5 Pulau Dekat Ujung Kulon Dengan Pesona Terbaik!

Funtrips Tour > Blog > 5 Pulau Dekat Ujung Kulon Dengan Pesona Terbaik!
pulau dekat Ujung Kulon

Pulau dekat Ujung Kulon – Semakin ke sini semakin banyak orang yang mulai sadar bahwa menjaga kesehatan mental adalah hal penting. Oleh sebab itu tak jarang orang dari jauh-jauh hari sudah mulai merencanakan liburan sejenak untuk refresh dari penatnya rutinitas aktivitas sehari-hari. Ya, perencanaan yang matang dibuat agar bisa memperoleh liburan berkesan dan beda dari biasanya. 

Nah, beberapa persiapan yang perlu kamu pertimbangkan dari jauh-jauh hari yakni meliputi anggaran, transportasi, tempat menginap, agen tour, hingga destinasi wisata. 

Sebagai keberuntungan tinggal di Indonesia adalah, kamu bisa lebih mudah memilih tujuan wisata sebab ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Seperti dataran rendah, dataran tinggi, gunung, laut, wisata religi, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata sejarah dan lainya. 

Jika kamu masih bingung dengan tujuan wisata, mungkin pulau dekat Ujung Kulon bisa jadi opsi yang paling tepat. Kawasan ini tidak terbatas untuk konservasi Badak bercula satu saja ya. Ternyata ada cukup banyak pulau di sana yang punya pemandangan sekaligus pesona laut indah. Berikut beberapa pulau di Ujung Kulon.

Nah, berikut ini beberapa pulau dekat Ujung Kulon yang bisa kamu kunjungi saat liburan nanti.

Pulau Dekat Ujung Kulon

Pulau Peucang

Pulau Peucang biasanya ada di dalam daftar list trip pulau dekat Ujung Kulon. Jadi tidak heran jika pulau ini akan jadi tujuan utama bagi para wisatawan yang akan menjelajahi Ujung Kulon. 

Setibanya di sana kaku akan disuguhi pesona pantai yang begitu eksotis. Hamparan laut dengan warna lazuardi dan ombak yang tenang akan semakin membuat kamu betah lebih lama di sana. Selain itu kamu juga bisa bermain di pasir putih dan lembut. 

Ketika kamu masuk lebih dalam ke pulau, kamu akan bertemu dengan beberapa hewan seperti Babi Hutan, Rusa serta Kera Ekor Panjang. Hewan-hewan tersebut memang dibiarkan berkeliaran bebas disana, sebab Pulau Peucang adalah salah satu wilayah untuk konservasi alam bebas yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon.

Cek Lainnya :  Indahnya Wisata Pulau Pahawang Lampung

Ya, bukan hanya menawarkan alam yang indah saja, pulau Peucang juga memiliki konservasi hewan. 

Pulau Handeleum

Pulau Handeleum adalah satu pulau dekat Ujung Kulon yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap selama mengeksplor destinasi Ujung Kulon. Sebab di pulau sudah ada sebuah bangunan dan difungsikan untuk homestay

Tak hanya beristirahat saja kamu juga akan disuguhi dengan pengalaman yang tidak terlupakan.

Bagaimana tidak, di sini kamu akan bertemu dengan beberapa hewan yang sengaja dibiarkan berkeliaran bebas seperti rusa dan kera berekor panjang. Kamu tak perlu merasa khawatir sebab kera ekor panjang yang ada di sini tidak terlalu agresif.

Bahkan kera-kera tersebut cenderung menjauh ketika didekati manusia. Jadi kamu tidak perlu merasa cemas ketika kera-kera akan mencuri makanan sewaktu-waktu atau mengganggu keamanan kamu. 

Selain kera dan rusa, jika beruntung kamu juga bisa berjumpa burung cantik yang cukup jarang ditemui, yakni burung merak dengan warna indah. 

Namun sayangnya burung merak tersebut hanya ada satu di pulau Handeuleum. Sebagai informasi, burung langka ini cukup agresif serta lebih berani ketika didekati. Jadi, sebaiknya selalu berhati-hati jika hendak mendekat.

Tidak hanya itu saja, pulau Handeuleum juga masih memiliki banyak pohon kelapa yang menyuguhkan pemandangan pantai eksotis. Di bagian belakang penginapan, kamu bisa menikmati birunya air laut dengan ombak yang tenang. Saat menjelang sore hari, kamu bisa menikmati sunset dengan kecantikan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Pulau Dekat Ujung Kulon – Cigenter

Cigenter jadi salah satu pulau dekat Ujung Kulon dengan muara yang bersinggungan secara langsung dengan laut. Ketika berada di pulau ini kamu bisa menggunakan kanopi untuk menjelajah muara di Cigenter. 

Cek Lainnya :  Berlibur dengan Menggunakan Paket Dieng Murah

Air di sungai masih berwarna hijau dengan lebatnya hutan di sisi kanan maupun kiri. Nah, yang lebih menyenangkan, jarak mengarungi muara tidak dibatasi. Sebab kanopi yang dinaiki baru berputar arah ketika diminta. Rasanya seperti dengan menjelajah sungai Amazon ya!

Pulau Cidaon

pulau dekat Ujung Kulon

Apakah sebelumnya kamu sudah pernah melihat kerumunan dari kawanan banteng Jawa? Jika belum, kamu akan diuntungkan ketika berlibur ke pulau dekat Ujung Kulon satu ini, Pulau Cidaon. Pasalnya di pulau ini ada padang sabana yang dihuni belasan sampai puluhan ekor banteng Jawa.

Kamu tidak perlu merasa panik, sebab banteng yang ada di sini tidak akan menyeruduk. Ya, sekalipun saat liburan ke Pulau Cidaon kamu menggunakan pakaian dengan warna merah. Namun kamu juga tidak perlu terlalu mendekat ya untuk berjaga-jaga. 

Begitu masuk ke padang sabana, kamu akan langsung disuguhi tower tinggi. Jangan lupa untuk naik ke tower tersebut untuk menikmati pesona pemandangan alam yang indah dari ketinggian. 

Abadikan pemandnagan padang sabaan Pulau Cidaon yang luas dengan kamera di atas tower. Selanjutnya kamu bisa melanjutkan rekreasi di sabana lepas.

Sayangnya, medan yang harus ditempuh dari dermaga menuju lokasi sabana cukup jauh serta becek terutama saat musim hujan. 

Pulau Badul

Jika dibandingkan dengan pulau dekat Ujung Kulon yang disebutkan di atas, Pulau Badul merupakan salah satu yang menyuguhkan panorama paling indah.

Meski tidak terlalu luas, bahkan ketika dilihat hanya seperti gundukan pasir putih dan sedikit hutan yang berada pada bagian tengah. Namun disinilah pesona tersebut. Ya, pulau Badul ini selayaknya Pulau Gosong yang berada di Kepulauan Seribu yang terkenal keindahannya.

Perpaduan air laut berwarna biru dan masih jernih, gugusan batu karang yang eksotis, serta keindahan dari pulau dengan pasir berwarna putih seakan tampak sempurna. 

Cek Lainnya :  Backpacker ke Belitung dengan Aman? Ini Caranya

Bukan hanya keindahan daratannya saja, pesona bawah laut di Pulau Badul juga begitu menawan.Untuk membuktikannya, kamu bisa membawa peralatan snorkeling demi berburu keindahan bawah laut pulau Badul.

Jika beruntung, kamu juga akan merasakan suasana seperti sedang ada di pulau pribadi ketika tidak banyak wisatawan berkunjung. 

Untuk menuju kesana kamu akan menggunakan perahu dari kawasan Desa Sumur maupun Desa Taman Jaya yang ada di Ujung Kulon. Lama perjalanan dari desa tersebut ke Pulau Badul sekitar 30 menit. 

Hanya saja, butuh sedikit usaha agar bisa datang pulau ini. Kapal yang mengantar kamu ke pulau ini juga tidak dapat mendekat ke pulau karena batu karangnya. Hanya perahu berukuran kecil saja yang bisa menjangkau pulau ini. 

Pulau Badul juga merupakan pulau dekat Ujung Kulon yang tidak berpenghuni. Dengan kata lain kamu tidak bisa menginap di sini ya. Menginap bisa dilakukan pada dua desa di sekitarnya yakni Desa Sumur dan Desa Taman Jaya. 

Tak hanya populer sebagai cagar alam dari hewan badak bercula satu saja, ternyata Ujung Kulon juga punya beberapa pulau cantik yang bisa kamu masukkan ke dalam list destinasi wisata. 

Ya, di atas adalah lima pulau dekat Ujung Kulon yang bisa kamu kunjungi dengan panorama memukau. Dijamin liburan kali ini akan jadi liburan yang mengesankan. Kamu bisa membuat rencana liburan di Ujung Kulon semakin menyenangkan dan tertata bersama Fun Trips Tour. 

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !