Selalu Diburu, Berikut Cara Beli Tiket Dieng Culture Festival

Funtrips Tour > Blog > Selalu Diburu, Berikut Cara Beli Tiket Dieng Culture Festival
cara beli tiket Dieng Culture Festival

Salah satu kawasan wisata tersohor di Jawa Tengah adalah Dataran Tinggi Dieng. Kawasan wisata ini berada di ketinggian 2000 mdpl dengan udara yang cenderung dingin. Selain wisata juga terdapat event tahunan kondang yakni Dieng Culture Festival. Apabila anda ingin mengikuti acara ini, anda harus mengintip cara beli tiket Dieng Culture Festival berikut.

Sebenarnya Apa Itu Dieng Culture Festival?

Awal mula acara tahunan ini dimulai ritual masyarakat Dieng untuk mencukur rambut bocah gimbal. Hingga akhirnya pada tahun 2010, acara bertajuk Dieng Culture Festival resmi dijadikan sebagai acara tahunan. Dalam event ini acara puncaknya yakni mencukur rambut anak gimbal. Memang bocah gimbal ini merupakan fenomena yang unik.

Rambut gimbal ini akan tumbuh secara alami dan ditandai dengan suhu tubuh yang panas. Dan masyarakat percaya jika anak anak ini adalah titisan dewa. Untuk mencukurnya harus dengan ritual, jika tidak maka akan kembali tumbuh. Acara pemotongan ini memiliki prosesi yang cukup panjang, mulai dari ritual doa sampai dengan pencukuran.

BACA JUGA : Serunya DCF Dieng Dan Destinasi di Sekitarnya

Pencukuran akan dilakukan di Candi Arjuna sebelumnya akan ada arak arakan terlebih dahulu. Namun perlu anda tahu, jika pemotongan rambut ini bukanlah acara satu satunya. Akan ada rangkaian kegiatan lainnya selama DCF berlangsung, seperti jalan sehat, Minum Purwaceng massal, pagelaran seni sampai dengan festival lampion.

Tak heran jika banyak diburu oleh wisatawan dan banyak yang penasaran cara beli tiket Dieng Culture Festival. Untuk 2 tahun terakhir, memang tidak diadakan seperti di tahun 2019. Mengingat masih dalam masa pandemi yang tidak disarankan untuk berkerumun. Sehingga wisatawan hanya bisa menikmati acara puncak secara daring.

Cek Lainnya :  Open Trip Dieng Menawarkan Wisata Alam dan Budaya

Cara Beli Tiket Dieng Culture Festival

Sebelum acara berlangsung, biasanya akan ada pengumuman di website resminya. Dimana nantinya juga akan ada pengumuman kapan pembelian tiket dibuka. Maka dari itu pastikan anda untuk mengecek secara berkala. Apalagi tiket DCF selalu ditunggu, sehingga akan cepat habis jika tidak cepat membelinya. Saat ini tiketnya juga dijual secara online.

Anda bisa mengunjungi fetivaldieng.com ataupun media sosial Instagramnya. Selain dibeli secara online, banyak juga yang menawarkan open trip. Tetapi anda harus berhati hati, karena tidak sedikit yang menjadi korban penipuan. Selalu dihimbau untuk wisatawan yang akan datang agar tak mudah terpancing berita penjualan tiket.

cara beli tiket Dieng Culture Festival di website akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan website akomodasi seperti Traveloka. Tiket event ini biasanya akan dijual dan cara membelinya sama seperti ketika anda booking tiket online. Melalui platform ini tentunya bisa jadi alternatif yang juga terpercaya.

Untuk harga tiketnya sekitar Rp 350 ribu untuk tiket di tahun 2019 silam. Sementara dua tahun ini masih belum dibuka untuk umum. Sehingga bisa saja di masa mendatang akan mengalami kenaikan. Dengan membeli tiket tersebut, anda juga sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti masuk ke dalam beberapa destinasi wisata yang ada.

Destinasi Yang Bisa Sekalian Dikunjungi

Rangkaian acara yang bisa dinikmati oleh wisatawan memang begitu panjang. Mulai dari festival lampion, jazz di atas awan, ruwatan, pertunjukkan seni sampai dengan pesta kembang api. Biasanya acaranya akan berlangsung antara 2 sampai dengan 3 hari. Dengan membayar harga tiket, pengunjung juga bisa sekalian mengunjungi wisatanya.

Satu paketnya akan terdiri dari kain batik, tshirt DFC, souvenir dan tiket 3 objek wisata. Objek wisata tersebut terdiri dari Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan juga Telaga Warna. Tentu anda tahu jika ketiga wisata tersebut adalah wisata hits. Untuk itu wajib bagi anda mengetahui bagaimana cara beli tiket Dieng Culture Festival di masa mendatang.

Cek Lainnya :  Estimasi Wisata dan Biaya Ke Derawan

Di Kawah Sikidang, anda bisa menikmati pemandangan kabut putih yang begitu menawan. Terbentuk karena aktivitas letusan vulkanik, anda bisa mendekat untuk melihat secara langsung kawahnya. Menjadi kawah yang masih aktif, pengunjung harus mematuhi petunjuk keamanan yang ada. Di sini selain berburu foto, anda juga bisa merebus telur di kawahnya.

Selain Kawah Sikidang, anda bisa menikmati telaga warna yang bisa berubah warna. Atau gugusan candi Arjuna yang begitu megah, candi Arjuna menjadi tempat pemotongan rambut gimbal. Beberapa wisata lainnya seperti Bukit Sikunir juga menarik disinggahi. Di Bukit ini anda bisa menyaksikan golden sunrise yang menawan.

Dijamin anda tak akan menyesal mengetahui bagaimana cara beli tiket Dieng Culture Festival, karena memang ada banyak hal yang bisa digali. Beberapa momen yang banyak ditunggu adalah saat penerbangan lampion di malam hari. Atau juga acara jaza di atas awan yang seru dan menyenangkan.

Kendati beberapa tahun belakangan ini belum bisa membuat acara sebesar sebelumnya, Dieng Culture Festival masih yang ditunggu tunggu. Ada banyak hal menarik yang bisa di eksplore, baik dari wisata budaya dan wisata alamnya. Pastikan anda update agar tidak ketinggalan kapan tiket akan dibuka. Untuk tahun 2021 sendiri sudah selesai digelar.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !