7 Wisata Malam Belitung yang Populer, Menikmati Cafe Open Air Hingga Melihat Tarsius

Funtrips Tour > Blog > 7 Wisata Malam Belitung yang Populer, Menikmati Cafe Open Air Hingga Melihat Tarsius
7-Wisata-Malam-Belitung-yang-Populer-Menikmati-Cafe-Open-Air-Hingga-Melihat-Tarsius

Pulau Belitung dengan segala keindahannya membuat siapapun betah selama datang berkunjung untuk menghabiskan waktu liburan. Rasanya setiap waktu yang ada sayang sekali jika tidak digunakan untuk menjelajah setiap inci pesona Belitung. Oleh karena itu, anda juga dapat menikmati wisata malam Belitung untuk memaksimalkan waktu liburan yang dimiliki. Berikut destinasi populer yang bisa dikunjungi.

Wisata Malam Belitung yang Populer Dikunjungi Turis

1. Cafe Cafe Open Air di Pantai Tanjung Pendam

Di sekitar Pantai Tanjung Pendam di Kota Tanjung Pandan, anda bisa menemukan banyak cafe dengan konsep open air. Konsep yang diusung ini membuat pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar dengan leluasa. Sehingga anda dapat menikmati hidangan di cafe sambil dimanjakan dengan panorama di sekeliling yang begitu menghibur.

Apalagi cafe cafe tersebut banyak yang menyajikan live music, membuat suasana di dalam cafe terasa semakin syahdu. Jika anda pergi bersama rombongan, sangat disarankan untuk mengatur acara hiburan malam sebelum datang berkunjung. Karena banyak cafe yang bisa menyediakan aktivitas seperti pesta barbeque untuk anda dan rombongan.

2. Bukit Peramun

Wisata malam Belitung yang begitu populer di kalangan wisatawan yaitu Bukit Peramun. Belitung memang tidak hanya menawarkan serunya wisata pantai saja. Sebab negeri laskar pelangi ini punya banyak potensi lain, termasuk kekayaan fauna. Dimana kekayaan fauna Belitung bisa anda lihat secara langsung dengan berkunjung ke Bukit Peramun ini.

Adapun wisata malam yang ditawarkan di sini adalah melihat tarsius, yang memang merupakan satwa nokturnal yang aktif pada malam hari. Terdapat trik khusus yang harus dilakukan agar tarsius mau keluar. Yaitu dengan membuat redup lampu senter yang digunakan supaya hewan tersebut tidak kabur. 

Cek Lainnya :  Mengenal Bangka Belitung Tour Paket

Tak perlu khawatir, para pengelola akan menemani pencarian tarsius dengan berbekal senter yang mengeluarkan cahaya merah redup. Trekking hutan pada malam hari hanya berbekal senter seperti ini akan menjadi pengalaman seru yang menantang. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas tersebut yaitu pada September dan Oktober, yakni musim kawin tarsius yang membuat mereka akan muncul berpasangan. 

3. Gunung Tajam

Tarsius memang termasuk kekayaan fauna Belitung, sehingga wisata malam Belitung yang menawarkan perburuan melihat tarsius tidak hanya dapat ditemukan di Bukit Peramun saja. Anda juga bisa datang ke Gunung Tajam yang sudah dikelola menjadi tempat wisata aman untuk para pengunjung, meskipun bentuknya memang dibiarkan seperti hutan liar.

Menariknya lagi, di Gunung Tajam tersedia kabin yang disiapkan pihak pengelola untuk para pengunjung agar dapat menikmati suasana hutan saat malam. Kabin ini berbentuk rumah panggung yang nyaman, jadi cobalah untuk menginap. Atau bisa pula mendirikan tenda untuk memperoleh keseruan yang lebih mendebarkan.

4. Desa Wisata Kreatif Terong

Desa Terong di Kabupaten Belitung sukses mengolah lahan kosong bekas tambang timah menjadi desa wisata yang kreatif. Kini, para turis mengenalnya sebagai Desa Wisata Kreatif Terong. Wisata malam Belitung ini menawarkan aktivitas nyulo, yaitu aktivitas tradisional untuk mencari ikan, udang, dan kepiting yang khusus dilakukan pada malam hari.

Alat yang dipakai untuk berburu tergolong sangat sederhana, yakni berbekal senter di kepala sebagai penerang, pukat kecil, serta sungkor atau tangguk yang merupakan alat tradisional untuk menangkap udang. Semua peralatan nantinya akan disiapkan oleh pihak pengelola Desa Wisata Kreatif Terong, jadi wisatawan hanya perlu menyiapkan diri.

Jika berkunjung kemari, wajib sekali untuk mencoba nyulo. Karena aktivitas nyulo yang biasanya dimulai sekitar pukul 18.30 WIB ini sangat mengasyikkan. Anda akan diajak berburu ketika air laut sedang surut, sehingga airnya maksimal hanya sebatas paha orang dewasa. Hasil tangkapan nantinya bisa langsung dimasak sepulangnya dari laut. Menyenangkan bukan ?

Cek Lainnya :  Mengintip 6 Tempat Wisata yang Bisa Anda Jelajahi Saat di Bangka Belitung

5. Warung Kopi AKE

Apabila tidak ingin melibatkan aktivitas fisik seperti trekking atau berburu, wisata malam Belitung seperti warung kopi akan lebih cocok untuk anda. Salah satu yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Warung Kopi AKE, yang terletak di KV Senang dan tidak terlalu jauh dari Bundaran Tugu Satam.

Warung kopi legendaris tersebut punya tempat yang cukup luas dengan daya tampung lebih dari 45 orang. Karena budaya orang Belitung yang suka memulai serta mengakhiri kegiatan sehari hari dengan menikmati kopi, Warung Kopi AKE biasanya juga dipadati oleh masyarakat sekitar pada malam hari. 

Uniknya, kopi yang dibuat di sini masih menggunakan peralatan jadul. Yang memang telah digunakan dari generasi ke generasi oleh keturunan pendiri warung sejak masa silam. Seperti ketel, alat penyulingan air, sampai gentong tempat menaruh air. Ada banyak menu nikmat yang dihasilkan dari peralatan jadul tersebut, layaknya kopi susu, kopi hitam, jeruk kunci, teh tarik, bahkan teh manis.

6. Gang Kim Ting

Gang Kim Ting menjadi wisata malam Belitung yang tidak boleh dilewatkan oleh para turis. Begitu malam tiba, jalanan yang tidak terlalu besar ini akan dipadati oleh banyak orang. Gang Kim Ting sendiri adalah kawasan pecinan di Tanjung Pandan. Di sini anda bisa menemukan banyak penjual penjual kuliner yang menawarkan berbagai makanan lezat.

Selain kulineran, di Gang Kim Ting juga terdapat Klenteng Hok Tek Ce yang termasuk peninggalan bersejarah. Dimana bangunan tersebut telah berdiri sejak tahun 1868, sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat secara langsung. Menemukan Gang Kim Ting sendiri cukup mudah, karena di depan gang terdapat gapura besar bertuliskan huruf Tionghoa bergaya oriental yang khas.

Cek Lainnya :  Berlibur Menggunakan Paket Tour Pulau Pari

7-Wisata-Malam-Belitung-yang-Populer-Menikmati-Cafe-Open-Air-Hingga-Melihat-Tarsius

7. Simpang Lima Tanjung Pandan

Satu lagi wisata malam Belitung yang harus masuk list, yaitu Simpang Lima Tanjung Pandan. Kawasan ini menjadi ikon kota, yang mana pusat perhatiannya terletak pada monumen batu satam lengkap dengan air mancur. Jika anda menginap di sekitar kawasan tersebut, anda bisa melakukan perjalanan menikmati perbelanjaan sekaligus taman taman cantik ikon kota.

Tips Menikmati Wisata Malam Belitung

Ada beberapa tips yang sebaiknya anda perhatikan apabila ingin menikmati wisata malam di Belitung dengan nyaman. Sebab wisata malam banyak dikaitkan dengan risiko bahaya seperti pencopetan dan lain sebagainya. Jadi sebaiknya anda tidak berpakaian mencolok atau berdandan secara berlebihan agar tidak memancing orang yang berniat jahat.

Lebih bagus lagi apabila anda sudah mencari tahu informasi lokasi yang akan dituju. Jadi anda pun dapat menyiapkan segala kebutuhan yang ada dengan matang. Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya ajak teman untuk berwisata di malam hari. Terakhir, jangan lupa gunakan pakaian yang hangat supaya lebih nyaman menikmati wisata malam Belitung

Belitung memang tidak hanya menawarkan keindahan pantai, namun ada banyak wisata malam yang bisa anda nikmati untuk memperoleh pengalaman liburan yang anti mainstream. Namun karena wisata malam biasanya rentan akan bahaya, pastikan anda memperhatikan dan menerapkan tips di atas. Dengan begitu, anda bisa menikmati wisata malam yang menyenangkan di Belitung.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo, Chat Kami Sekarang !