4 Jalur Pendakian Prau Dieng Terbaik untuk Pemula, Ini Informasi Selengkapnya

Funtrips Tour > Blog > 4 Jalur Pendakian Prau Dieng Terbaik untuk Pemula, Ini Informasi Selengkapnya
Prau Dieng

Prau Dieng merupakan salah satu tujuan destinasi favorit para pendaki gunung. Keindahan alam yang ditawarkan mampu membuat penjamahnya rindu untuk kembali.

Karena merupakan salah satu gunung yang ramai pengunjung, pengelolanya menyediakan banyak pilihan jalur. Berikut rekomendasi jalur pendakian Prau Dieng terbaik untuk pemula lengkap dengan lokasi basecamp, transportasi, biaya registrasi, medan hingga estimasi waktu pendakian. 

Jalur Pendakian Prau Dieng, Lokasi dan Informasi Penting Lainnya

Prau Dieng

  1. Jalur Pendakian Prau Dieng via Dieng Kulon

Dieng Kulon merupakan jalur favorit bagi para pendaki Prau yang berlokasi di Kalilembu, Dieng, Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Transportasi menuju basecamp bisa menggunakan ojek, motor, mobil, dan bus. Biaya masuknya Rp25 ribu per orang.

Jalur pendakian sampai puncak mencapai 3,1 km yang dibagi menjadi 3 pos dengan masing-masing keterangan medan sebagai berikut.

  • Basecamp ke Pos 1 berjarak 650 m atau bisa dicapai dalam waktu 30 menit. Jalanan masih didominasi bebatuan, namun masih relatif landai.
  • Pos 1 ke Pos 2 berjarak 850 m atau bisa dicapai dalam waktu 50 menit. Kondisi sekitar yaitu hutan belantara dengan jalur menanjak. Saat berhasil mencapai Pos 2, kamu akan menemui pendaki dari jalur lain. Tanahnya cukup lapang untuk beristirahat sejenak sembari mengatur nafas kembali menanjak.
  • Pos 2 ke Pos 3 berjarak 980 m atau bisa ditempuh dalam waktu 50 menit. Sepanjang menuju pos berikutnya, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang didominasi oleh pohon pinus yang rindang dengan akar menjalar di atas tanah.
  • Pos 3 ke Puncak berdurasi 620 m atau bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Perjalanan menuju ke puncak cukup mudah karena melintasi pinggir perbukitan. Jalurnya pun cukup landai, namun agak sedikit menanjak dengan trek bebatuan saat mendekati puncak.

Basecamp > Pos 1 (Gemekan) > Pos 2 (Semendung) > Bukit Akar Cinta > Pelintangan > Pos 3 (Ranger) > Batu Kayangan > Puncak, Camp Ground Telaga Wurung, Bukit Teletubies

Cek Lainnya :  Tips Ketika Trip Pulau Harapan Yang Menyenangkan

2. Jalur Pendakian Prau Dieng via Patak Banteng

Patak Banteng merupakan jalur favorit berikutnya yang banyak dilalui pendaki. Lokasinya berada di Jalan Dieng No.KM. 24, Patak Banteng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana, pendaki dapat menggunakan ojek, motor, mobil hingga bus.

Saat berada di basecamp hanya perlu mengeluarkan uang Rp15 ribu untuk biaya registrasi pendakian. Dibandingkan lewat jalur Dieng, jalur Patak Banteng membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai puncak dengan total jarak 3,6 km yang dibagi ke beberapa pos berikut.

  • Basecamp ke Pos 1 berjarak 650 m dalam waktu tempuh 35 menit. Perjalanan diawali dengan menapaki jalan tangga melewati rumah-rumah perkampungan. Kemudian, dilanjutkan dengan jalan setapak dari batu yang tertata rapi.
  • Pos 1 ke Pos 2 berjarak 450 m dalam waktu tempuh 25 menit. Sepanjang menuju pos 2, jalur pendakian berupa tangga berundak. Begitu sampai, kamu bisa beristirahat sambil membeli jajanan makanan yang dijual warga.
  • Pos 2 ke Pos 3 berjarak 650 m dengan waktu tempuh 30 menit. Mulai dari sini, kamu akan memasuki hutan rimbun dengan jalur yang cukup panjang.
  • Pos 3 ke Sunrise Camp berjarak 300 m dengan waktu tempuh 20 menit. Bisa dibilang, jalur inilah yang paling terjal. Namun setelah itu, kamu akan mendapatkan area terbuka yang indah. Lokasinya sangat luas hingga bisa menampung ratusan tenda.
  • Sunrise Camp ke Puncak berjarak 1,55 km dengan waktu tempuh 1 jam. Meski lama, kamu akan mendapati area punggungan bukit dan telaga wurung. Selain itu, jalurnya juga relatif landai. Hanya saat menjelang ke puncak saja jalurnya menanjak.

Basecamp > Pos 1 (Sikut Dewo) > Pos 2 (Canggal Walangan > Pos 3 (Cacingan) > Pos 4 (Plawangan) > Padang Lonte Sore > Bukit Teletubies > Kandang Banteng > Puncak.

Cek Lainnya :  Menikmati Dinginngya Dieng dengan Paket Wisata Dieng

3. Jalur Pendakian Prau Dieng via Kalilembu

Meski bukan jalur favorit, jarak tempuh menuju puncak lebih dekat dibandingkan rekomendasi sebelumnya yaitu 3,22 km. Selain itu, jalur Kalilembu juga menawarkan panorama alam yang tak kalah memanjakan mata.

Lokasinya basecamp-nya berada di Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tidak ada layanan bus menuju ke lokasi, namun kamu bisa gunakan alternatif lain yakni motor, ojek, dan mobil.

Setelah sampai, kamu akan diminta membayar registrasi sebesar Rp15 ribu per orang. Jika sudah siap, kamu bisa langsung mendaki dengan keterangan pos, medan, serta estimasi pendakian sebagai berikut.

  • Basecamp ke Pos 1 dapat ditempuh dalam 20 menit dengan jarak 250 m. Jalurnya menanjak dengan pemandangan ladang dan lereng gunung di kanan dan kiri. Selain itu, kamu akan memasuki wilayah hutan dengan jalur yang relatif melandai.
  • Pos 1 ke Pos 2 cukup memakan waktu lama hingga 1 jam lebih karena jaraknya sekitar 1,2 km. Meskipun begitu, jalur pendakian cenderung melandai dan nyaman untuk dipijak. Banyak pepohonan sehingga membuat perjalanan lebih sejuk.
  • Pos 2 ke Pos 3 memakan waktu hingga 40 menit dengan jarak 500 m. Jalurnya cenderung naik, bahkan terdapat wilayah dengan tanjakan curam.
  • Pos 3 ke Puncak cukup jauh dan memakan waktu lama hingga 1,2 jam. Meski jauh, jalurnya lebih terbuka sehingga bentang keindahan alam di lereng Gunung Prau terlihat. Sebelum sampai ke puncak, kamu harus melewati tanjakan yang cukup curam.

Basecamp Kalilembu > Pos 1 > Pos 2 > Pos 3 > Puncak Prau, Telaga Wurung, Bukit Teletubies, Sunrise Camp.

4. Jalur Pendakian Prau Dieng via Dwarawati

Rekomendasi terakhir yakni Dwarawati dengan panjang jalur terpendek dari beberapa rekomendasi sebelumnya, yakni 2,75 km. Lokasinya berada di Krajan, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Cek Lainnya :  Tak Hanya Cidaon Ujung Kulon, Yuk Jelajahi Pesona di Taman Nasional Ujung Kulon

Untuk menuju basecamp, kamu bisa naik ojek, motor, dan mobil. Kemudian begitu sampai, kamu akan membayar biaya registrasi sebesar Rp25 ribu.

Berikut informasi seputar jarak masing-masing pos, waktu tempuh hingga medan jalur Dwarawati.

  • Basecamp ke Pos 1 sepanjang 800 m bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. Jalurnya tidak akan membuat kamu kelelahan di awal, namun sesekali akan menemui sedikit tanjakan curam.
  • Pos 1 ke Pos 2 sepanjang 450 m bisa ditempuh dalam waktu 25 menit. Area hutan yang dimasuki sangat rindang dengan sekumpulan pohon cemara yang menjulang tinggi.
  • Pos 2 ke Pertigaan Tower sepanjang 600 m bisa ditempuh dalam waktu 35 menit. Pada jalur ini cukup bervariasi, terdapat jalan melandai, namun sesekali menanjak.
  • Pertigaan Tower ke Pos 3 sepanjang 380m bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Jalur menuju pos 3 mulai melandai karena menuruni bukit. 
  • Pos 3 ke Puncak sepanjang 620 m bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Jalur ini didominasi dengan jalan melandai. Namun saat mendekati puncak, kamu akan menemukan jalur bebatuan yang menanjak dan cukup curam. 

Basecamp Dwarawati > Pos 1 (Cemoro Dongkar) > Pos 2 (Semendung) > Pertigaan Tower > Pertigaan Kalilembu > Pos 3 (Ngajir) > Puncak, Telaga Wurung, Sunrise Camp

Itulah beberapa pilihan jalur pendakian Prau Dieng terbaik untuk pemula. 

Tertarik untuk mendaki gunung Prau dan menikmati keindahan dan hawa dingin Dieng? Kamu bisa ikut open trip Gunung Prau dari Fun Trip Tour untuk mendapatkan panduan dan pendampingan terbaik. Dijamin perjalanan akan lebih menyenangkan dan aman.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !