Keunggulan Jalur Igirmranak Gn Prau Wonosobo

Funtrips Tour > Blog > Keunggulan Jalur Igirmranak Gn Prau Wonosobo
Keunggulan Jalur Igirmranak Gn Prau Wonosobo

Bagi Anda yang hobi sekali dalam mendaki gunung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan gn prau wonosobo. Gunung Prau sendiri mempunyai banyak basecam yang dapat dilalui oleh para pendaki. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai jalur Igirmranak yang merupakan salah satu alternatif jalur menuju gunung Prau Wonosobo, maka berikut ini adalah keunggulan yang ditawarkan.

Apa Saja Keunggulan Jalur Igirmranak Gn Prau Wonosobo?

Para pendaki gunung prau selama ini umumnya menggunakan jalur yang ramai, seperti contohnya basecamp petak banteng dan juga wates. Oleh karena itulah, bagi Anda yang ingin bebas antrian, maka bisa memilih jalur Igirmranak, karena memang masih sepi oleh para pendaki.

Dengan menggunakan jalur tersebut, Anda juga bisa lebih menikmati pemandangan alam yang leluasa hingga sampai ke bagian puncak. Pemandangan gunung sumbing serta gunung Sindoro bisa Anda lihat saat menggunakan jalur yang satu ini.

  1. Tersedia Ojek Hingga Pos 1

Bagi Anda para pendaki yang ingin menghemat tenaga saat melakukan pendakian, maka bisa menggunakan jalur Igirmranak. Karena memang dalam jalur ini pihak basecamp telah menyediakan ojek motor yang bisa Anda naiki hingga menuju puncak pos 1. Biaya ojek motor itu sendiri yaitu Rp 25.000.

Awal proses pendakian dari basecamp ke pos 1 gn prau wonosobo, jarak yang perlu ditempuh yaitu sekitar 2 KM. Jalur tersebut dikenal sebagai salah satu jalur yang paling panjang dan memiliki trek paling jauh. Jalur yang nantinya akan dilalui oleh Anda yaitu perkebunan sayur dengan tanah yang telah di semen.

Oleh karena itu, sekalipun terbilang jauh dan panjang, mendaki tetap akan terasa nyaman ketika berpijak di jalur tersebut. Namun untuk hemat tenaga, maka bisa memakai jasa ojek hingga sampai di pos 1.

  1. Basecamp di Atas Awan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh jalur Igirmranak yaitu lokasinya ada di dataran tinggi. Maka dari itulah, pendakian yang dilakukan hingga puncak gn prau wonosobo tak akan memakan waktu yang terlalu lama, yaitu hanya sekitar 4 hingga 5 jam.

Ketika nantinya Anda telah tiba di basecamp, para calon pendaki akan disambut oleh hawa yang sejuk dan dingin khas area pegunungan. Selain itu juga pemandangan langit dan awan juga akan terasa lebih dekat,oleh karena lokasi dari basecamp tersebut memang berada di area dataran tinggi.

  1. Tersedia fasilitas wi-fi

Anda sebagai calon pendaki yang melewati jalur Igirmranak akan menemukan banyak sekali fasilitas yang disediakan di sana. Contoh fasilitas yang bisa didapat yaitu wi-fi. Sehingga dengan begitu Anda bisa berhemat paket data ketika berada di tempat tersebut. Warga lokal juga menawarkan penginapan bagi para pendaki yang ingin stay di area sekitar basecamp.

  1. Jalur yang Aman

Saat melakukan pendakian tentunya para pendaki akan selalu mempertimbangkan keamanan dari jalur yang dipilih. Terlebih bagi Anda yang masih pemula, jalur aman tentu akan sangat direkomendasikan. Jalur Igirmranak ini merupakan pilihan yang tepat karena di sepanjang jalur terdapat kombinasi antara tanah dan juga semen.

Tanjakan terjal yang Anda temui di sepanjang jalur nantinya tidak akan membuat Anda lelah oleh karena kondisi jalur. Bagi yang telah lama tidak melakukan pendakian atau mungkin bagi yang baru pertama kali melakukan pendakian ke gn prau wonosobo, maka sangat disarankan untuk memilih jalur ini sebagai pilihan.

  1. Mata Air Sampai Pos 2

Keistimewaan lain yang bisa Anda temukan di jalur Igirmranak adalah terdapat mata air saat Anda tiba di pos 2. Mata air adalah hal yang tentunya paling dinantikan oleh para pendaki untuk bisa mengisi botol air minumnya. Mata air yang tersedia di jalur tersebut juga terbilang cukup melimpah, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan persediaan air yang habis.

BACA JUGA : Pariwisata Gunung Prau Dieng

Jika di sini Anda telah kehabisan cadangan air saat berjalan di gn prau wonosobo dari basecamp ke pos 1, maka Anda bisa melakukan pengisian cadangan air tersebut ketika melakukan perjalanan menuju ke pos 2. Sesampainya di pos 2 nanti Anda bisa kembali melakukan pengisian air untuk bekal menuju ke pos 3 ataupun pos terakhir pendakian nantinya.

  1. Bisa Menikmati Sunrise dan Sunset di Sepanjang Jalur

Anda tidak akan kecewa ketika memilih untuk menggunakan jalur Igirmranak. Pasalnya nanti Anda akan disuguhkan panorama yang sangat memukau dari matahari terbit dan juga matahari terbenam. Pemandangan tersebut mungkin saja tak akan Anda peroleh jika menggunakan jalur lain untuk mendaki ke gunung.

Selain bisa melihat pemandangan sunrise dan juga sunset pemandangan dari gunung Sindoro juga akan menemani Anda di sepanjang perjalanan. Jika kebetulan Anda mendaki saat cuaca bagus, maka nantinya Anda akan disuguhkan lautan awan yang dipadu dengan dan langit biru, sehingga akan menampilkan pemandangan yang begitu sempurna. Terlebih ketika matahari terbit, Anda juga dapat melihat pemandangan dari gunung sumbing yang berada di belakang gn prau wonosobo.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !