Tujuan Pembangunan Bandara Komodo di Labuan Bajo

Funtrips Tour > Blog > Tujuan Pembangunan Bandara Komodo di Labuan Bajo
Tujuan Pembangunan Bandara Komodo di Labuan Bajo

Untuk memudahkan para wisatawan, kini tersedia sebuah Bandara di Labuan Bajo. Pemerintah meresmikannya dengan nama Bandar Udara Internasional Komodo. Bandara ini khusus dibangun sebagai salah satu sarana pendukung dalam mempromosikan berbagai destinasi wisata di Labuan Bajo agar semakin terkenal. Sehingga tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung, namun juga turis asing lainnya.

Rute Maskapai yang di sediakan Bandara Komodo di Labuan Bajo

Bandara Internasional Komodo ini sudah digunakan oleh sepuluh maskapai yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, kebanyakan rutenya berasal dari Jakarta atau Pulau Bali. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat luar pulau yang ingin berlibur ke Labuan Bajo. Turis yang berasal dari luar negeri pun hanya perlu mengganti pesawat di Jakarta atau Bali dengan mudah.

Namun, penumpang dalam maskapai yang berasal dari Pulau Bali biasanya memiliki tujuan berlibur dalam berbagai destinasi wisata Indonesia. Jadi, ketika Anda berlibur ke Bali namun juga ingin mengunjungi Labuan Bajo, tersedia rute yang mudah dan praktis ini. Terdapat jalur untuk beberapa kota besar di Indonesia seperti Makassar, Surabaya, dan Jogjakarta. Selain itu terdapat pula jalur dengan tujuan terdekat yaitu Mataram, Alor, dan kota lainnya.

Bahkan, terjadi pembaharuan dengan tersedianya jalur internasional di Bandara Komodo yang satu ini. Untuk saat ini baru terdapat jalur menuju Malaysia dari bandara ini. Hal ini tentu saja memudahkan masyarakat dari negara tetangga yang ingin melihat keindahan alam dari Labuan Bajo.

Penerbangan Internasional Bandara Komodo di Labuan Bajo

Seperti yang telah diketahui, bandara yang berada di Labuan Bajo ini sudah diresmikan untuk rute internasional. Setelah dikelola oleh salah satu perusahaan maskapai dari Singapura, Bandara Komodo ini mengalami perubahan secara drastis baik pada desain hingga perluasan area. Perusahaan tersebut akan memajukan bandara dalam kurun waktu tertentu dan diserahkan kembali ke pihak pemerintah nantinya.

Bandara ini akan dirancang dan dibangun dengan fasilitas terbaik dari berbagai aspek yang dibutuhkan. Bahkan dengan adanya perluasan wilayah, bandara ini nantinya akan melayani pendaratan dari berbagai macam pesawat besar. Hal tersebut tentu mempermudah banyaknya wisatawan yang masuk ke Labuan Bajo dan membuat berbagai destinasi wisatanya semakin terkenal dalam dunia internasional.

Sedangkan untuk rute internasionalnya sendiri, Bandara Komodo ini akan membuka penerbangan bagi beberapa negara di Benua Asia. Beberapa negara tersebut diantaranya yaitu Malaysia, Tiongkok, Singapura, hingga Jepang. Bahkan, jalur penerbangannya dilakukan secara langsung tanpa melakukan transit terlebih dahulu.

BACA JUGA : Tips backpacker ke Derawan dengan Biaya Hemat

Mempermudah Transportasi Wisata Sejak Ada Bandara di Labuan Bajo

Kini, pemerintah daerah di Labuan Bajo sedang melakukan pembangunan yang lebih baik terhadap Bandara Internasional Komodo ini. Jika sebelumnya terdapat sekitar satu juta wisatawan saja, maka nanti akan bertambah hingga jutaan pengunjung. Perluasan wilayah ini memiliki tujuan untuk mempermudah banyaknya maskapai yang ingin mendarat di Labuan Bajo.

Terlebih lagi, bandara ini merupakan satu-satunya pelayanan transportasi udara yang berada di Labuan Bajo. Selain itu, hingga kini para wisatawan juga lebih senang menggunakan pesawat dibandingkan kendaraan lainnya. Sudah dapat dipastikan perluasan area di bandara ini akan menambah pengunjung secara drastis pada beberapa tahun kemudian.

Pemerintah juga memiliki rencana untuk memperluas status internasional dari bandara tersebut. Sehingga turis asing dari berbagai negara dengan mudah masuk ke daerah ini tanpa harus transit di Jakarta ataupun Bali. Bahkan, tempat yang satu ini telah diprediksi akan menjadi saingan berat dengan Bandara Ngurahrai yang ada di Bali nantinya.

Destinasi Wisata Terdekat dari Bandara Komodo di Labuan Bajo

Tidak jauh dari lokasi bandara internasional Komodo, ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Yang pertama yakni ada Bukit Amelia Sea. Bukit ini lokasinya tidak jauh bandara Komodo. Anda bisa langsung naik angkutan umum dari bandara menuju lokasi. Sesampainya di lokasi, pengunjung bisa langsung menaiki bukit untuk melihat indahnya pemandangan Labuan Bajo dari atas.

Kedua, ada pantai Wae Rana. Terasa kurang jika berkunjung ke Labuan Bajo tanpa melihat pantainya yang indah. Ya, Wae Rana merupakan salah satu pantai yang wajib disambangi disini. Lokasinya sangat dekat dengan bandara Komodo. Bahkan anda bisa langsung naik taxi atau angkutan umum lain dari Bandara.

Selanjutnya, ada Pede Beach. Lokasinya tidak jauh dari bandara yakni sekitar 10 menit saja. Air di pantai ini terbilang sangat tenang sehingga sangat cocok untuk bermain di bibir pantai. Wisata ini sangatlah cocok bagi Anda yang membawa serta keluarga.

Itulah beberapa hal tentang Bandara komodo di Labuan Bajo. Bandara internasional Komodo memang kini sudah menjadi bandara yang cukup ramai dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan adanya bandara ini, maka memudahkan para pengunjung untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Apakah Anda tertarik untuk kesini?

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !