Rangkaian Acara Menarik Selama Dieng Cultur Festival

Funtrips Tour > Blog > Rangkaian Acara Menarik Selama Dieng Cultur Festival
Rangkaian Acara Menarik Selama Dieng Cultur Festival

Salah satu acara lokal yang banyak menarik para wisatawan di bulan Agustus yaitu dieng cultur festival. Event yang dilakukan tahunan tersebut memang rutin di pertontonkan tiap tahun, tepatnya yaitu pada bulan Agustus. Sesuai namanya, acara tersebut adalah perhelatan budaya yang mana disajikan dengan gaya modern dengan banyak acara menarik di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Dieng sekaligus menyimak tradisi unik ini, maka Anda harus datang di waktu yang tepat. Selain bisa menikmati keindahan alam Dieng, Anda juga bisa melihat keunikan budaya yang ada di lokasi wisata ini. Lokasinya yang diatas pegunungan memang menjadi ciri khas Dieng yang cukup dingin. Maka dari itu, persiapkan berbagai macam keperluan sebelum Anda pergi ke lokasi ini.

Apa Saja Rangkaian Acara Menarik Selama Dieng Cultur Festival?

Festival dieng cultur festival umumnya diselenggarakan selama 3 hari dengan deretan acara seru yang dapat Anda lihat. Nah bagi Anda yang penasaran, maka berikut ini merupakan acara-acara yang menarik selama dieng culture festival.

– Musik Jazz di Atas Awan

Bagi Anda yang sangat gemar musik, utamanya musik jazz, maka sangatlah tepat untuk berkunjung ke dieng cultur festival. Pertunjukan musik jazz dieng ini tak seperti pertunjukan lainnya, karena memang dilakukan di alam terbuka. Para penonton akan duduk di bagian tangga, lengkap dengan penghangat yang dapat Anda gunakan untuk membakar kentang serta jagung.

Artis yang memainkan musik itu sendiri tiap tahunnya berbeda-beda. Beberapa dari dalam negeri dan beberapa juga dari luar negeri. Karena pertunjukan tersebut dilakukan pada malam hari, maka Anda harus memakai jaket selama proses menonton, oleh karena cuaca yang dingin bahkan dapat mencapai 0⁰ C.

– Potong Rambut Gimbal Dieng

Acara menarik berikutnya yaitu pemotongan rambut gimbal. Pemotongan rambut ini bisa dikatakan merupakan puncak acara dari dieng cultur festival. Tradisi yang satu ini adalah ritual rutin yang dilakukan oleh masyarakat setempat sejak dahulu kala.

BACA JUGA Akomodasi Pulau Peucang yang Direkomendasikan

Sebelum prosesi pemotongan rambut, orang tua perlu mewujudkan keinginan dari anak-anak mereka. Kemudian anak tersebut akan dibawa berkeliling ke kampung yang mana letaknya berada di ketinggian 2000 m dari permukaan laut.

Kemudian setelah itu mereka akan dibawa ke area candi untuk pemotongan rambut. Proses pemotongan rambut merupakan hal yang sangat sakral dan tidak main-main. Hanya para tetualah yang nantinya diizinkan untuk memotong rambut anak-anak tersebut.

– Menikmati Matahari Terbit di Bukit Sikunir

Di dalam dieng cultur festival nantinya Anda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit di sebuah bukit yang bernama bukit sikunir. Bukit tersebut memang merupakan dataran tinggi yang menjadi favorit wisatawan untuk bisa melihat sunrise.

Nantinya para pengunjung akan menuju puncak bukit saat dini hari agar bisa melihat panorama matahari terbit yang muncul di balik awan dan pegunungan sekitar. Namun penting untuk diingat, bahwasannya terdapat banyak orang atau wisatawan yang juga ingin menyaksikan momen tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat menuju ke bukit. Usahakan barang-barang Anda tetap berada dalam jangkauan.

– Kembang Api dan Lampion

Acara menarik berikutnya di dieng cultur festival yaitu pesta kembang api dan lampion. Nantinya akan ada acara pelepasan ribuan lampion yang diterbangkan hingga ketinggian 100 meter sampai 200 meter.

Sekalipun lampion-lampion tersebut berjumlah sangat banyak, namun hal tersebut tidak akan membahayakan. Anda bisa melihat keindahan lampion-lampion yang terbang diatas langit Dieng di malam hari yang dingin. Agar lebih afdol, Anda bisa menyimak keindahan lampion sambil ditemani secangkir kopi atau teh yang bisa Anda pesan di lokasi.

Umumnya acara pelepasan lampion serta kembang api akan dimulai pada pukul 20.30 hingga pukul 21.30. Setelah acara ini berakhir, Anda masih bisa melakukan kegiatan lain seperti menikmati dinginnya malam di Dieng. Apalagi jika Anda memutuskan untuk membuat camp di sekitar lokasi wisata, tentu rasanya akan terasa sangat berbeda.

– Pertunjukan Seni

Tak hanya melihat keindahan dari sunrise ataupun lampion saja, tapi nanti Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni. Pertunjukan seni tersebut akan di pertontonkan di banyak lokasi. Salah satu contoh pertunjukan seni yang bisa Anda nikmati yaitu pemutaran film, sendratari, pertunjukan wayang kulit dan lain sebagainya.

Semua pertunjukan itu akan diselenggarakan di beberapa wilayah sekitar Dieng, seperti contohnya telaga warna dan juga tempat wisata lainnya. Tentu acara ini membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Itulah sekilas tentang dieng cultur festival yang bisa mengobati rasa penasaran Anda yang belum pernah datang ke Dieng. Bagi yang belum kesini, sangat disarankan untuk bisa berkunjung dan menikmati nuansa khas wisata di atas langit ini.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !