10 Daftar Oleh Oleh Khas Labuan Bajo Paling Recommended untuk Dibawa Pulang

Funtrips Tour > Blog > 10 Daftar Oleh Oleh Khas Labuan Bajo Paling Recommended untuk Dibawa Pulang
10-Daftar-Oleh-Oleh-Khas-Labuan-Bajo-Paling-Recommended-untuk-Dibawa-Pulang

Saat ini, Labuan Bajo ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia. Tidak heran jika jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo juga semakin meningkat, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain berwisata, kurang afdol rasanya jika pulang tanpa membawa buah tangan khas dari sini. Adapun berikut oleh oleh khas Labuan Bajo paling direkomendasikan.

Daftar Oleh Oleh Khas Labuan Bajo

1. Banana Cake

Banana Cake atau kue pisang mungkin bisa anda temukan di berbagai daerah selain Labuan Bajo. Meski begitu, banana cake yang jadi oleh oleh khas dari Labuan Bajo ini punya cita arsa berbeda. Sebab semua bahan yang dipakai untuk membuat banana cake berasal dari Manggarai langsung.

Beberapa bahan yang digunakan antara lain kenari, kayu manis, gula merah, dan tentunya pisang sebagai bahan utama. Kue pisang ini punya rasa yang manis dengan tekstur lembut, cocok dikonsumsi berbagai usia dan kalangan. Ditambah banana cake biasanya dikemas dalam kotak yang semakin memudahkannya dibawa sebagai buah tangan.

2. Roti Kompiang

Oleh oleh khas Labuan Bajo yang direkomendasikan berikutnya yaitu roti kompiang. Roti dengan tekstur yang renyah ini diolah dengan menggunakan oven sampai tampilannya menjadi kuning kecokelatan. Di atasnya diberi taburan wijen, yang semakin menambah tekstur sekaligus aroma pada roti kompiang.

Masyarakat sekitar sendiri sering menyajikan roti kompiang tersebut untuk dinikmati bersama dengan secangkir kopi. Khususnya saat sedang bersantai di sore hari, menyeruput secangkir kopi hitam menjadi pasangan yang sangat cocok dengan kompiang. Anda bisa menemukan roti kompiang di berbagai pusat oleh oleh yang ada di Labuan Bajo.

Cek Lainnya :  Rincian Estimasi Biaya Wisata ke Bromo

3. Jintan

Jintan adalah caliman yang terbuat dari jintan, mentega, telur, tepung, dan perasa. Diolah sedemikian rupa hingga menciptakan tekstur yang renyah dan cita rasanya lezat. Sekali mencobanya, pasti bikin nagih karena rasanya memang nikmat dan cocok dijadikan sebagai camilan. Karena umumnya jintan dibuat dengan ukuran kecil, tentu satu saja tidak cukup.

Selain di toko oleh oleh, anda juga bisa menemukan jintan sering dijual di pasar tradisional yang ada di Labuan Bajo. Oleh oleh khas Labuan Bajo ini memang termasuk sebagai jajanan pasar yang digemari oleh penduduk setempat. Penasaran rasanya seperti apa ? Yuk langsung cobain jintan saat anda berlibur ke Labuan Bajo.

4. Rebok

Rebok merupakan camilan khas Labuan Bajo yang bentuknya unik. Pasalnya rebok dibuat dalam bentuk bubuk, berasal dari tepung beras dan kelapa parut yang dicampur rata dengan telur, gula, serta vanili. Campurannya yang manis berpadu dengan baik terhadap gurihnya kelapa parut.

Rebok biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada saat acara adat atau penyambutan tamu. Namun tenang saja, di toko oleh oleh maupun pusat perbelanjaan juga sudah banyak tersedia dalam berbagai ukuran kemasan. Selain langsung dikonsumsi, rebok juga cocok dijadikan sebagai toping pada camilan lain untuk memberi rasa manis.

5. Bepalaya Ala Bugis

Oleh oleh khas Labuan Bajo yang juga direkomendasikan adalah bepalaya ala Bugis. Disebut pula dengan istilah nepalaya, bepalaya ini sebenarnya hampir mirip dengan roti kompiang. Bahkan bahan baku untuk membuat bepalaya hampir sama persis dengan kompiang. Namun terdapat beberapa tambahan seperti gula merah, tepung ketan, dan lain sebagainya.

Jadi meskipun mirip, ada sedikit perbedaan pada cita rasa yang ditawarkan. Bepalaya terasa sangat khas dengan pengolahannya yang masih tradisional. Keduanya adalah jenis oleh oleh yang populer di kalangan wisatawan. Apalagi harganya tergolong murah per bungkusnya, tidak heran jika biasanya banyak turis yang memborong bepalaya saat berkunjung ke pusat oleh oleh.

Cek Lainnya :  Surga Dunia, Destinasi dan Biaya ke Pulau Padar yang Wajib Anda Tahu!

6. Kopi Manggarai

Bagi para pecinta kopi, oleh oleh khas Labuan Bajo satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kopi Manggarai atau dikenal pula dengan nama Kopi Flores sudah punya pamor yang baik di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan kopi arabika Manggarai pernah dicanangkan sebagai salah satu kopi terbaik di tanah air.

Bukan tanpa alasan, sebab cita rasa dan karakteristiknya memang begitu disukai oleh para pecinta kopi. Manggarai sendiri adalah nama Kabupaten dimana Labuan Bajo berada, jadi di Labuan Bajo anda bisa menemukan banyak tempat yang menjual kopi ini. Mulai dari toko oleh oleh sampai pusat perbelanjaan menyediakannya dalam berbagai ukuran kemasan.

7. Kain Tenun

Dikenal kaya akan budaya, ada banyak jenis kain tenun khas NTT yang bisa anda temukan. Tidak heran apabila oleh oleh khas Labuan Bajo pun ada yang berupa kain tenun. Salah satu jenis kain tenun ikat tradisional NTT yang bisa ditemukan di Labuan Bajo yaitu kain tenun songke, dengan ciri khas dan corak tersendiri.

Dan kain tenun yang diperjualbelikan sebagai oleh oleh terkenal keasliannya. Dimana pembuatannya masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu hingga berhari hari. Sehingga harga yang dibanderol untuk kain ini termasuk cukup mahal, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan Rupiah untuk satu buah sarung tenun. 

8. Madu Flores

Tahukah anda bahwa masyarakat Flores telah memanen madu hutan selama berabad abad lamanya ? Sampai sekarang, masih banyak penduduk setempat yang memanennya dari hutan asli, fresh, dan tanpa melalui proses campuran zat lain. Karena itu, madu Flores ini punya rasa yang khas dan kuat.

Madu murni tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh sekaligus meningkatkan stamina, jadi tidak boleh dilewatkan sebagai buah tangan. Oleh oleh khas Labuan Bajo berupa madu seperti ini biasanya tersedia dalam berbagai kemasan. Ada yang botol kecil, botol sedang, botol besar, hingga jerigen.

Cek Lainnya :  Mengintip Perjalanan Backpacker Ke Belitung Dari Jakarta Dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan

9. Kaos Chomabee

Jika Bali punya Joger dan Jogja punya Dagadu, maka Labuan Bajo dengan bangga mengenalkan Chomabee. Ini adalah brand lokal yang didirikan oleh putra asli Labuan Bajo. Kaosnya unik dan keren, karena desainnya banyak menggunakan kata kata, peribahasa, ataupun kiasan khas Manggarai. Ada banyak model yang bisa anda pilih, baik untuk laki laki maupun perempuan.

10-Daftar-Oleh-Oleh-Khas-Labuan-Bajo-Paling-Recommended-untuk-Dibawa-Pulang

10. Kerajinan Mutiara

Masyarakat pesisir pantai di Labuan Bajo punya produksi kerajinan mutiara yang begitu cantik. Ada berbagai bentuk aksesoris yang dihasilkan dari mutiara tersebut, seperti kalung, cincin, anting, dan gelang. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis dan kualitas mutiara, sehingga anda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan.

Tips Beli Oleh Oleh Khas Labuan Bajo

Bagi anda yang bingung mau membeli oleh oleh khas Labuan Bajo, terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan. Yaitu pastikan bahwa kemasan produk praktis dan aman, sehingga anda tidak akan kesulitan sendiri ketika harus membawanya selama perjalanan kembali ke kampung halaman. 

Selain itu, anda dapat mempertimbangkan buah tangan yang bukan berupa makanan apabila perjalanan kembali ke tempat asal membutuhkan waktu yang lama. Umumnya, produk untuk oleh oleh memang dapat bertahan lama. Namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi.

Jadi, sudah siap berlibur ke Labuan Bajo ? Puas menikmati deretan objek wisata yang ada di Labuan Bajo, jangan lupa membawa pulang buah tangan dari sini. Apalagi ada banyak jenis oleh oleh yang bisa dijadikan pilihan, untuk diberikan kepada sanak keluarga di rumah atau teman teman.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !