Tips backpacker ke Derawan dengan Biaya Hemat

Funtrips Tour > Blog > Tips backpacker ke Derawan dengan Biaya Hemat
Tips backpacker ke Derawan dengan Biaya Hemat

Kepulauan Derawan memiliki setidaknya 30 pulau lebih yang ada di dalamnya. 4 pulau yang paling populer di antaranya yaitu pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban. Hal yang menjadikan pulau tersebut banyak diminati oleh para wisatawan yaitu ekosistem pesisir seperti contohnya padang lamun, terumbu karang dan hutan bakau. Anda yang berencana untuk backpacker ke Derawan, maka berikut ini adalah tips untuk Anda.

Tips backpacker ke Derawan

Berlibur ke pulau Derawan memang sangatlah menyenangkan. Karena memang tempat tersebut menyuguhkan banyak sekali keindahan alam bagi Anda para wisatawan. Ada banyak sekali cara untuk berwisata ke tempat tersebut.

Salah satunya yaitu dengan Anda backpacker ke Derawan. Beberapa orang memang cenderung lebih suka untuk backpacker jika ingin melakukan wisata. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan saat memutuskan untuk backpacker ke Derawan.

– Pilih Transportasi Terjangkau dan Berangkat Saat Low Season

Tips pertama saat Anda ingin backpacking ke Derawan yaitu pilihlah transportasi terjangkau. Jika Anda berasal dari luar pulau Kalimantan, seperti contohnya Jakarta, Surabaya ataupun Bandung, maka bisa memakai transportasi jalur udara.

Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta ke Balikpapan lebih dahulu, baru melanjutkan perjalanan ke Berau. Ketika sampai di tempat tersebut, Anda bisa melanjutkan ke Tanjung Batu dengan menggunakan mobil travel.

Keuntungan ketika Anda melalui perahu di sini, nanti Anda juga bisa mampir ke tempat-tempat indah seperti Labuan Cermin. Untuk menyeberang menuju ke pulau Derawan Anda bisa menyewa speed boat.  Kisaran harga untuk melakukan sewa tersebut yaitu sebesar Rp 100.000.

Sedangkan untuk Anda yang tinggal di pulau Kalimantan, maka jalur darat merupakan pilihan paling murah. Biaya yang akan dihabiskan untuk jalur darat ini kurang lebih antara Rp 600.000 hingga Rp 700.000.

Selain itu untuk dapat menghemat biaya, Anda juga perlu berangkat saat low season, karena memang saat itu merupakan waktu dimana tidak terlalu banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Selain bisa menghemat biaya, berangkat saat low season juga membuat Anda lebih leluasa untuk menjelajah tempat wisata.

– Bawa Perlengkapan Secukupnya

Tips berikutnya ketika Anda hendak berlibur ke Derawan adalah membawa perlengkapan secukupnya. Anda hanya perlu untuk membawa uang tunai yang tidak terlalu banyak. Sesuaikan saja dengan estimasi yang telah disusun.

Sangat tidak disarankan untuk membawa uang tunai dengan jumlah yang terlalu banyak. Selain hal tersebut untuk menghindari Anda dari pemborosan, dengan membawa uang tunai secukupnya bisa menghindari Anda dari hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Selain itu Anda juga perlu untuk membawa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan nantinya ketika sampai di pulau Derawan. Anda bisa membawa perlengkapan diving sendiri, sehingga ketika sampai di tempat tujuan tidak perlu membeli peralatan tersebut, hal itu hanya akan membuat Anda jadi boros.

Kelengkapan lain yang juga tidak boleh dilewatkan yaitu peralatan seperti alat makan, mandi serta obat-obatan. Semua itu perlu untuk Anda bawa dan siapkan dari rumah sebelumnya. Terlebih jika di sini Anda memiliki keluhan tertentu, seperti contohnya obat yang dibutuhkan sulit untuk ditemukan di area wisata, tentunya hal tersebut akan sangat berbahaya.

Jangan lupa pula untuk membawa serta tabir surya. Dengan begitu kulit Anda tidak akan terbakar oleh sinar matahari selama melakukan kunjungan wisata ke Derawan.

BACA JUGA : Berkunjung ke Bandara Derawan, Ini Rekomendasi Wisatanya

Spot Wisata yang Ada di Derawan

Ada begitu banyak pilihan spot menarik yang ditawarkan kepulauan Derawan. Lokasi yang ada di perairan membuat sebagian besar wisatanya berupa pantau dan pulau-pulau cantik.

Spot pertama yang wajib Anda kunjungi ketika berada di sini yakni Pantai Pulau Derawan. Pantai di pulau ini memiliki air yang sangat jernih layaknya pantai di Maladewa. Saat cuaca cerah, air laut terlihat sangat biru kehijauan. Sangat cocok untuk aktivitas snorkling ataupun diving. Saat malam tiba, Anda dapat menyewa cottage yang sudah disediakan pihak pengelola.

Untuk bisa sampai ke lokasi, Anda bisa langsung ke pelabuhan Tanjung Batu dari bandara Berau. Jika sudah sampai pelabuhan, Anda tinggal melanjutkan perjalanan air dengan menggunakan speedboat kurang lebih 30 menit untuk sampai lokasi.

Spot berikutnya yakni ada pulau Kakaban. Disini, Anda dapat menemukan sensasi berenangan bersama ubur-ubur. Ya, pulau ini memiliki danau yang dihuni oleh ubu-ubur. Anda tidak perlu khawatir karena ubur-ubur disini aman dan tebrilang jinak.

Selanjutnya, ada Goa Haji Mangku. Bagi yang bosan dengan wisata pantai, lokasi wisata ini bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya hanya berjarak 20 menit dari pulau Maratua menggunakan speedboat. Gua ini memiliki air biru jernih yang sangat indah. Sangat cocok dijadikan background foto.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pelajari tentang backpacker ke Derawan. Berbagai tips serta spot wajib untuk dikunjungi bisa Anda jadikan referensi. Perlu diketahui, masih ada banyak lagi spot-spot indah lain yang bisa Anda kunjungi.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !