Mengungkap Keindahan Gn Prau Wonosobo yang Tersembunyi

Funtrips Tour > Blog > Mengungkap Keindahan Gn Prau Wonosobo yang Tersembunyi
Mengungkap Keindahan Gn Prau Wonosobo yang Tersembunyi

Gn Prau Wonosobo menyimpan banyak keindahan alam yang tak banyak orang tahu. Gunung ini adalah salah satu dari deretan gunung terkenal di wilayah Jawa Tengah. Tak hanya terkenal dengan jalur pendakiannya, gunung ini juga dikenal dengan tempat wisata alamnya yang menarik. Berikut adalah ulasan tentang Gunung Prau sebagai rekomendasi destinasi wisata.  

Sekilas Tentang Gn Prau Wonosobo 

Gunung Prahu atau lebih dikenal dengan nama Gunung Prau adalah gunung yang tidak terlalu tinggi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.565 mdpl. Terletak di wilayah Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah, Gunung Prau diapit berjajar berdampingan dengan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang terkenal. 

Wilayah Gunung Prau sendiri berada di tiga kabupaten yang berbeda. Kebupaten tersebut antara lain Kendal, Batang dan juga Wonosobo. Puncak Gunung Prau adalah hamparan padang rumput yang luas. Wilayah puncak Gunung Prau cenderung memanjang dari arah barat hingga ke timur. Banyak bukit kecil, sabana hingga pepohonan pada puncaknya. 

Selain pemandangannya yang menakjubkan, salah satu daya tarik Gunung Prau adalah wilayah puncaknya yang nyaman dan asri. Hal inilah yang membuat para pendaki begitu tertarik datang ke Gunung Prau. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pendakian ke Gn Prau Wonosobo menjadi sangat menarik dan seru. 

Gn Prau Wonosobo yang Menjadi Favorit Para Pendaki

  1. Basecamp Unik di Atas Awan 

Nama Basecamp Gunung Prau bernama Igirmranak. Basecamp ini terletak diatas dataran tinggi. Gunung Prau yang mempunyai ketinggian sedang, membuat jalur pendakian bisa dijalani dengan waktu yang singkat. Estimasi waktu untuk sampai ke puncak adalah sekitar 4 hingga 5 jam saja dari mulai Basecamp hingga puncak. 

BACA JUGA : Berapa Suhu Gunung Prau Malam Hari? Cek Di Sini

Cek Lainnya :  Berniat Backpacker Ke Pahawang? Yuk Intip Daya Tarik Pulau Pahawang Di Sini

Begitu tiba di Basecamp Igirmranak ini, anda akan disambut dengan hawa dingin yang sangat sejuk. Hawa dingin di Gunung Prau memang special karena dinginnya yang cenderung stabil sepanjang tahun. Selain itu, pemandangan Basecamp bisa terlihat sangat indah dengan dikelilingi oleh awan di saat tertentu. 

  1. Kondisi Jalur Yang Nyaman Untuk Pendaki Pemula 

Bila anda adalah pendaki pemula yang ingin mencoba naik gunung, maka pilihan mendaki Gunung Prau adalah pilihan yang tepat. Gunung Prau mempunyai ketinggian yang sedang dan bisa didaki dengan waktu yang tak lama. Selain itu, jalur pendakian di Gunung Prau juga bersahabat dengan medan yang tak curam. 

Tak hanya itu, jalur pendakian Gn Prau Wonosobo juga sudah dimodifikasi menjadi trek jalan yang mudah dilalui. Sepanjang jalan pendakian Gunung Prau sudah dibangun dengan kombinasi tanah dan semen. Sehingga jalur ini akan aman dan mudah dilalui untuk anda yang pendaki baru atau ingin berwisata alam. 

  1. Pendaki yang Masih Jarang

Jalur pendakian arah Igirmranak cenderung masih sepi. Hal ini karena jalur pendakian yang paling populer ke Gunung Prau adalah Patak banteng dan Wates. Bila anda ingin melakukan pendakian yang tanpa antri, maka pilihan jalur Igirmranak Gunung Prau bisa menjadi pilihan. Sepanjang jalan anda akan menikmati pemandangan yang asri. 

Anda akan lebih menikmati pemandangan indah Gunung Prau lebih banyak karena sepanjang jalur pendakian ini tak banyak lalu lalang orang. Jalur pendakian yang landai dan juga mudah ini membuat anda tak gampang merasa lelah selama perjalanan. Bila anda sering ke Gunung Prau, anda juga bisa mencoba jalur menarik satu ini. 

  1. Fasilitas Di Sepanjang Jalur Pendakian Gunung Prau 
Cek Lainnya :  Paket Tour Pulau Karimunjawa 3 Hari 2 Malam

Gunung yang ramah untuk para pendaki ini mempunyai banyak fasilitas yang tersedia. Salah satunya adalah ojek. Ojek di jalur pendakian hingga pos 1 ini bisa anda manfaatkan bila tak ingin lelah selama perjalanan. Harganya juga relatif terjangkau yaitu sekitar Rp 25 ribu. Jarak tempuhnya sekitar 2 km dari basecamp hingga pos 1 Curug Gamelan

Fasilitas lainnya yang tersedia adalah wifi. Tentu hal ini cukup unik karena di Gunung terdapat wifi. Namun Gunung Prau menyediakannya, yaitu pada lokasi basecamp. Bahkan tak jarang juga penduduk sekitar menyediakan tempat penginapan bagi para pendaki yang ingin beristirahat. Lahan yang luas dan bersih Gunung Prau akan membuat anda betah untuk berkunjung. 

Tak hanya itu, fasilitas alami yang disediakan alam pun juga ada. Mata air tersedia di sepanjang jalur pendakian ke arah pos 2. Mata air Gn Prau Wonosobo yang masih terjaga ini akan membuat anda mempunyai cadangan air minum yang cukup selama perjalanan. Anda bisa melanjutkan perjalanan tanpa kuatir kehabisan stock air minum. 

Berwisata di alam yang masih asri memang menyenangkan. Selain menikmati pemandangan yang menyejukkan juga bisa digunakan sebagai cara healing yang baik. Namun hal yang tetap harus diperhatikan adalah kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan dan taat protokol kesehatan ya, selamat berlibur.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !