Pink Beach Labuan Bajo, Pantai Unik dengan Pasir Merah Muda

Funtrips Tour > Uncategorized > Pink Beach Labuan Bajo, Pantai Unik dengan Pasir Merah Muda
Pink Beach Labuan Bajo

Sesuai dengan namanya Pink Beach, pantai ini menawarkan sajian lanskap pemandangan yang berbeda dari lainnya. Pasalnya pasir dari Pink Beach Labuan Bajo memiliki warna pink. 

Tidak heran jika keunikan dan sajian pemandangan yang indah tersebut mampu menarik perhatian dari wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Mungkin kamu sendiri cukup penasaran mengapa warna pasir di pantai ini pink dan berbeda dari pantai lainnya.

Warna pink tersebut berasal dari butir-butir pasir asli berwarna putih dan bercampur dengan terumbu karang berwarna merah yang telah mati. Selain pesona pasir berwarna merah muda, Pink Beach juga menyuguhkan panorama sekitar pantai yang begitu cantik.

Berniat untuk liburan ke Pink Beach Labuan Bajo? Nah, berikut ada beberapa penjelasan mengenai Pantai Pink dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. 

Lokasi Pantai Pink

Pink beach atau Pantai Pink adalah salah satu pulau yang ada di kawasan Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Kamu bisa datang ke sini dengan menempuh perjalanan darat serta laut. Pasalnya letaknya ada di Pulau Komodo yang berjarak 82 km dari Kota Mataram. 

Panjangnya perjalanan hingga ke Pink Beach ini tentu akan terbayar lunas ketika kamu sampai di lokasi. Ya, begitu memasuki kawasan Pulau Komodo, kamu akan disuguhi pemandangan yang indah dan menakjubkan. 

Nah, agar perjalan yang ditempuh terasa menyenangkan sebaiknya kamu pilih kapal dengan kredibilitas baik. Biasanya akan ada kapal yang menawarkan paket berlayar di sekitaran Labuan Bajo. Seperti perjalanan ke Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan juga Pink Beach.

Selain itu, kapal yang kamu pilih juga bisa disesuaikan dengan budget. Mulai dari sewa kapal untuk kunjung pulang pergi atau justru menginap di kapal. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, termasuk juga dengan jumlah hari yang diinginkan untuk berada di Pink Beach Labuan Bajo. 

Cek Lainnya :  Paket Gathering Outing Di Lembang - Paket 01

Rute Perjalanan ke Pink Beach Labuan Bajo

Setelah mengetahui lokasi dari Pink Beach maka berikutnya ada penjelasan mengenai rute perjalanan. 

Pertama kamu perlu naik pesawat terlebih dahulu dengan tujuan Bandar Udara Internasional Komodo. Selanjutnya bisa kamu bisa bermalam terlebih dahulu di Labuan Bajo. Keesokan harinya di pagi hari perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal. 

Jika tidak ingin berlama di Labuan Bajo maka kamu bisa menyesuaikan jadwal pesawat yang bisa sampai pada saat subuh sebelum kapal berlayar. Nantinya kapal akan berlayar dari Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo. Biasanya ada paket wisata yang sudah include kunjungan di beberapa destinasi wisata termasuk Pink Beach Labuan Bajo. 

Jarak tempuh ke Pink beach sendiri akan memakan waktu sekitar 30 menit menggunakan kapal dan 4 jam jika trekking lewat tebing karang serta hutan bakau. Nah, jika kamu memilih untuk trekking, kamu bisa menikmati perjalan dengan panorama yang lebih indah.

Biaya Liburan ke Pink Beach 

Sebelum membahas mengenai harga tiket masuk ke Pink Beach, sebaiknya kamu ketahui anggaran yang dibutuhkan untuk ke sana. 

Sewa kapal menuju ke Pink Beach sangatlah beragam. Jika kamu memilih menggunakan private boat maka akan dibandrol dengan kisaran harga Rp. 800.000 hingga Rp. 900.00 untuk sewa satu kapal pulang dan pergi.

Sedangkan jika menggunakan public boat maka kamu akan dikenai biaya sewa sekitar Rp. 30.0000 sampai Rp. 40.000 per orang untuk untuk satu kali jalan. Sesuaikan saja jenis kapal dengan kebutuhan kamu. 

Selanjutnya mengenai tiket masuk ke Pink Beach Labuan Bajo, kamu hanya akan dikenai tarif tiket sebesar Rp. 10.000 saja untuk wisatawan lokal dan Rp. 50.000 bagi wisatawan mancanegara. Bagaimaca, murah sekali bukan?

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pink Beach

Ternyata selain bermain-main di kawasan wisata Pink beach kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya loh. Seperti menikmati pemandangan bawah laut yang masih alami dengan snorkeling dan diving. Ada berbagai macam jenis terumbu karang serta ikan yang bisa kamu nikmati saat menyelam di taman bawah lautnya.

Cek Lainnya :  Paket Gathering Outing Ke Jogja 3hari 2malam - Kereta Api 001

Apabila kamu hanya ingin berkeliling di pulau-pulau kecil maka bisa menggunakan jasa dari para nelayan. Biasanya ada nelayan yang akan menawarkan kapalnya untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil tersebut. Abadikan setiap momen dan lanskap indah pink beach di kamera. 

Apakah Ada Penduduk di Pink Beach

Perlu kamu ketahui tidak ada pemukiman warga di Pulau satu inu. Jadi kamu dan wisata lainnya hanya bisa bermain dan berkunjung saja di sini. Tidak diperbolehkan untuk menginap. Kamu bisa datang di pagi hari dan pulang saat sore tiba. Selain itu lama kamu berada di Pink Beach juga akan dipengaruhi oleh kondisi dari alam.

Fakta Menarik dari Pink Beach

Sebagai pantai yang berbeda dengan lainnya Pink Beach Labuan Bajo punya keunikannya sendiri. Bahkan ada pula beberapa fakta menarik lainnya. Berikut ada beberapa hal unik dari Pink Beach. 

  • Pasir Berwarna Pink

Seperti yang disinggung sebelumnya, warna pink dari pasir ini berasal dari hewan mikroskopis dengan nama Foraminifera. Hewan kecil tersebut kemudian memberikan pigmen berwarna merah di koral atau terumbu karang. Koral-koral ini terbawa gelombang ke pesisir dan hancur jadi serpihan serta butiran yang bercampur dengan pasir pantai.

Warna pink ini ternyata tidak hanya ada di satu titik saja, tapi hampir sepanjang garis pantai. Pantai di Pulau Komodo punya warna pasir pink kemerahan. Hal jadi tanda bawah wilayah ini ada hewan Foraminifera dengan jumlah yang jumlah banyak. 

  • Terdapat Bukit Savana

Wilayah Flores terkenal dengan iklim yang kering. Oleh sebab itu ada cukup banyak sabana yang dapat kamu temui saat berada di sini termasuk salah satunya di Pink Beach Labuan Bajo. 

Cek Lainnya :  Paket Gathering Outing Ke Jogja 3hari 2malam - Kereta Api 001

Jika kamu menginginkan angle foto unik dan berbeda dari lainnya, maka kamu bisa melakukan aktivitas naik ke atas bukti sabana.

Dari bagian atas bukit, kamu akan disuguhkan keindahan wisata Pantai Pink yang indah. Hamparan air laut berwarna biru serta barisan koral di bagian pesisirnya semakin menghadirkan suasana yang berbeda.  Kamu akan memperoleh lanskap sekeliling yang indah dan sayang jika tidak diabadikan.

  • Rumah dari Komodo Dragon

Pantai Unik dengan Pasir Berwarna Merah Muda

Apabila kali ini kamu baru saja rencana berkunjung pantai ini, maka jangan kaget apabila nantinya bisa saja bertemu komodo dragon. Pasalnya pulau ini merupakan rumah atau habitat asli dari Komodo Dragon. Sebaiknya kamu selalu berhati-hati sebab Pulau di sini tidak berpenghuni, jadi ketika bertemu Komodo Dragon mereka akan menganggapmu musuh. 

Komodo punya gerak lambat, tapi untuk ukuran tubuh yang cukup besar dan bisa berenang tentu binatang ini sangat berbahaya. 

Nah, agar semakin aman berada di Pink Beach Labuan Bajo, sangat disarankan bagi kamu untuk berlibur menggunakan guide. Selain itu, liburan juga akan semakin terencana dan tertata. 

Itu dia beberapa penjelasan mengenai Pink Beach Labuan Bajo, sebagai destinasi wisata menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi selama berada di Nusa Tenggara Timur. 

Sebagai pulau tidak berpenghuni di sini kamu hanya bisa datang pagi dan kembali di sore hari. Sebaiknya juga gunakan paket liburan dan tour guide. Fun Trips Tour akan jadi solusi terbaik. Kami akan memberikan pengalaman liburan di Pink Beach yang tak terlupakan dengan biaya terjangkau.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !