Kakaban Island, Habitat Ubur-Ubur Langka di Dunia

Funtrips Tour > Blog > Kakaban Island, Habitat Ubur-Ubur Langka di Dunia
Kakaban Island

Saat berencana liburan ke Kalimantan Timur, salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Kakaban Island. Pulau Kakaban sendiri merupakan pulau yang terkenal berkat spesies ubur-ubur yang mana hanya ada di 2 wilayah di seluruh dunia. Yakni di Pulau Kakaban serta Kepulauan Micronesia yang letaknya ada di kawasan tenggara Laut Pasifik. 

Di samping daya tarik utamanya tersebut, pulau Kakaban juga menyuguhkan panorama yang begitu memanjakan mata, lengkap dengan suasana yang syahdu.

Sebagai gambaran berikut ada beberapa penjelasan dari Pulau Kakaban untuk referensi kamu yang ingin berlibur ke sana. Langsung saja simak ulasan lengkapnya. 

Lokasi Pulau Kakaban dan Rute Perjalanan Lengkap dengan Biaya Transportasinya

Lokasi dari Pulau Kakaban ada di Provinsi Kalimantan Timur. Lebih tepatnya di Kampung Payung-Payung, Kecamatan Maratua Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Rute perjalanan atau cara menuju ke Pulau Kakaban bisa dimulai dari Bandara Kalimarau. Kemudian berlanjut ke Pelabuhan Tanjung Batu lewat perjalanan darat. Perjalanan darat tersebut dapat ditempuh dengan waktu 2 hingga 3 jam. 

Jika kamu memilih sewa mobil untuk perjalanan, tarifnya mulai dari Rp. 450.000 per satu kali jalan. 

Nah, karena kunjungan ke Kakaban Island biasanya akan jadi satu paket ke 4 pulau yang ada di Kepulauan Derawan, maka perjalanan berikutnya dari Pelabuhan Tanjung Batu menuju ke Pulau Derawan. 

Kamu akan naik speedboat selama kira-kira 30 menit Biaya speedboat sekitar Rp. 350.000 berkapasitas tiga orang. Sedangkan jika kamu ingin Island Hopping untuk menjelajahi pulau di Kepulauan Derawan, maka disarankan menyewa speedboat bertarif sekitar Rp. 1.200.000 dengan kapasitas 15 penumpang. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

Cek Lainnya :  Paket Wisata Dieng yang Lebih Hemat

Biaya wisata Pulau Kakaban akan lebih murah apabila dilakukan bersama dengan rombongan atau ikut open trip ke Kepulauan Derawan dari Fun Trips Tour.

Fasilitas di  Kakaban Island

Kakaban Island sendiri berada di Kepulauan Derawan yang mana merupakan sebuah cagar alam Provinsi Kalimantan Timur. Sebagai cagar alam tentu lingkungannya harus dijaga agar selalu lestari. 

Oleh sebab itu fasilitas wisatanya masih sangat minim dan ada larangan untuk mendirikan bangunan. Beberapa fasilitas yang tersedia hanyalah dermaga dan penjual makanan di pintu masuk dengan jumlah yang terbatas. 

Ada pula toilet serta jembatan ulin sebagai jalan akses menuju ke danau. Untuk sampai ke danau, kamu perlu melakukan trekking sejauh 500 meter dengan jalanan menanjak 45 derajat. 

Fasilitas yang minim di sini menunjukkan bahwasanya para wisatawan hanya diperbolehkan untuk berkunjung tanpa menginap. Di sana juga tidak ada penginapan maupun listrik.

Tiket Masuk Pulau Kakaban

Dengan berbagai macam pesona yang dihadirkan oleh Kakaban Island, mungkin kamu penasaran kira-kira berapa ya harga tiket masuk ke sana. Tiket masuk ke Pulau Kakaban masih gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk kebersihan dan biaya transportasi saja. Bagaimana sangat menarik, bukan?

Persona Kakaban Island

  • Habitat dari Ubur-ubur Mini

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal tadi, keistimewaan dari Kakaban Island adalah keberadaan ubur-ubur langka yang hanya ada di dua tempat saja. 

Ya, di sini kamu akan menemukan empat jenis ubur-ubur langka, yakni ubur-ubur Aurelia Aurita atau ubur-ubur bulan, Tripedalia Cystophora (ubur-ubur kotak), cassiopea ornata (ubur-ubur terbalik), dan Mastigias papua (ubur-ubur bintik).

Air danau di Kakaban muncul karena rembesan dari air hujan. Dan danau inilah tempat tinggal atau habitat bagi ubur-ubur dengan dengan jumlah mencapai ribuan.

Cek Lainnya :  Menikmati Liburan Ala Backpacker ke Labuan Bajo dari Jakarta

Jenis ubur-ubur berhabitat adalah golden jellyfish serta moon jellyfish. Warnanya sangat  beragam warna mulai dengan warna jingga, merah, putih, bahkan sampai ada ubur-ubur berwarna mirip ungu muda. 

Jika kamu ingin berenang bersama ubur-ubur langka ini, maka kamu bisa datang ke di Danau Kakaban. Namun kamu harus selalu mematuhi serta mengikuti aturan berenang dan beraktivitas di danau tersebut. 

Pertama, kamu tidak diperbolehkan memakai sunblock maupun bahan kimia lain. Hal ini perlu dilakukan sebab zat kimia bisa mencemari habitat ubur-ubur. 

Larangan kedua adalah kamu tidak boleh memakai alat bantu berenang misalnya kaki katak. Dan larangan ketiga, kamu tidak boleh mengangkat maupun mengeluarkan ubur-ubur keluar air. Ada lagi larangan keempat, kamu tidak boleh melompat ke air danau. 

  • Bebas Sampah

Pulau Kakaban adalah pulau yang dijaga kebersihan dan kelestarian alamnya oleh warga Desa Payung-Payung. Hal ini dilakukan bergantian. 

Nantinya para wisatawan yang mau berkunjung ke Kakaban Island akan dikenakan uang kebersihan sesuai penjelasan awal. Tujuannya yaitu agar kelestarian alamnya tetap terjaga tanpa tercemar oleh sampah dari luar.

  • Pemandangan Alam Darat dan Laut yang Masih Alami

Pemandangan di Kakaban masih sangat alami, baik itu pemandangan darat maupun laut. Pulau Kakaban punya berbagai macam tumbuhan besar, seperti pohon ubal, pohon ligayan, pohon pulut, pohon ipil, pohon bullung-bullung dan lainnya.  

Bahkan nantinya selama perjalanan menuju habitat ubur-ubur langka, kamu akan ditemani dengan pemandangan berupa kejernihan air dari Danau Kakaban serta panorama hutan yang di sekelilingnya.

  • Kuliner Khas dari Kakaban

Saat berada di wisata Kakaban Island satu hal yang jangan sampai ketinggalan adalah mencicipi makanan khasnya. Makanan khas tersebut adalah tehe-tehe, kima-kima serta elai. 

Cek Lainnya :  Tips Backpacker Ke Pulau Komodo Dari Jakarta Dan Kisaran Budgetnya

Mayoritas bahan utama makanan tradisional ini adalah seafood. Mengingat hampir sebagian besar penduduk di sekitaran Pulau Derawan merupakan nelayan seafood

  • Wall Diving

Bagi kamu yang punya hobi menyelam, kamu bisa coba aktivitas berupa wall diving. Wall diving sendiri dinilai sebagai salah satu olahraga yang cukup aman untuk dilakukan di sini. Sebab arus airnya tenang serta tidak deras.

Ya, untuk melakukan wall diving, kamu perlu berjalan ke luar Pulau Kakaban sedikit. Kawasan di sekitaran kakaban merupakan perairan yang memiliki kedalaman tidak terlalu curam. 

Selain aman untuk aktivitas wall diving, kamu juga akan menemukan berbagai macam ikan kecil dan karang yang eksotis. Di bagian yang lebih dalam, kamu bisa menikmati keindahan dan pesona ikan yang lebih besar dengan berbagai bentuk dan warna unik.. 

  • Secret Lagoon/Kehe Daeng

Kehe Daeng artinya adalah lubang ikan, yang mana salah satu keistimewaannya bisa kamu lihat terlihat ketika air laut pasang. Pada saat air laut sedang pasang, maka air lautnya akan masuk ke dalam lubang tersebut bersamaan ikan-ikan, terumbu serta bintang laut. Sangat menarik, bukan?

Sebaliknya, ketika air laut surut, maka beberapa terumbu atau bintang laut yang tidak terbawa air akan tertinggal pada lubang ikan atau Kahe Daeng.

Tampilan air laut yang terjebak di lubang ikan ini juga tampak begitu untuk, yang mana air Kehe Daeng berwarna hijau tosca. 

Pulau Kakaban akan jadi salah satu destinasi wisata terbaik bagi kamu penyuka perairan dan ingin mencari hal baru. Ada berbagai macam keunikan yang akan kamu dapatkan selama berlibur di Kakaban Island

Rencanakan dari sekarang agar kamu bisa memulai persiapan secara matang. Atau, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan Fun Trips Tour untuk ide liburan yang lebih menyenangkan

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !