Tak Hanya Cidaon Ujung Kulon, Yuk Jelajahi Pesona di Taman Nasional Ujung Kulon

Funtrips Tour > Blog > Tak Hanya Cidaon Ujung Kulon, Yuk Jelajahi Pesona di Taman Nasional Ujung Kulon
Tak Hanya Cidaon Ujung Kulon, Yuk Jelajahi Pesona di Taman Nasional Ujung Kulon

Pesona Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, selalu saja ada tempat menarik yang bisa dikunjungi. Salah satunya yang menarik perhatian adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Selain terkenal dengan satwanya, keberadaan Cidaon Ujung Kulon juga mencuri perhatian. Untuk menjelajah taman nasional ini, anda bisa mengintip ulasan berikut.

Mengintip Pesona Cidaon Ujung Kulon

Jika anda ingin merasakan liburan layaknya di padang savana, maka anda bisa menjadikan Cidaon Ujung Kulon sebagai tujuan. Rasanya memang tidak lengkap jika singgah di TNUK tetapi tidak mampir ke Padang Penggembalaan Cidaon ini. Lokasinya berada di sebelah barat dari TNUK dan merupakan padang rumput yang begitu luas.

Memiliki luas sekitar 4 hektar, kawasan ini menjadi tempat berkumpulnya pada satwa untuk mencari makan. Satwa tersebut mulai dari banteng, sapi, kerbau juga badak bercula satu. Burung merak pun kadang mengunjungi padang rumput ini. Untuk badak bercula satu memang jarang terlihat, mengingat populasinya juga semakin langka.

Jika anda ingin menikmati keindahannya, maka anda bisa datang dari pagi pukul 06.00 sampai 17.00. karena pada saat itu biasanya para satwa akan berkumpul. Hanya saja anda harus berhati hati ketika mendekat dan berlindung di balik pohon. Tentu saja agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Cidaon Ujung Kulon juga dekat dengan Pulau Peucang, sehingga mudah dijangkau.

BACA JUGA : Menikmati Keindahan Bukit Teletubbies Gunung Prau Di Dieng

Selain bisa menikmati satwanya, anda juga bisa merasakan menjelajah hutan. Terutama untuk anda yang senang dengan berpetualang. Walaupun dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, yakni butuh waktu 3 hari untuk sampai di lokasi. Tetapi akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan begitu saja.

Cek Lainnya :  Memanfaatkan Fasilitas Wisata dengan Berbagai Jenis Paket Tour Derawan yang Bisa Anda Pilih

Sementara jika menggunakan perahu atau kapal, hanya butuh waktu kisaran  15 menit saja. Pastikan anda membawa kamera untuk menikmati keindahan Padang Cidaon ini. Karena sayang rasanya jika tidak mengabadikan satwa satwa dari dekat. Jika anda beruntung tentu anda akan bisa bertemu para satwa yang sedang makan di padang rumput ini.

Tujuan Wisata di TNUK Selain Cidaon Ujung Kulon

  1. Pulau Handeuleum

Selain bisa mengunjungi padang rumput Cidaon Ujung Kulon, anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya. Karena memang pesona dari Taman Nasional ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Tujuan yang menarik adalah Pulau Handeuleum yang lokasinya di bagian timur Semenanjung Ujung Kulon. 

Yang membuat pulau cantik ini unik adalah kehadiran rel kereta yang langsung mengarah ke laut. Perlu anda tahu Pulau satu ini memiliki beberapa bagian terdiri Handeuleum kecil, sedang dan besar. Masing masingnya akan memiliki kekayaan alam yang membuat jatuh hati. Salah satunya adalah kehadiran hutan bakaunya yang berisikan berbagai spesies.

  1. Pulau Peucang

Setelah ke Pulau Heuleum anda juga bisa mampir ke Pulau Peucang. Pulau ini memiliki gugusan karang dengan pasir putih yang indah. Cocok untuk anda yang ingin menikmati suasana bahari yang menyejukkan. Pengunjung bisa mencoba snorkeling ataupun diving untuk mengintip bawah lautnya yang terjaga dan memiliki banyak biota yang cantik.

Karena masih dalam kawasan Taman Nasional, tentu saja anda juga akan menemukan alam yang alami. Beberapa satwa sperti rusa juga monyet ekor panjang bisa anda temui. Pulau Peucang juga lokasinya dekat dengan Cidaon Ujung Kulon. Membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja dengan menyeberang. Inilah alasan keduanya selalu jadi tujuan para wisatawan.

  1. Gua Sanghyang Sirah
Cek Lainnya :  Tak Hanya Indah, Mari Simak Akomodasi Pulau Peucang Yang Bisa Ditemukan

Jika anda termasuk yang menyukai hal berkaitan dengan sejarah, maka jangan sampai melewatkan Gua Sanghyang Sirah. Berada di bagian semenanjung Ujung Kulon ini akan berkaitan dengan cerita Raden Kiansantang. Konon katanya menjadi bagian dari perjalanan Kian Santang di masa Prabu Siliwangi, tepatnya pada masa Kerajaan Pajajaran.

  1. Pulau Panaitan

Bahari milik Ujung Kulon memang tidak akan membuat anda kecewa. Selain Pulau Peucang anda juga bisa singgah di Pulau Panaitan. Pulau cantik ini dikenal sebagai spot diving yakni di Legon Kadam da Legon Lintah pada bagian utara. Sementara di bagian selatannya anda bisa singgah di Karang Jajar dan Legon Samadang. Lautannya juga sangat cocok untuk surfing pada Teluk Kasuarisnya.

  1. Sumber Air Panas Cibiuk

Selain singgah di Cidaon Ujung Kulon, anda juga bisa mengunjungi Sumber Air Panas Cibiuk. Berada 2k, dari Tamanjaya, cocok untuk anda yang ingin merasakan tubuh lebih rileks. Banyak juga yang percaya jika kandungan air panasnya mampu menyembuhkan banyak jenis penyakit kulit. Destinasi satu ini akan menjadi penutup perjalanan yang sempurna.

Ada banyak kegiatan seru yang ditawarkan mengingat tujuan wisatanya juga banyak. Anda tak hanya bisa bertemu dengan satwanya, tetapi juga disuguhkan pemandangan alam yang indah. Rasanya memang tidak akan bosan jika liburan ke tempat satu ini. Apalagi Ujung Kulon juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan akomodasi yang memadai bagi wisatawan.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !