Estimasi Biaya Liburan ke Malang

Funtrips Tour > Blog > Estimasi Biaya Liburan ke Malang
Estimasi Biaya Liburan ke Malang

Relatif terhadap pusat keberangkatan dan moda transportasi yang Anda gunakan, estimasi biaya liburan ke Malang jelas akan sangat bervariasi. Namun umumnya, jika berasal dari Pulau Jawa, para wisatawan lebih suka memakai kereta alih-alih pesawat. Situasi menjadi berbeda bagi pengunjung dari luar Pulau Jawa, biasanya mereka harus melewati jalur udara dan memilih turun di Bandara Juanda.

Merencanakan Biaya Liburan ke Malang

Kota Malang dan sekitarnya memang terkenal akan sektor pariwisata, khususnya Kota Batu yang dulu menjadi bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Malang, tetapi kini sudah punya otonomi sendiri. Banyak orang menjadikan kawasan ini sebagai tujuan liburan akhir tahun atau momen tertentu dan ternyata Anda termasuk salah satunya.

Jika status Anda saat ini sebagai mahasiswa atau pekerja, pastikan untuk menyelesaikan tugas-tugas kampus atau kantor terlebih dahulu sebelum mulai bepergian. Tentu, Anda tidak ingin liburan berubah jadi tidak menyenangkan karena dibayangi beban tanggung jawab, bukan? Maka dari itu, tuntaskan urusan di domisili asli sebelum mulai menjelajahi sudut-sudut Malang Raya.

Bicara tentang perencanaan biaya liburan ke Malang, ada baiknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan. Cobalah untuk mencari referensi selengkap mungkin mengenai pengalaman wisatawan lain, khususnya dalam hal manajemen keuangan. Namun yang pasti, tarif hidup selama di Malang termasuk salah satu terendah di Indonesia sampai saat ini.

Betapa tidak, di sini Anda dapat menikmati sepiring soto, lalapan, atau bakso dengan harga mulai dari Rp7.000-an, bahkan bisa kurang jika cukup beruntung menemukan warung yang tepat. Begitu pula dengan kafe-kafe hits yang dapat Anda temukan di banyak ruas jalan. Belum lagi, tarif penginapan dibanderol relatif bersahabat di dompet berbagai kalangan, khususnya mahasiswa dan pelajar.

Namun demikian, bukan berarti Anda boleh boros selama momen liburan. Lagi pula, yang paling utama, jangan sampai menggunakan dana darurat atau bahkan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif sejenis ini. Akan lebih bagus jika Anda membuka rekening tabungan khusus untuk memenuhi estimasi biaya menyeluruh, termasuk tapi tidak terbatas pada harga tiket masuk ke objek wisata.

Bagi mahasiswa yang belum berpenghasilan sama sekali, cobalah untuk menyisihkan 25% dari total uang bulanan kiriman orang tua setiap bulannya. Alternatif lain, Anda bisa mencari job freelance atau part time sambil tetap menjalankan studi sebaik-baiknya. Menabung sedikit demi sedikit mungkin akan terasa lama, namun efeknya jelas terasa.

Tidak hanya mengatur uang untuk liburan, Anda pun akan menyadari bahwa literasi finansial mengalami peningkatan cukup signifikan. Tersedia banyak job part time yang sekarang dapat diambil oleh mahasiswa, salah satu di antara paling mudah yaitu menjadi tutor privat di lembaga bimbingan belajar daring maupun luring.

Situasi sedikit berbeda bagi para pekerja dengan penghasilan mandiri. Tentu, Anda bisa menyisihkan gaji lebih banyak dibanding para mahasiswa sehingga modalnya relatif cepat terkumpul. Masalahnya, kebanyakan karyawan biasanya memiliki kredit untuk kebutuhan konsumtif, terlebih dengan maraknya pay later di berbagai dompet digital masa kini.

Menyikapi situasi tersebut, ada baiknya Anda menghindari utang yang bersifat konsumtif. Menabung masih lebih menenteramkan alih-alih dibebani tagihan setiap bulannya. Jangan menggampangkan diri ketika mengambil pinjaman, aturlah gaji dengan baik agar keperluan biaya liburan ke Malang Anda segera terpenuhi.

Mengenal Potret Kehidupan di Malang

Lebih jauh, Malang memiliki beragam desa wisata dengan daya tariknya masing-masing. Anda bisa memilih sesuai selera, di mana semuanya punya keunggulan yang memikat. Untuk mendatangi tempat-tempat ini pun, Anda dapat menggunakan moda transportasi darat berupa angkot atau minibus. Tarif perjalanan per trayek biasanya flat di nominal Rp 5.000-an.

Angkot bisa Anda temukan di berbagai tempat dan umumnya parkir di pinggir jalan. Tidak perlu ragu bertanya kepada warga setempat atau sopir jika mengalami kebingungan karena mereka akan menunjukkan arah dengan senang hati. Hanya saja, seiring maraknya ojek dan taksi online, kegiatan operasional angkot-angkot mulai terbatas.

Maka dari itu, jika menyukai petualangan intens seperti berkenalan dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat, sangat disarankan untuk memakai moda transportasi umum. Nantinya selama di perjalanan, Anda dapat bertanya kepada sopir mengenai gambaran kehidupan di Kota Malang hingga saat ini.

Aktivitas sejenis itu akan meninggalkan kesan lebih mendalam dibanding hanya sekadar mampir, lalu pulang ke kampung halaman. Tentu, setiap pilihan memiliki konsekuensi, Anda barangkali akan merasakan kelelahan lebih banyak saat benar-benar melakukannya.

BACA JUGA : Pertimbangan Memilih Biro Wisata Malang

Ada berbagai hal yang bisa Anda temukan di bilangan Malang Raya, mulai dari wisata alami hingga buatan. Ada Jawa Timur Park, Jodipan, Desa Wisata Pujon Kidul, pantai di bagian selatan, dan masih banyak lagi. Semua bisa disambangi dengan mudah asal biaya liburan ke Malang terpenuhi secara optimal. Untuk menghemat, buatlah daftar destinasi yang sekiranya sesuai ekspektasi Anda.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !