Wisata dari Berau ke Derawan

Funtrips Tour > Blog > Wisata dari Berau ke Derawan
Wisata dari Berau ke Derawan

Berwisata dari Berau ke Derawan tentunya mempunyai rintangan tersendiri. Wisatawan bisa memilih untuk melalui jalur darat, laut, maupun udara. Untuk fasilitas yang ada di pulau tersebut tentu saja tidak seperti yang ada di perkotaan besar. Kepulauan Derawan sendiri memiliki 4 pulau utama yang sering didatangi oleh wisatawan. Empat pulau tersebut yakni Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Derawan. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan wisata ke Pulau Derawan atau dari Berau ke Derawan.

Transportasi Wisata dari Berau ke Derawan

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Pulau Derawan berada di Kab Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Oleh karena itu, jarak paling dekat bisa dengan menaiki pesawat terbang untuk tiba di Kalimantan Timur dengan mengambil tujuan Balikpapan.

Apabila melewati jalur udara, maka Anda akan terbang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta menuju ke Bandara Internasional Sepinggan di Balikpapan yang memerlukan waktu sekitar 1 jam 51 menit lamanya.

Perjalanan akan dilanjutkan lagi hingga sampai di Kab Berau dengan jalur udara. Waktu perjalanannya sekitar 30 menitan dari Bandar Udara Internasional Sepinggan hingga tiba di Bandar Udara Kalimarau. Setidaknya ada 4 penerbangan yang beroperasi dari Balikpapan menuju ke Berau, yang mana dua diantaranya yakni Trigana Air serta Batavia Air.

Selanjutnya, dari Berau pengunjung masih harus menggunakan jalur laut supaya tiba di Pulau Derawan. Anda dapat menyewa mobil mulai harga 350 ribu rupiah dari Bandara Kalimarau untuk menuju ke Pelabuhan Tanjung Batu. Perjalanan jalur darat tersebut akan memakan waktu sekitar 2 jam saja. Nah, setelah itu Anda pun akan tiba di Pulau Derawan.

Berbagai Destinasi Wisata di Derawan

Saat datang ke Pulau Derawan maka Anda akan menemukan berbagai destinasi wisata alam yang sungguh memukau. Destinasi wisata Goa Haji Mangku menjadi salah satu yang harus dikunjungi karena keunikannya. Goa ini mempunyai bibir yang bentuknya vertikal dan bagian dalamnya dipenuhi oleh air. Oleh karena itu, goa ini sekilas akan terlihat menyerupai sebuah kolam atau danau. Bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang, maka bisa menikmati serunya berenang di sana.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke kawasan konservasi penyu yang sangat cantik. Di sana banyak ditemukan penyu yang sedang bertelur. Bahkan, di waktu-waktu tertentu Anda akan melihat aktivitas pelepasan ke lautan untuk penyu kecil atau tukik-tukik yang baru saja menetas.

Kemudian, nikmatilah sensasi keindahan alam yang disuguhkan oleh Danau Labuhan Cermin. Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini memang sudah populer dengan airnya yang jernih bak cermin. Untuk dapat tiba di danau ini, pengunjung harus menjelajahi sungai terlebih dahulu dengan ditumbuhi oleh rimbunnya bakau. Segarkan kembali pikiran Anda dengan berenang di air danau tersebut.

Selain itu, bagi pengunjung yang menyukai memacu jiwa adrenalin, maka objek wisata yang tepat adalah Blue Light Cave. Di sini Anda bisa merasakan kseruan menyelam langsung ke lautan biru yang memiliki kedalaman hingga 12 meter. Oleh karena itu, pengunjung wajib menyiapkan perlengkapan diving ataupun menyewanya saja di dekat lokasi. Tenang saja karena nantinya ada pemandu profesional yang akan menemani kegiatan diving.

BACA JUGA : Estimasi Wisata dan Biaya Ke Derawan

Alasan Mengapa Harus Berwisata ke Derawan

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menyempatkan liburan ke pulau Derawan. Alasan pertama yakni memiliki keindahan laut yang mirip seperti Maladewa. Air lautnya yang jernih serta terdapat cotage cotage yang ada diatas permukaan air laut membuat nuansa Malaweda sangat kental disini. Ketika menginap disini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari pagi hingga malam hari.

Alasan kedua yakni memiliki kekayaan terumbu karang terbanyak kedua setelah Raja Ampat. Bagi Anda yang berada di pulau Jawa, Sumatra, ataupun Sulawesi, Anda tak perlu jauh-jauh pergi ke Raja Ampat. Pulau Derawan tercatat memiliki spesies terumbu karang terbanyak kedua di Indonesia dengan sekitar 460an jenis spesies.

Alasan ketiga memiliki spot diving yang mendunia. Dengan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang ada di dalamnya membuat pulau ini cocok untuk dijadikan spot diving. Ada begitu banyak spot-spot diving menarik yang dapat dijumpai disini. Jadi, bagi pecinta wisata bawah laut, pulau ini merupakan pilihan yang tepat.

Alasan selanjutnya yakni memiliki gugusan pantai dan laut yang cantik. Sebagai sebuah kepulauan, Berau ke Derawan tentunya memiliki banyak pulau-pulau kecil disertai pantainya yang eksotis. Jadi, tidak hanya satu atau dua pantai saja yang bisa dikunjungi, tapi ada begitu banyak.

Nah, itulah beberapa hal penting yang berkaitan dengan wisata Berau ke Derawan di Kalimantan Timur. Ciptakan pengalaman yang seru dan tidak terlupakan seumur hidup dengan mengunjungi tempat tersebut. Ajak pula rombongan supaya perjalanan tidak terasa membosankan.

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !