1 Tempat Sejuta Keindahan, Pulau Kelor Labuan Bajo

Funtrips Tour > Blog > 1 Tempat Sejuta Keindahan, Pulau Kelor Labuan Bajo
pulau Kelor Labuan Bajo

Menjelang libur, kamu mungkin sudah mulai mempersiapkan berbagai macam planing liburan yang asyik dan berbeda dari sebelumnya. Seperti halnya pergi ke Nusa Tenggara Timur yakin Flores atau Pulau Komodo. Jika iya, maka jangan lupa untuk berkunjung dan singgah sebentar ke Pulau Kelor Labuan Bajo

Pasalnya destinasi wisata satu ini memiliki sajian panorama yang indah dan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Sedikit asing ya? Sebab pulau ini memang bukan destinasi utama dan hanya tempat transit saja. Tenang, meskipun begitu kamu akan senang berada di sini karena bisa menikmati sajian panorama dari gunung, pantai, dan bawah laut. 

Dari pada penasaran langsung saja berikut ada beberapa penjelasan sebagai gambar dari Pulau Kelor. 

Lokasi Pulau Kelor

Pulau Kelor berada di Kabupaten Manggarai, Flores Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi tersebut sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama pasangan ataupun keluarga. 

Keindahan alam yang mempesona semakin menjadikan suasana terasa romantis. Terlebih lagi tempat ini termasuk sepi pengunjung, jadi kamu bisa tenang dan merefresh pikiran selama liburan.

Cara Ke Pulau Kelor 

Perjalanan menuju Pulau Kelor Labuan Bajo  membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari dermaga. Kamu bisa menggunakan speedboat sebagai transportasinya. Perjalanan menggunakan speedboat akan memudahkan kamu melihat keindahan dari Pulau Kelor secara langsung. Kapasitas penumpang biasanya 6 sampai 7 orang. Kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. 

Salah satu tips agar lebih hemat untuk sewa speedboat ke Pulau Kelor Labuan Bajo, kamu bisa menyewanya bersama dengan wisatawan lain. Namun, jika memang kamu menginginkan liburan yang lebih privat sebaiknya pakai jasa tour agent seperti Fun Trips Tour. 

Tiket Masuk

Sebagai pulau untuk persinggahan Pulau Kelor Labuan Bajo saat ini belum ada tiket masuk retribusi atau gratis. Jadi untuk ke sini Anda hanya perlu menyiapkan biaya untuk sewa kapal. Setidaknya kamu akan menikmati hamparan pemandangan alam yang indah saat berada di sini.

Cek Lainnya :  Pertimbangan Memilih Biro Wisata Malang

Fasilitas Pulau Kelor

Berbeda dengan wisata pada umumnya, Pulau Kelor yang ada di Labuan Bajo justru belum didukung dengan fasilitas apapun. Baik itu berupa penginapan atau fasilitas pendukung lainnya. 

Oleh sebab itu sebelum datang ke sini sebaiknya kamu siapkan semua hal yang dibutuhkan secara baik. Sebagai pulau singgah ketika berada di sana, kamu hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja tanpa menginap sebab belum tersedia akomodasi yang memadai. 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat di Pulau Kelor

Meskipun tidak bisa menginap saat berada di Pulau Kelor Labuan Bajo, kamu tetap bisa melakukan beberapa aktivitas sebelum melanjutkan ke destinasi berikutnya. Berikut beberapa aktivitas tersebut:

  • Trekking ke Bukit Pulau Kelor

Sajian pemandangan indah Pulau Kelor berupa hamparan pasir putih lembut, ombak yang tenang dan panorama alam akan terasa sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Saat berada di sini kamu bisa melakukan trekking ke Bukit Pulau Kelor dan hunting foto untuk mengabadikan momen berharga. Kamu bisa bersua foto selfie berlatar belakang pemandangan bukit atau pantai yang tenang.

Bahkan jika kamu bukan tipe yang suka berfoto selfie, maka tidak perlu khawatir. Sebab kamu bisa mencoba untuk memfoto lanskapnya. Pemandangannya tidak kalah keren dengan wisata lainnya seperti Pulau Komodo ataupun Pulau Padar. Foto akan semakin terlihat keren dan kece saat diambil di atas bukit Pulau Kelor.

Pulau Kelor tergolong sebagai pulau yang sepi, jadi masih jarang dijadikan sebagai destinasi tujuan wisata utama di Labuan Bajo. Tentu suasana yang sepi akan menjadikan hasil dari hunting foto lebih bagus dan tentunya tidak bocor.

  • Snorkeling dan Berenang

Tak hanya menyuguhkan lanskap pemandangan yang indah saja, Pulau Kelor Labuan Bajo juga terkenal dengan keindahan di bawah laut yang masih alami. Air laut di sini masih sangat jernih dan tenang. Bahkan terumbu karangnya juga masih alami. Dijamin aktivitas snorkeling kamu akan semakin menyenangkan.

Cek Lainnya :  Wisata Tak Terlupakan dengan Paket Belitung

Jika kamu lebih suka berenang, maka tidak ada salahnya untuk melakukannya di Pulau Kelor. Pasalnya ombaknya tergolong tenang dan cocok untuk berenang di tepian pantai. 

Sebaiknya kamu bawa peralatan yang dibutuhkan sendiri. Sebab seperti penjelasan di atas masih belum ada fasilitas di Pulau Kelor jadi tidak mungkin bagi kamu untuk menyewa peralatan. 

  • Diving untuk Menikmati Pemandangan Bawah Laut

Apabila berenang dan snorkeling dirasa masih kurang, maka kamu bisa melakukan aktivitas menyelam atau diving. Akan ada sajian pemandangan bawah laut yang indah berupa ikan warna-warni dan juga terumbu karang. Namun kamu perlu memperhatikan kedalaman menyelam juga ya. Sebaiknya jangan menyelam terlalu dalam jika memang belum expert dan peralatan masih dirasa belum lengkap. 

Itu dia beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama singgah di Pulau Kelor Labuan Bajo. Sebagai pulau singgah yang masih belum didukung dengan fasilitas apapun sebaiknya selalu perhatikan keselamatan kamu saat berada di sana. 

Selain itu, persiapkan hal yang dibutuhkan dengan benar agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tips dan Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat ke Pulau Kelor Labuan Bajo

Kamu tentunya tidak ingin jika liburan kali ini kurang menyenangkan, bukan? Jika iya sebaiknya persiapkan beberapa hal yang perlu dibawa. Meskipun memang kamu hanya transit sebentar di Pulau Kelor sebelum melanjutkan ke destinasi wisata utama lainnya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berwisata di bawah ini!

  • Pilih Waktu Terbaik

Tips pertama adalah pulih waktu yang terbaik untuk ke Pulau Kelor. Sangat disarankan untuk berkunjung di musim kemarau. Sebab saat musim hujan kamu tidak bisa singgah untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan alamnya. 

Cek Lainnya :  Dijamin Fantastis! Yuk Gunakan Belitung Tour And Travel

Waktu terbaik yang bisa dipilih untuk berkunjung adalah antara bulan April hingga Juni dan dari bulan September hingga November. Sebab di antara bulan April dan November, cuaca sedikit curah hujan serta memiliki suhu panas yang cukup tinggi.

Sedangkan untuk Juli dan Agustus jadi bulan terpanas bahkan biasanya paling ramai. Jadi apabila kamu ingin punya pengalaman damai tenang di Pulau Kelor Labuan Bajo cobalah hindari bulan-bulan ini.

  • Bawa Alat Snorkling Sendiri

Tidak ada tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Kelor. Jadi ketika kamu tidak membawa peralatan snorkeling sendiri maka langkah lainnya adalah dengan  menyewanya di dekat dermaga sebelum speedboat atau kapal berangkat menuju ke Pulau Kelor.

  • Sepatu atau Sandal?

Dikarenakan medan untuk pendakian ke bukit atau puncak dari Pulau Kelor cukup terjal serta berpasir, sangat disarankan untuk memakai sepatu anti slip. Tujuannya adalah agar mempermudah trekking menuju bukit yang cukup licin serta terjal. Selain itu, bawa juga pelindung kepala dan sunblock agar kulit lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

Bagaimana sudah siap liburan ke Flores Nusa Tenggara Timur? Tepatnya di Pulau Kelor Labuan Bajo. Jika iya, sebaiknya persiapkan diri sebaik mungkin. 

Di atas adalah beberapa gambaran mengenai pulau tersebut. Nah, agar liburan makin menyenangkan sebaiknya dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan sebaiknya gunakan tour and travel dan tour guide terbaik, dan Fun Trips Tour adalah solusinya!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !