan.

Kawasan wisata Bromo mempunyai lima site yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Site Mentingen, Site Pananjakan, Site Bukit Kedalu, Site Savana Teletubbies, dan Site Bukit Cinta. Kelima site tersebut sangat sayang jika dilewatkan Ketika para wisatawan berkunjung kesana. Sehingga persiapan budget adalah keharusan yang wajib dilakukan oleh para wisatawan sebelum berangkat.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke kawasan Bromo, seperti naik kuda, berfoto, melihat sunrise atau matahari terbit, dan lain sebagainya. Akan tetapi kegiatan yang dilakukan di kawasan Bromo dibatasi untuk anak-anak dan lansia karena membutuhkan fisik yang benar-benar fit. Anak-anak dan lansia sangat rentan sakit jika berkegiatan di kawasan Bromo. Kegiatan wisata juga dibatasi untuk wisatawan dengan bawaan penyakit jantung, asma, dan lain-lain.

Persiapan Budget untuk Rincian Estimasi Biaya ke Bromo

Ketika berwisata ke Bromo, wisatawan harus mempersiapkan budget untuk transportasi, tiket masuk, biaya kegiatan, dan lain sebagainya. Biaya transportasi tergantung dengan lokasi keberangkatan karena jika berangkat dari kota yang letaknya jauh dari Bromo pasti biayanya juga semakin mahal. Jika berangkat dari Jakarta, total estimasi biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 183 ribu per orang. Biaya ke Bromo tersebut merupakan total biaya transportasi beserta charter ke transportasi lain.

Estimasi biaya Rp 183.000 per orang harus dikeluarkan oleh wisatawan jika menggunakn transportasi kereta api. Kereta api yang bisa dipilih untuk menuju ke Malang antara lain KA Bima, Jayabaya, Malabar, Gajayana, Mutiara Selatan, dan Matarmaja. Untuk keberangkatan bisa memilih dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Harga termurah yakni KA Matamarja dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, harga tiketnya yakni Rp 150.000.

Sementara itu jika memilih naik bus, total estimasi biaya per orang yakni sekitar Rp 329.000 per orang dengan rincian harga tiket bus Medali Emas Rp 300.000, Lorena Rp 320.000, dan Gunung Harta Rp 300.000. Wisatawan bisa memilih salah satu bus yang dirasa paling menekan budget. Setelah tiba di Stasiun Malang, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Bromo menggunakan angkutan Bison ke Cemoro Lawang atau angkutan umum ke Terminal Bayu Angga.

Jika wisatawan memilih naik pesawat, budget yang harus disiapkan adalahs sekitar Rp 464.000 per orang. Para wisatawan dapat memesan tiket pesawat dengan tujuan Bandara Juanda. Setelah sampai di bandara, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan darat menggunakan bus DAMRI ke terminal Bungurasih. Sampai di terminal, wisatawan harus charter bus untuk menuju ke terminal Arjosari. Sesampai disana, wisatawan harus charter lagi menggunakn angkutan umum ke terminal Bayu Angga.

BACA JUGA : Panduan Mengatur Biaya ke Bromo dari Jakarta

Sampai di terminal, wisatawan charter angkutan Bison menuju ke Cemoro Lawang. Harga tiket pesawat paling murah dari Jakarta ke Bandara Juanda adalah pesawat Citilink yakni sekitar Rp 385ribu per orang. Untuk biaya bus DAMRI dari bandara Juanda ke terminal Bungurasih adalah Rp 30ribu. Harga tiket bus dari terminal Bungurasih ke Terminal Arjosari adalah sekitar Rp 20ribu-25ribu. Biaya angkot ke terminal Bayu Angga Rp 4ribu, dan biaya angkot Bison ke Cemoro Lawang adalah Rp 25ribu.

Sehingga estimasi biaya ke Bromo untuk transportasi berbeda-beda. Untuk tiket masuknya, di hari biasa adalah Rp 29ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 220ribu untuk wisatawan mancanegara. Di hari libur, tiket masuknya adalah Rp 34ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 320ribu untuk wisatawan mancanegara. Biaya retribusi kendaraan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 10ribu, kendaraan roda 2 adalah Rp 5ribu, sepeda adalah Rp 2ribu, dan kuda adalah Rp 1500.

Itulah rincian estimasi biaya ke Bromo yang harus dipersiapkan oleh para wisatawan jika berangkat dari Jakarta. Untuk biaya lainnya terkait penginapan, fotografer, dan lain sebagainya bisa diketahui oleh para wisatawan ketika sedang berada disana. Oleh karena itu, para wisatawan harus mempersiapkan budget dengan matang sebelum berangkat ke Bromo.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !