Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Wisata Seru Bareng Teman!

Funtrips Tour > Blog > Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Wisata Seru Bareng Teman!
Itinerary-Belitung-4-Hari-3-Malam-Wisata-Seru-Bareng-Teman

Itinerary perjalanan ke Belitung akan membantu anda memaksimalkan waktu liburan. Terlebih Belitung punya banyak tempat wisata cantik yang dapat dikunjungi. Dengan adanya itinerary, maka tidak ada wisata yang akan terlewat dalam list anda. Selain itu, semua kebutuhan anda juga akan lebih diperhitungkan selama liburan. Berikut simak itinerary Belitung 4 hari 3 malam.

Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Hari Pertama: City Tour

1. Penjemputan dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin

Hari pertama, wisatawan dapat melakukan city tour. Sebab perjalanan akan dimulai dari Bandar Udara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin, yang melayani berbagai penerbangan domestik maupun internasional. Letak bandara berada di Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Jika mengikuti paket wisata, biasanya akan dipilihkan penerbangan pagi. Sehingga anda akan sampai di Bandara Internasional H.A.S Hanandjoeddin sebelum siang. Kemudian langsung diantarkan ke penginapan untuk meletakkan barang bawaan. Setelah itu, baru perjalanan city tour dimulai.

2. Pantai Burung Mandi

Ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi selama city tour. Seperti Pantai Burung Mandi yang berjarak sekitar 70 km dari bandara. Pantai ini merupakan satu satunya pantai dengan latar belakang sebuah gunung, sehingga menjadi wisata unggulan di Pulau Belitung. Dari pantai ini anda bisa melihat Pulau Tang, yang uniknya dapat dikunjungi dengan berjalan kaki apabila air laut sedang surut.

Cek Lainnya :  Melihat Keindahan Sunrise Bromo di Hotel yang Menakjubkan

3. Vihara Dewi Kwan Im

Berikutnya, itinerary Belitung 4 hari 3 malam dilanjutkan ke Vihara Dewi Kwan Im yang hanya berjarak 1,3 km saja. Vihara Buddhayana tersebut menurut catatan telah berusia lebih dari 250 tahun, sehingga dapat dikatakan sebagai vihara tertua sekaligus terbesar yang ada di Pulau Belitung. Warna merah serta detail khas Tionghoa bisa anda temukan mendominasi seluruh bangunan vihara.

4. Kota Manggar

Sekitar 18 kilometer dari Vihara Dewi Kwan Im, anda bisa mampir di Kota Manggar atau yang sering disebut sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Belitung Timur ini menyimpan banyak sekali warung kopi dengan menu khas. Tampilan luarnya memang sederhana, tapi rasanya tidak perlu ditanya. Biasanya ada juga yang menjual kopi bubuk, jadi bisa dibawa untuk oleh oleh.

5. Pantai Serdang

Masih di hari pertama, itinerary Belitung 4 hari 3 malam dapat dilanjutkan ke Pantai Serdang setelah anda makan siang. Pantai ini menghadap laut Cina Selatan, sehingga ombaknya cenderung lebih besar. Namun tidak perlu khawatir, karena keindahan pantai akan membuat anda betah meskipun tidak dapat berenang.

6. Sanggar Batik Simpor Kampoeng Ahok

Kampoeng Ahok yang berada di Desa Lenggang ini sekarang sudah berubah nama menjadi Kampoeng Fifi, atas permintaan dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Berkunjung ke sini memungkinkan wisatawan untuk melihat rumah adat asli Belitung, hingga miniatur tempat tinggal keluarga Basuki. Tidak lupa Sanggar Batik Simpor yang menyediakan kain batik simpor khas Belitung.

7. Museum Kata Andrea Hirata

Dalam pembuatan itinerary Belitung 4 hari 3 malam, tidak afdol jika anda tidak berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata. Museum yang berada tidak jauh dari Replika SD Laskar Pelangi ini adalah museum sastra pertama di Indonesia. Ada banyak koleksi Andrea Hirata yang bisa anda temukan di sini. Mulai dari literatur anak, musik, seni, hingga film.

Cek Lainnya :  Info Paket Wisata Gunung Prau Dieng, Keseruan Apa yang Akan Didapat ? 

Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Hari Kedua: Beach Tour

1. Pantai Teluk Gembira

Hari kedua dimulai dengan mengunjungi Pantai Teluk Gembira setelah makan pagi di penginapan. Pantai yang terletak di Kecamatan Membalong ini memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Pasir putih nan cantik akan langsung menyapa anda setibanya di lokasi, berpadu dengan pepohonan hijau dan birunya lautan yang membuatnya semakin tampak menawan.

2. Pantai Penyabong

Dari Teluk Gembira, Pantai Penyabong hanya berjarak sekitar 9,3 km saja. Jadi anda bisa memasukkannya dalam daftar itinerary Belitung 4 hari 3 malam. Pantai ini menawarkan pemandangan pulau pulau yang tampak jelas jika dilihat dari bibir pantai. Keindahan alam bawah lautnya pun begitu memesona, cocok untuk snorkeling.

3. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam merupakan pantai indah di pusat Kota Belitung. Ketika berkunjung ke sini, anda bisa melihat indahnya Pulau Kalima yang terletak di tengah pantai. Aktivitas yang paling disukai adalah hunting sunset. Jadi sebaiknya Pantai Tanjung Pendam memang dijadikan sebagai destinasi terakhir perjalanan liburan di Belitung pada hari kedua.

Itinerary-Belitung-4-Hari-3-Malam-Wisata-Seru-Bareng-Teman

Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Hari Ketiga: Island Hopping

1. Pantai Tanjung Kelayang

Hari ketiga saatnya menikmati indahnya pulau pulau di sekitar Belitung. Berawal dari dermaga di Pantai Tanjung Kelayang, anda dapat melakukan island hopping ke beberapa pulau. Di sini anda akan diajak jelajah pulau sekaligus snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang begitu spektakuler. 

Pulau yang bisa dijelajahi antara lain Pulau Pasir yang jika surut akan timbul pasir dengan banyak bintang laut bertebaran, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas, dan Pulau Burung. Jelajah pulau dari satu ke lainnya dilakukan dengan menyeberang laut menggunakan kapal. Ada keunikan tersendiri yang nantinya dapat anda temukan di setiap pulau tersebut.

Cek Lainnya :  Panduan Traveling Ala Backpacker Ke Labuan Bajo Dari Surabaya

2. Pantai Tanjung Tinggi

Itinerary Belitung 4 hari 3 malam wajib hukumnya memasukkan Pantai Tanjung Tinggi di dalam daftar. Pantai ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi, sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Pantai Laskar Pelangi. Para wisatawan biasanya akan melakukan sesi pemotretan, dengan view pemandangan pasir putih dikelilingi bebatuan granit.

Itinerary Belitung 4 Hari 3 Malam, Hari Keempat

1. Rumah Adat Belitung

Di hari terakhir, bukan berarti anda harus langsung pulang tanpa mengunjungi satu pun objek wisata. Setelah sarapan dan check-out penginapan, ada beberapa destinasi yang dapat dikunjungi terlebih dahulu sebelum kembali ke lokasi penjemputan di Bandara Tanjung Pandan. Salah satunya yaitu berkunjung ke Rumah Adat Belitung.

Rumah Adat Belitung berjarak sekitar 20 menit saja dari bandara. Disebut rumah panggong, dengan ornamen khas yang menghiasi seantero rumah. Di lokasi juga terdapat kostum adat masyarakat Belitung hingga replikasi properti. Jadi anda bisa berwisata sekaligus mendapatkan edukasi terkait budaya masyarakat.

2. Danau Kaolin

Perhentian terakhir dari itinerary Belitung 4 hari 3 malam yaitu Danau Kaolin. Danau bekas tambang ini mempunyai air berwarna biru muda yang cantik. Menariknya, warnanya dapat berubah tergantung cuaca. Jika cuaca mendung, airnya akan berubah menjadi hijau. Namun ketika cuaca sedang cerah, warnanya biru menyala berpadu cantik dengan daratan berwarna putih.

Berwisata 4 hari 3 malam di Belitung tentunya akan memberikan pengalaman luar biasa. Dengan keindahan Belitung yang menyimpan banyak sekali destinasi menarik, tentu liburan anda kali ini pastinya tidak akan terlupakan. Supaya tidak repot mengurus liburan sendiri, anda bisa ikut paket wisata. Apalagi sekarang sudah tersedia open trip Belitung 4 hari 3 malam yang sangat praktis untuk para wisatawan.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !