Peucang Island, Surga Tersembunyi di Pandeglang Banten

Funtrips Tour > Blog > Peucang Island, Surga Tersembunyi di Pandeglang Banten
Peucang Island

Berlibur menjadi salah satu kegiatan penghilang penat dan stress melakukan aktivitas sehari hari. Kita semua tahu jika Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang cantik, salah satunya adalah Peucang Island. 

Pernah mendengar tempat ini? Jika belum, simak ulasan di bawah ini karena kita akan membahas lebih lanjut mengenai destinasi wisata yang satu ini mulai dari jam buka, lokasi lengkap, rute, dan kegiatan seru yang sayang untuk kamu lewatkan saat berada di pulau ini. Kita mulai dari lokasi dan rutenya terlebih dahulu. 

Lokasi dan Rute ke Peucang Island

Peucang Island

Pulau Peucang berada di Desa Ujungnya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau Peucang masuk ke dalam Taman Nasional Ujung Kulon yang kerap menjadi salah satu destinasi favorit. 

Pulau yang satu ini menempati sekitar 450 ha TN Ujung Kulon. Peucang sendiri sangat terkenal sebagai surga tropis tropis tersembunyi yang semakin melengkapi wisata daerah Banten. 

Rimbunnya hutan, putihnya pasir laut, dan banyaknya hewan hewan yang tumbuh sehat di dalamnya menunjukan bahwa wisata di dalam pulau ini masih sangat terjaga dan asri. Maka dari itu, memilih berlibur ke pulau ini untuk melepas penat adalah ide yang sempurna. Tapi, bagaimana dengan rutenya? 

Rute untuk menuju lokasi ini total 8 jam dari Jakarta. Desa yang harus kamu tuju pertama kali adalah Desa Kertajaya di Kecamatan Sumur. Kamu perlu berkendara sekitar 5 jam dari Jakarta. Jika sudah ada di desa ini, untuk menuju lokasi, kamu harus melanjutkan perjalanan laut sekitar 3 jam. 

Cek Lainnya :  Tips Hemat Pengeluaran Biaya Liburan ke Malang

Peucang Island: Fasilitas, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Untuk jam buka, pulau ini bisa kamu nikmati kapanpun alias terbuka 24 jam non-stop. Sebagai pulau wisata, Peucang Island dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai mulai dari penginapan, dermaga, pusat informasi dan fasilitas fasilitas yang lainnya. 

Kamu bisa datang dengan mengkamulkan paket wisata atau yang lebih murah, kamu bisa ikut open trip. Rata-rata penginapan di pulau ini dipatok dengan harga 700 ribu per orang untuk dua hari. Kamu juga bisa sekalian menyewa alat snorkeling sebesar 50 ribu saja. Masih terjangkau, bukan? 

Bagaimana dengan tiket masuknya? Tiket masuk ke pulau ini hanya 5 ribu rupiah untuk hari biasa dan 7.500 untuk hari libur. Harga ini akan semakin murah jika kamu datang bersama rombongan. Jika kamu datang bersama minimal 10 orang, tiket yang dikenakan sebesar 3.500 di hari biasa dan 4.500 di hari libur. 

Meskipun sangat murah, namun setidaknya kamu juga harus memikirkan biaya untuk ke Pulau Peucang karena biaya sewa perkapal dengan muatan 20 orang sekitar 3,5 juta (2 hari). Maka dari itu, sangat disarankan untuk datang bersama rombongan agar biaya yang kamu keluarkan tidak terlalu memberatkan. 

Aktivitas Seru Peucang Island

Peucang Island

Melihat Banteng di Cidaon

Spot wisata yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Peucang adalah Cidaon. Letaknya ada di bagian utama Taman Nasional Ujung Kulon. Di tempat ini, kamu bisa bersantai sambil mengamati segerombolan banteng. Kamu juga bisa naik ke sebuah menara untuk melihat pemasangan sekitar yang masih sangat asri. 

Melakukan Perjalanan ke Karang Copong

Salah satu aktivitas seru yang paling banyak diminati baik oleh wisatawan lokal atau mancanegara adalah trekking ke Karang Copong. Karang Copong sendiri sering disebut sebagai replika dari Tanah Lot di Bali namun bedanya ada lubang di wilayah yang satu ini. 

Cek Lainnya :  Liburan Ke Lokasi Syuting Laskar Pelangi, Intip Bangka Belitung Tour Paket Disini

Waktu yang dibutuhkan wisatawan untuk trekking ke Karang Copong biasanya sekitar satu jam. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini untuk melihat sunrise. Pemandangan yang disajikan nantinya pasti membuat pikiran kamu jadi jauh lebih fresh dan tenang. 

Sebagai tips, siapkan sepatu khusus trekking agar kegiatan ini bisa berjalan lancar. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan lotion anti nyamuk karena tempat yang satu ini masih sangat asri jadi banyak serangga yang sangat mungkin menyerang kamu.

Menaiki Perahu ke Muara Ciganter

Tak kalah dengan dua aktivitas seru di atas, di Peucang Island, kamu juga  bisa menaiki perahu kecil atau kerap disebut dengan kano untuk menyusuri Muara Ciganter. Dengan bermodalkan kano ini, kamu bisa menyelusuri dua tempat sekaligus yakni Pulau Handeuleum dan Muara Ciganter. 

Adrenalin kamu akan terpacu ketika kano bergoyang terkena ombak. Ketinggian air yang hampir sejajar dengan perahu juga menjadi salah satu pemicu detak jantung yang cepat. Jika arus sedang tenang, kamu juga bisa bersantai terlebih dahulu di muara. 

Bermain dan Berjemur di Bibir Pantai

Pantai juga termasuk ke dalam destinasi di pulau ini yang sangat sayang untuk kamu lewatkan. Tempat yang kerap dijadikan sebagai pelepas stress akan beban sehari hari ini memiliki sejumlah keistimewaan. Kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini. 

Kamu bisa bermain air, bermain pasir atau bahkan sekedar foto foto cantik di spot Instagramable di pantai yang ada di pulau ini. Selain itu, kamu juga bisa berjemur di bawah sinaran matahari jika cuaca sedang bersahabat. 

Nikmati Bawah Laut Cihkamurusa

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan biota laut di pantai yang ada pada pulau Peucang. Kamu dapat menyaksikan cantiknya terumbu karang serta indahnya biota bawah laut yang lainnya. Snorkeling di Cihkamurusa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

Cek Lainnya :  Paket Tour Dieng Plateau Yang Patut Anda Coba

Kamu juga tidak perlu membawa  alat alat yang digunakan untuk snorkeling karena sudah banyak pihak yang menyewakannya dengan harga murah. Kejernihan air laut yang ada di pantai ini membuat kamu dengan mudah melihat dasar laut. Ini jelas akan menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. 

Jika kamu masih pemula dalam hal snorkeling, kamu sangat mungkin sekali untuk menyewa guide profesional yang akan mengajarkan kamu cara snorkeling sekaligus menjagamu. 

Melihat Aktivitas Fauna Liat

Selain bisa menikmati wisata bawah laut, kamu juga bisa menyaksikan beberapa hewan yang tinggal di sekitaran Peucang Island. Karena alam yang masih sangat terjaga, hewan-hewan di sini sangatlah beragam. 

Beberapa fauna yang sangat mungkin sekali untuk kamu jumpai di sini sebut antara lain monyet, rusa bahkan babi hutan. Hewan-hewan tersebut umumnya ada di sekitaran sebuah padang yang ada di pulau.

Namun, meskipun kamu diperbolehkan untuk melihat dan mengamati hewan liar di tempat ini, kamu dilarang untuk mengusiknya. Mau bagaimanapun, hewan tersebut adalah hewan liar yang akan menyerang jika kamu mengganggunya. 

Nah, itulah serba serbi Peucang Island yang harus dan wajib kamu ketahui sebelum berlibur ke pulau ini. Jadi, bagaimana? Sudah siap berlibur dan melepas penat kamu di Pulau Peucang? 

Kamu bisa mulai merencanakan rencana liburan kamu ke wilayah ini dengan mengikuti open trip Pulau Peucang dari Fun Trip Tour. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot repot lagi untuk mempersiapkan ini dan itu, serta biaya yang dikeluarkan akan lebih terjangkau. Kamu pun bisa menikmati liburan dengan tenang dan nyaman.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !