Pemandangan Indah dari Gunung Prau di Malam Hari

Funtrips Tour > Blog > Pemandangan Indah dari Gunung Prau di Malam Hari
Pemandangan Indah dari Gunung Prau di Malam Hari

Salah satu destinasi wisata dengan pemandangan alam terbaik adalah Gunung Prau yang berada di daerah Dieng, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini dipenuhi dengan padang rumput yang sangat luas dari wilayah timur hingga bagian baratnya. Tidak hanya pagi ataupun siang hari, Gunung Prau Di Malam Hari juga menyuguhkan pemandangan terbaik dengan banyaknya cahaya dari rumah penduduk sekitar.

Pesona Alam Gunung Prau Di Malam Hari

Gunung Prau Malam Hari memiliki pesona yang banyak menarik perhatian wisatawan. Tidak hanya dapat menikmati banyaknya cahaya dari lampu rumah warga, namun juga keindahan Milky Way di langit yang sangat mempesona. Bahkan sebagian besar publik berhasil mengabadikan momen tersebut dimana tidak setiap wisatawan dapat menyaksikannya. Keindahan Milky Way dengan pemandangan gunung serta awan di daerah tersebut seperti sebuah lukisan yang menakjubkan.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati suasana malam hari dengan taburan bintang di langit. Kumpulan bintang tersebut biasanya dapat terlihat dari sore hari ketika matahari sudah mulai terbenam. Anda dapat menikmati sunset dengan taburan bintang yang akan membuat liburan terasa lebih berkesan. Pendaki pemula biasanya akan merasa takjub dengan pemandangan istimewa tersebut yang dapat disaksikan di malam hari saja.

Bahkan sebagian pendaki biasanya memilih tidur di luar tenda sebelum larut malam. Hal tersebut dikarenakan Anda tidak akan menyaksikan kembali keindahan alam malam itu ketika pulang ke rumah masing-masing. Anda dapat menikmati keindahan langit di malam hari dan dilengkapi dengan panorama matahari terbit saat menjelang pagi.

Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan tiga gunung sekaligus dari lokasi yang satu ini. Pemandangan malam akan semakin terasa lengkap sambil melihat lingkungan di sekitarnya seperti Gunung Merapi, Sumbing, serta Sindoro. Gunung ini juga tidak pernah sepi oleh para pendaki yang selalu berdatangan. Bahkan, ratusan pendaki akan memenuhi gunung tersebut dalam acara tertentu seperti dalam rangka merayakan hari kemerdekaan.

BACA JUGA : Mendaki Gunung Prau Via Dieng

Aturan Serta Larangan Ketika Berada di Gunung Prau

Setiap gunung tentunya memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap pendakinya. Gunung Prau juga memiliki beberapa aturan dimana setiap pendaki wajib turun sebelum pukul 12 siang. Jadi, Anda hanya dapat mendaki gunung tersebut selama satu hari saja. Dengan adanya aturan seperti ini, Anda harus benar-benar menikmati keindahan alam dari Gunung Prau di Malam Hari yang tidak akan pernah ditemui lagi.

Gunung Prau biasanya memiliki cuaca yang sangat dingin, sehingga Anda wajib membawa peralatan kemah yang sangat lengkap. Anda beserta rombongan juga diwajibkan untuk membawa masker serta sarung tangan dengan bahan tebal.

Hal tersebut untuk menyeimbangkan suhu tubuh Anda selama pendakian. Jika tidak dipatuhi, Anda kemungkinan akan terkena resiko hipotermia karena suhu diatas gunung tidak seperti di dataran rendah.

Gunung Prau juga memiliki larangan tertentu bagi para pendakinya. Diantaranya yaitu Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada panitia pendakian. Anda juga tidak boleh membuang sampah dimana saja karena dapat mencemari lingkungan sekitar gunung. Seluruh sampah harus dikumpulkan oleh rombongan dan dibawa pulang ketika selesai melakukan kegiatan pendakian di gunung tersebut.

Terdapat pula larangan yang cukup aneh dimana di gunung ini tidak boleh menyalakan api unggun. Anda juga dilarang untuk membawa atau menyalakan api kecil lainnya. Hal tersebut memungkinkan terjadinya kebakaran hutan di gunung akibat kelalaian para pendaki. Anda juga tidak diperbolehkan untuk menebang pohon sedikitpun walaupun untuk kepentingan darurat.

Hal unik lainnya yang menjadi larangan dari gunung ini yaitu tidak diperbolehkan untuk membawa tissue basah saat pendakian. Anda juga dilarang untuk buang air kecil dalam sebuah botol. Anda dapat buang air kecil pada sungai yang ada di gunung tersebut. Hal lainnya yang menjadi larangan pendaki di gunung ini yaitu tidak boleh memetik bunga edelweiss. Hal tersebut dikarenakan bunga edelweiss ini sangat langka dan harus dilestarikan.

Ketika mendaki gunung tersebut, Anda tidak diperbolehkan untuk menyetel musik. Bahkan, untuk membawa musik box sekalipun sangat dilarang. Karena tujuan datang ke gunung ini yaitu untuk menikmati pemandangan alam yang begitu indah. Musik sendiri hadir dalam era modern dan tidak cocok jika dikaitkan dengan suasana alam. Anda juga dilarang membawa bahkan meminum minuman keras.

Larangan lainnya yang terdapat di gunung ini yaitu melakukan berbagai tindakan yang sangat tercela. Kegiatan buruk tersebut diantaranya yaitu mencuri ataupun menyimpan senjata tajam yang sangat berbahaya bagi pendaki lainnya. Kegiatan buruk lainnya yang tidak boleh dilakukan di Gunung Prau yaitu perzinahan yang akan membawa malapetaka bagi pendakinya.

Itulah beberapa keindahan dari Gunung Prau di Malam Hari dengan pesonanya yang sangat menarik publik. Meskipun memiliki keindahan abadi, Anda tidak bisa berbuat sembarangan ketika mengunjungi gunung tersebut. Jadilah pendaki yang baik dengan mematuhi segala aturan yang ada di lokasi tersebut.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !