Panduan Mengatur Biaya ke Bromo dari Jakarta

Funtrips Tour > Blog > Panduan Mengatur Biaya ke Bromo dari Jakarta
Panduan Mengatur Biaya ke Bromo dari Jakarta

Bromo Tengger Semeru merupakan salah satu pegunungan populer di bilangan Jawa Timur. Wisatawan dari berbagai penjuru datang silih berganti setiap tahunnya agar bisa menikmati panorama menakjubkan di objek wisata satu ini,tidak terkecuali masyarakat di ibu kota negara. Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan dan bingung perihal biaya ke Bromo dari Jakarta, berikut ulasannya.

Tips Mengatur Biaya ke Bromo dari Jakarta

Perjalanan ke Bromo sebenarnya tidak begitu membutuhkan biaya banyak selama Anda tahu cara menghematnya. Lagi pula ada beberapa cara yang biasanya ditempuh oleh para pendaki agar bisa mendaki ke puncak Bromo. Salah satu yang paling populer dan dinilai cukup mudah yaitu melintasi Kota Malang.

Anda pun dapat memilih rute tersebut, mengingat transportasi dari Jakarta ke Malang terbilang lancar, baik itu jalur udara maupun darat. Ambillah rute darat menggunakan kereta jika ingin menekan biaya pengeluaran. Dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Kota Baru Malang, umumnya dipatok senilai Rp550.000-an untuk tiket eksekutif.

Selama di perjalanan, harga murah sebaiknya tidak menjadi satu-satunya patokan Anda, pertimbangkan pula aspek kenyamanan karena jarak Jakarta ke Malang cukup memakan waktu dan akan melelahkan. Dengan kata lain, pilihlah jenis kereta yang memang terkenal memberikan pelayanan terbaik di kelasnya, terlepas dari perbedaan kondisi fasilitas.

Selanjutnya, setiba di Kota Malang, Anda bisa menuju ke Tumpang, salah satu kecamatan di Kabupaten Malang. Gunakan angkutan umum jika hanya memiliki budget pas-pasan, biaya angkot per trayek umumnya flat senilai Rp5.000-an. Dari Tumpang teruskan hingga ke Pronojiwo, melintasi hutan hijau yang lebat, kemudian memasuki daerah Ranu Pane.

Berangkat dari Ranu Pane ke arah Gunung Semeru, ambil jalur utara melewati hamparan pasir yang luas di kaki Gunung Bromo, persisnya terletak di sisi selatan. Kurang lebih demikian gambaran singkat perjalanan yang perlu Anda lewati agar bisa merasakan hawa dingin di puncak Bromo. Tidak terlalu sulit untuk mencapainya karena rute di sini telah banyak dilalui oleh manusia.

Lebih lanjut, biaya ke Bromo dari Jakarta akan lebih murah bila Anda membeli makanan atau bahan-bahannya di Kota Malang. Betapa tidak, harga-harga kebutuhan pokok di daerah ini terbilang murah meriah. Pilihlah makanan yang mudah diolah dan tidak akan menyulitkan perjalanan selama berwisata menjelajahi alam.

Hanya saja, jika Anda malas berganti-ganti angkutan umum, sebaiknya menyewa mobil travel ke arah Bromo. Agen yang bekerja di bidang ini sangat mudah ditemukan di kawasan Malang Raya. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya riset secara saksama, jangan lupa pula cari tahu dengan detail bagaimana ulasan dari klien terdahulu.

Biasanya, agen travel menawarkan berbagai paket dengan kisaran harga kurang dari Rp1 juta. Tidak hanya penjemputan di Stasiun Kota Baru Malang, Anda pun berhak menerima fasilitas lanjutan seperti ditemani pemandu wisata. Tentu, semakin lengkap fasilitas yang dapat dinikmati, maka tarif pengeluaran juga akan meningkat.

BACA JUGA : Destinasi Wisata Gunung Bromo

Umumnya, para pendaki dengan budget pas-pasan hanya memilih fasilitas primer berupa kendaraan. Anda dapat mengikuti jejak orang-orang terdahulu agar tidak salah langkah. Satu hal yang pasti, bepergian ramai-ramai selain seru, juga berpotensi menekan biaya pengeluaran. Maka dari itu, cobalah ajak kawan sebanyak mungkin, misalnya 3 sampai 5 orang pada periode keberangkatan yang sama.

Mampir ke Wisata Malang Raya

Sayang jika Anda telah memasuki kawasan Kota Malang dan sekitarnya, tetapi tidak memanfaatkan kesempatan untuk mampir sejenak. Begitu kembali dari Bromo atau pertama kali keberangkatan, ada baiknya menikmati daya tarik daerah wisata yang dijuluki Kota Bunga itu. Lagi pula, Anda tidak akan menyesal apabila melakukannya karena Malang Raya selalu mampu memanjakan pengunjung.

Malang Raya dalam hal ini termasuk Kota Batu di antaranya, salah satu pengembangan wilayah wisata yang sudah terkenal sedari dulu. Di Kota Malang sendiri, Anda dapat menyambangi Jodipan atau Kampung Warna-Warni yang kerap berhasil memukau mata. Semua rumah ataupun bangunan di Jodipan pasalnya dicat dengan aneka warna sesuai namanya.

Pengunjung umumnya senang berfoto ria di sini, belum lagi di sisi seberang sungai terdapat Kampung Biru di mana seluruh bangunannya dicat berwarna biru. Keduanya bisa Anda jajal sembari mencicipi kuliner khas Kota Malang. Hanya saja, itu mungkin akan sedikit menambah estimasi biaya ke Bromo dari Jakarta.

Panduan Mendaki agar Tidak Kagok

Meskipun Bromo termasuk gunung yang sudah populer dan rute pendakiannya tidak lagi menjadi misteri, tetapi bagi pemula terlebih pada kunjungan pertama kali, tentu akan merasakan kesulitan tersendiri.

Maka dari itu, pastikan Anda sudah melatih fisik minimal satu pekan sebelum jadwal keberangkatan. Latihan tersebut tidak harus berat, cukup biasakan saja otot-otot kaki bergerak, pun pundak agar sanggup memikul beban ransel selama di perjalanan.

Kemudian, jangan lupa menabung sejak dini untuk memenuhi biaya ke Bromo dari Jakarta, barangkali Anda bisa membeli tiket pesawat agar perjalanan berlangsung lebih cepat.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !